Berita Wisata

Polisi ajak anak-anak ke pesisir pantai di Bantul untuk bersih-bersih dan pelepasan bayi baru lahir

Harianjogja.com, BANTUL—Sejumlah Polres Bantul meminta anak-anak membersihkan pantai dan melepasliarkan bayi yang baru lahir di Pantai Samas, Desa Srigading, Kapanewon Sanden, Bantul pada Rabu (5/10/2022). Kegiatan ini merupakan bagian dari program Sahabat Polisi Anak yang diselenggarakan oleh Satuan Pengembangan Masyarakat (Satbimas) Polres Bantul.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan polisi dengan anak-anak, khususnya dengan anak-anak di pesisir pantai,” kata Kapolres Binmas Bantul, AKP Estikomah, Rabu (10/5/2022).

Estikomah mengatakan Satbinmas memiliki program kepolisian ramah anak. Programnya bervariasi, terkadang berupa permainan tradisional atau berbagai permainan yang menarik bagi anak-anak.

DIPROMOSI:

Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja berharap SMI naik ke puncak

Tema kali ini adalah membersihkan sampah dari pantai dan membebaskan bayi yang baru lahir. Menurutnya, pelepasan tukik ke laut merupakan salah satu bentuk edukasi kepada anak-anak tentang perlunya menjaga kelestarian alam.“Dengan melepas tukik, berarti kita turut membantu kelangsungan hidup penyu di masa depan”, demikian ungkapnya.

Selain membebaskan bayi yang baru lahir, polisi dan anak-anak juga memungut sampah, terutama sampah plastik. “Sampah plastik sangat mencemari lingkungan karena karena tidak mudah terurai, juga sebagai edukasi bagi anak-anak,” ujarnya.

Sarijan, anggota Pokdarwis Pantai Samas, menikmati permainan Satbinmas Polres Bantul bersama anak-anak Pantai Samas. Menurutnya, kegiatan ini sangat baik agar anak-anak tidak melihat polisi sebagai sesuatu yang menakutkan, tetapi membuat anak senang.

“Sebagai warga Pantai Samas, mohon teruskan, terutama kegiatan bermain bersama anak-anak dan menjaga lingkungan,” ujarnya.

Di akhir kegiatan, polisi juga membagikan sembako kepada anggota Pokdarwis Pantai Samas.

Baca lebih banyak berita dan artikel di Google Berita

Source: jogjapolitan.harianjogja.com

Related Articles

Back to top button