Tempat Wisata

Bukit Daun, Bukit Eksotis dengan Foot Lake yang menawan di Rejang Lebong

Menikmati keindahan alam dari ketinggian adalah satu hal menarik dan sangat diinginkan. Satu dari tempat kaya akan pesona alam, bukit daun di Rejang LebongBengaluru. Di penghujung hari Anda bisa menikmati panorama alam yang mempesona sekaligus pesona Danau Kaki yang memukau.

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Talang Low, Kec. Nasal, Kab.Kaur, Bengkulu; map: Cek lokasi

Bengkulu merupakan salah satu provinsi di Sumatera dengan berbagai macam pariwisata. Salah satu kebanggaan daerah ini tentu saja wisata alam. Ya, wisata alam memang tersebar luas di pulau sumatera, khususnya di daerah bengkulu ini.

Dan di antara sekian banyak peluang wisata alam, Bukit Daun Rejang Lebong menjadi destinasi yang menarik bagi wisatawan alam. Pencinta alam pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Daun Rejang.

Destinasi ini merupakan gunung api yang memiliki gunung api stratovolcano. Namun masyarakat sekitar dan juga wisatawan yang datang menyebutnya sebagai bukit yang indah karena ketinggian gunung ini sekitar 2.467 meter di atas permukaan laut. Gunung ini sebenarnya cukup berbahaya karena masih merupakan gunung berapi aktif.

Atraksi Bukit Daun

Atraksi Bukit DaunKredit foto: Google Maps M Farkhan Mubarok

Setiap tempat wisata tentunya memiliki daya tarik tersendiri. Sama halnya dengan Duan Rejang di Bengkulu. Berikut beberapa tempat wisata yang membuatnya menarik untuk dijelajahi lebih jauh.

1. kaki danau

Jika Anda seorang pecinta gunung atau pendakian, maka destinasi ini adalah salah satu tempat terbaik untuk memanjakan hasrat Anda akan aktivitas mendaki gunung. Saat Anda mendaki Bukit Daun, Anda akan disambut oleh sebuah danau yang sangat indah bernama Telapak Kaki.

Danau ini disebut Danau Jejak karena bentuk danaunya menyerupai kaki manusia yang sangat besar. Danau ini memiliki luas sekitar 2,5 hektar dengan air yang masih sangat jernih dan bersih. Di sekitar danau juga ditumbuhi pepohonan hijau yang akan memanjakan mata Anda.

Kehijauan yang mengelilingi danau membuat suasana sangat sejuk dan tenang, bahkan ada yang membawa tiup hanya untuk bersantai sambil mengelilingi danau. Danau ini sangat aman karena tidak terlalu dalam. Selain itu, tidak ada binatang buas seperti buaya, ular, atau binatang lainnya di dalam danau.

2. Matahari terbit yang mempesona

Bagi pengunjung yang berkemah di sekitar bukit, menunggu matahari terbit tentu menjadi suatu keharusan. Jika Anda memilih untuk berkemah di Bukit Daun, jangan lewatkan momen menunggu matahari terbit.

Dengan pemandangan hijau di sekitar bukit dan ditemani kicau burung di hutan, suasana matahari terbit pasti akan semakin sempurna untuk dinikmati dan dikenang saat kembali ke rumah.

3. Hutan Lindung

Hutan lindung di sekitar Bukit Daun Rejang Lebong memiliki keanekaragaman hayati yang sangat beragam. Ada berbagai macam hewan dan tumbuhan yang masih terjaga kelestariannya.

Kawasan hutan lindung ini sangat luas, mencapai sekitar 8-9 hektar. Alhasil, keberadaan flora dan fauna di dalamnya masih sangat terjaga dengan baik. Saat Anda berada di dalam hutan lindung, Anda akan disambut oleh berbagai jenis hewan seperti suara monyet, kicau burung, rusa dan masih banyak hewan endemik lainnya.

Hutan lindung ini juga menjadi sumber penghidupan dan sumber kehidupan masyarakat sekitar hutan. Karena mereka memanfaatkan hutan untuk kebutuhan sehari-hari seperti kayu, damar, rotan, buruan, madu dan masih banyak lagi.

Alamat dan rute menuju situs Bukit Daun

Alamat Bukit DaunKredit foto: Instagram @adiydmj

Lokasi destinasi wisata ini berada di Provinsi Bengkulu, lebih tepatnya di Kabupaten Rejang Lebong, Kec. Bermani Ulu, di sebuah desa bernama Baru Manis. Jika ingin ke Bukit Daun Rejang Lebong, pemberangkatan ke tempat tersebut harus dimulai dari kota Lebong.

Setelah itu, Anda bisa pergi ke sebuah desa bernama Kampung Melayu, yang berada di sebuah kecamatan bernama Bermani Ulu. Perjalanan dimulai di perkebunan teh di Bermani Ulu. Panorama yang menakjubkan menanti Anda di sini.

Saat Anda mulai mendaki dan menemukan medan yang menanjak, Anda harus berhati-hati saat memilih jalur. Ini karena nantinya Anda akan menemukan banyak persimpangan jalan. Jika Anda kehabisan persediaan air di tengah perjalanan, ada banyak air di Bukit Daun. Dalam perjalanan ke tempat perlindungan 2, ia melewati hutan lumut.

Perjalanannya cukup panjang karena perjalanan dari shelter pertama ke shelter kedua akan memakan waktu yang lama dan juga akan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Kemudian, ketika Anda tiba di tempat perlindungan kedua, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke puncak bukit. Perjalanan ke bukit memakan waktu sekitar 2 jam.

Perkiraan biaya perjalanan ke Bukit Daun

Biaya Bukit DownKredit foto: Facebook Arif Azhari

Untuk menikmati keindahan Bukit Daun Rejang Lebong, pengunjung tidak perlu khawatir dengan masalah tiket. Pasalnya, tempat wisata ini tidak mematok tiket masuk yang disebut juga gratis.

Tetapi ketika Anda berada di sana Anda hanya perlu menyiapkan uang untuk kebutuhan Anda selama berada di sana. Dan juga mempersiapkan biaya sewa tempat tinggal sementara, biaya hidup di Bengkulu, dan juga biaya transportasi.

Jika Anda berangkat dari luar daerah, mis. B. dari ibu kota Jakarta ke Bengkulu, dan mengambil transportasi berupa pesawat terbang, biaya transportasi yang ditawarkan sangat berbeda untuk setiap maskapai.

Harga yang ditawarkan biasanya berkisar antara 500.000 rupiah hingga 1.000.000 rupiah untuk sekali perjalanan. Dan juga biaya sebaliknya jika ingin kembali ke Jakarta.

Namun, jika Anda penduduk Kota Bengkulu, biaya untuk menuju ke tempat ini lebih murah dibandingkan datang dari luar Kota Bengkulu. Anda hanya perlu membawa kendaraan pribadi, baik itu kendaraan roda empat maupun roda dua, dan Anda tidak perlu khawatir dengan biaya akomodasi saat liburan. Selain itu, Anda juga bisa menyewa kendaraan untuk menuju Bukit Daun.

Aktivitas seru di Bukit Daun

Aktivitas di Bukit DaunKredit foto: Instagram Dian Sepriawan

1. Nikmati keindahan panorama dari atas bukit

Saat Anda berada di atas bukit Anda bisa melihat keindahan perbukitan yang berjejer rapi di sekitar Bukit Daun ini. Bukit-bukit di sekitarnya memiliki pemandangan yang sangat indah, jadi sayang untuk dilewatkan. Dari atas sini Anda bisa mengagumi ciptaan Tuhan yang diturunkan di sebuah provinsi bernama Bengkulu.

Saat malam tiba, dari atas bukit Anda bisa melihat indahnya lampu-lampu rumah warga sekitar yang menghiasi keindahan malam. Dan saat fajar menyingsing, Anda akan disambut oleh pemandangan matahari terbit yang indah dari sisi timur. Cahayanya sangat terang untuk menghangatkan badan di atas bukit.

2. Berkemah dengan udara sejuk

Jika ingin menikmati keindahan bukit di pagi atau sore hari, sangat disarankan bagi pendaki untuk bermalam di atas bukit. Anda tidak perlu khawatir, karena di sini nantinya Anda akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama. Sehingga suasana camping akan lebih menyenangkan.

Yang perlu Anda perhatikan adalah mempersiapkan perlengkapan camping sebaik mungkin agar semuanya berjalan lancar.

3. Berburu foto keren

Saat Anda mencapai puncak Bukit Daun Rejang Lebong, jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen. Pemandangan indah dari atas bukit tentu bisa dijadikan kenangan.

Tak heran jika banyak pendaki berfoto dengan latar belakang pohon hijau yang rimbun atau latar belakang matahari terbit yang indah.

4. Temui berbagai hewan dan tumbuhan unik

Bukit Daun terkenal dengan berbagai tanaman unik yang tumbuh di dalamnya. Oleh karena itu, ketika Anda datang ke tempat ini, cobalah untuk melihat atau bahkan mengenali berbagai jenis tumbuhan seperti kantong semar, katak dan lain-lain.

Salah satu yang paling terkenal adalah bunga bangkai atau biasa dikenal dengan bunga Rafflesia Arnoldi. Ya, bunga terbesar dan sangat langka di dunia ini sebenarnya bisa ditemukan di sini. Tentu hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke bukit ini.

Fasilitas yang tersedia di Bukit Daun Rejang Lebong

Fasilitas di Bukit DaunKredit foto: Facebook Hotel Sandhyka

Fasilitas di Bukit Daun Rejang Lebong bisa dikatakan belum lengkap dibandingkan fasilitas di tempat wisata pada umumnya. Tak heran, karena tempat wisata ini terletak di tengah hutan.

Di sini hanya terdapat fasilitas seperti tempat berteduh untuk tempat tinggal sementara jika ingin beristirahat, kamar mandi, perumahan bagi warga sekitar, dan juga di bagian bawah bukit terdapat rumah-rumah yang menjual berbagai kebutuhan.

Tak jarang juga banyak warga sekitar yang menjual hasil alam dari bukit ini kepada pengunjung atau wisatawan yang datang. Dengan demikian, perekonomian masyarakat Rejang Lebong digerakkan dengan menjual hasil alam dan pertanian. Oleh karena itu, Anda bisa membeli barang-barang yang dijual sebagai oleh-oleh saat ingin kembali ke kota Anda.

Ini adalah pemandangan belakang bukit indah bernama Bukit Daun di Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Destinasi wisata ini sangat menarik bagi Anda, terutama bagi Anda yang menyukai alam.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button