Berita Wisata

10 tempat wisata seru dan murah di jakarta

Kompas.com – Jakarta memiliki banyak tempat wisata. Ada banyak pilihan destinasi wisata. Mulai dari wisata alam, wisata air, wisata anak hingga wisata sejarah.

Beberapa tempat wisata memiliki biaya masuk yang cukup mahal. Tetapi ada juga banyak tempat untuk berkeliaran yang tidak menarik masuk atau gratis.

Berikut beberapa tempat jalan-jalan di Jakarta yang bisa dikunjungi.

Kota Tua

Setelah direvitalisasi, kawasan Kota Tua menjadi lebih asri. Area dibuat lebih luas dan lebih ramah pejalan kaki.

Kawasan Kota Tua juga menerapkan Low Emission Zone (LEZ).

Jika ke sini, Anda bisa jalan-jalan santai sambil jajan atau mengunjungi beberapa museum seperti Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Museum Mandiri, Museum Seni Rupa dan Keramik serta Museum Wayang.

Berjalan di sekitar kawasan Kota Tua tidak perlu menghabiskan banyak uang karena tiket masuk museum hanya Rp 5.000 per orang.

Taman Impian Jaya Ancol

Suasana masyarakat yang sebelumnya menyaksikan balapan Formula E kini mereda di Pantai Ancol, Sabtu (4/6/2022) siang.KOMPAS.com/Muhammad Isa Bustomi Suasana masyarakat yang sebelumnya menyaksikan balapan Formula E kini mereda di Pantai Ancol pada Sabtu (4/6/2022) siang.

Taman Impian Jaya Ancol selalu menjadi destinasi favorit wisatawan yang ingin berlibur singkat.

Di Taman Impian Jaya Ancol, Anda memiliki banyak pilihan atraksi. Seperti Dufan, Ocean Dream Samudera, Ocean Eco Park, Atlantis Water Adventure dan Sea World.

Jika ingin tampil beda, ada juga Allianz Eco Park yang memiliki suasana alam yang asri.

Jika ingin menikmati udara pantai, Anda juga bisa datang ke Pantai Ancol tanpa harus membayar tiket masuk seperti tempat wisata lainnya. Namun jika ingin lebih private, Putri Mermaid Cottage bisa menjadi pilihan.

Sedangkan untuk masuk ke kawasan Taman Impian Jaya Ancol, harga tiket per orangnya adalah Rp 25.000. Sedangkan untuk mobil Rp 25.000, sepeda motor Rp 15.000 dan bus dikenakan tiket Rp 45.000.

Pantai Kapuk yang Indah

Cove di Batavia di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.Shutterstock/Gerdie Hutomo Cove di Batavia di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara Pantai Indah Kapuk (PIK) menawarkan suasana pantai yang menenangkan. Di sana Anda bisa mengunjungi berbagai titik wisata.

Seperti misalnya di Pantai Maju di PIK 2 atau di COVE di Batavia di pinggir laut, di dekatnya juga ada Pantjoran yang merupakan pusat kuliner masakan Cina.

Selain itu, ada boardwalk San Antonio yang menawarkan spot foto bagus. Arsitektur di sana dibuat mirip dengan Eropa.

Jika Anda ingin melakukan agrowisata, Anda bisa pergi ke Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Di sana, pemandangan alamnya sangat indah dan segar.

Taman Miniatur Indah Indonesia (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sedang dalam renovasi dengan progres 99%Dokumentasi Kementerian PUPR Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sedang dalam renovasi dengan progres 99%

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) masih menjadi primadona pariwisata di Jakarta Timur. Ada berbagai museum yang menarik pengunjung.

Museum di TMII yang dapat dikunjungi adalah Museum Indonesia, Museum Purna Bhakti Pertiwi, Museum Prajurit Indonesia, Museum Perangko Indonesia, Museum Pusaka,
Museum Transportasi, Museum Listrik dan Energi Baru dan Museum Telekomunikasi.

Selain itu juga terdapat Museum Informasi, Museum Olahraga, Museum Asmat, Museum dan Taman Reptil Komodo, Museum Serangga dan Taman Kupu-Kupu, Museum Pusat Peragaan Sains dan Teknologi, Museum Minyak dan Gas Bumi, dan Museum Timor Leste.

Namun, jika ingin mengajak si kecil ke ruang terbuka, Anda bisa mengajaknya ke paviliun atau area seperti area De Park TMII atau Green Skate TMII.

Saat ini kawasan TMII masih ditutup sementara dalam tahap revitalisasi. Informasi lebih lanjut tersedia di jejaring sosial resmi.

Sedangkan untuk tiket masuknya, Anda akan dikenakan tiket masuk di gerbang utama sebesar Rp25.000 per orang.

Baca Juga: Hampir Selesai, Inilah 3 Area Renovasi Taman Miniatur Indah Indonesia

Taman Margasatwa Ragunan

Pengunjung melihat gajah sumatera di Kebun Binatang Ragunan pada hari kedua perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah, Selasa (3/5/2022). KOMPAS.com/ Tatang Guritno Pengunjung melihat gajah sumatera di Kebun Binatang Ragunan pada hari kedua perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah, Selasa (3/5/2022). Taman Margasatwa Ragunan merupakan salah satu objek wisata yang selalu menjadi incaran banyak orang. Taman seluas 140 hektar ini menawarkan banyak koleksi spesies mulai dari hewan liar, hewan domestik, hewan ternak hingga serangga dan reptil.

Tidak hanya itu, ada juga banyak acara yang bisa Anda dan anak-anak Anda tonton di sini. Selain itu, di Taman Margasatwa Ragunan juga terdapat Pusat Primata Schmutzer.

Taman Margasatwa Ragunan yang terletak di Jalan Harsono RM No. 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, tidak pernah sepi pengunjung. Terutama ketika akhir pekan dan hari libur nasional.

Harga tiketnya cukup murah. Untuk dewasa akan dikenakan biaya Rp 4000 sedangkan untuk anak-anak akan dikenakan biaya Rp 3000 dengan JakCard.

Taman Margasatwa Ragunan buka pada hari Selasa sampai Minggu dari pukul 07:00 hingga 16:00 WIB.

Monumen Nasional

Sejumlah warga menikmati suasana di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (18/6/2022).  Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk membuka kembali kawasan Monas setelah dilonggarkannya aturan penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jakarta yang saat ini menerapkan aturan PPKM Tier 1, namun kini Jakarta dan sekitarnya memasuki level 2 ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja /YUFOTO/MUHAMMAD ADIMAJA Sejumlah warga menikmati suasana di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (18/6/2022). Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk membuka kembali kawasan Monas setelah dilonggarkannya aturan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jakarta yang saat ini menerapkan aturan PPKM level 1, namun kini Jakarta dan sekitarnya menjadi level 2. pintu masuk yang biasa disebut Monas, merupakan tempat ikonik bagi warga DKI Jakarta. Belum sah ke Jakarta kalau belum mampir ke Monas.

Di tempat wisata ini, Anda bisa berjalan-jalan santai di sekitar tugu Monas. Pengunjung dapat menghabiskan waktu di pelataran Monas yang luasnya lebih dari 80 hektar.

Anak-anak juga bisa memainkannya dengan bebas seperti layang-layang, gelembung sabun, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda juga bisa mengabadikan Monas dalam foto dari ponsel Anda.

Di dalam Monas juga terdapat Museum Sejarah Nasional. Museum ini merupakan museum yang menyimpan saksi perjuangan bangsa Indonesia.

Untuk masuk ke kawasan Monas tidak dipungut biaya alias gratis, namun jika ingin ke Museum Sejarah Nasional dikenakan biaya masuk sebesar Rp 15.000.

Museum Gajah

Tampak depan Museum Nasional Kawasan Medan Merdeka di Jakarta Pusat, juga dikenal sebagai Museum Gajah.  Gambar diambil pada 22 Juli 2017. KOMPAS/RIZA FATHONI Bagian depan Museum Nasional di kawasan Medan Merdeka Jakarta Pusat, juga dikenal sebagai Museum Gajah. Foto diambil pada 22 Juli 2017. Museum Gajah sebenarnya disebut Museum Nasional. Namun, sering disebut Museum Gajah karena terdapat patung gajah di halaman depan museum.

Museum ini terletak di Jalan Merdeka Barat No. 12, di pusat kota Jakarta. Tepat di sebelah kompleks Istana Negara.

Museum ini memamerkan berbagai macam karya seni, terutama patung dan patung dari zaman kuno.

Seperti patung gajah itu sendiri yang merupakan salah satu hadiah dari Raja Thailand, Chulalongkorn (Rama V) yang mengunjungi museum tersebut pada tahun 1871.

Dilansir dari website www.museumnasional.or.id, gedung ini pernah digunakan oleh pemerintah Belanda untuk menyimpan koleksi hasil penelitian di bidang seni dan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang biologi, fisika, arkeologi, sastra, etnologi dan sejarah. . .

Museum ini buka pada hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

Untuk masuk ke sini, dewasa dikenakan biaya Rp 10.000 per orang, anak-anak dikenakan biaya Rp 5.000 per orang, sedangkan turis asing dikenakan biaya Rp 100.000 per orang.

Taman Ismail Marzuki

Stok foto: Taman Ismail MarzukiKOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Stok Foto: Taman Ismail Marzuki (TIM) Taman Ismail Marzuki (TIM) adalah tempat berjalan kaki di Jakarta yang layak dikunjungi di kawasan Cikini.

Anda bisa pergi ke Planetarium Jakarta untuk melihat fenomena alam yang terjadi atau sekedar mempelajari lebih jauh tentang tata surya.

Selain itu, ada juga Perpustakaan Nasional yang baru saja direvitalisasi. Tempatnya modern dan juga instagramable.

Ada juga banyak kuliner yang nikmat. Sering menjadi tempat pertemuan anak muda di malam hari.

Akuarium Jakarta

Jakarta Aquarium & Safari (JAQS) di Neo Soho Mall, Jakarta Barat. KOMPAS.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Jakarta Aquarium & Safari (JAQS) di Neo Soho Mall, Jakarta Barat. Akuarium Jakarta merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi tujuan banyak keluarga. Inilah akuarium indoor terbesar di Indonesia.

Pengunjung dapat melihat lebih dari 3.500 spesies hewan air dan non-akuatik. Selain itu, pengunjung juga dapat berinteraksi langsung dengan hewan, seperti menyentuh, mengelus dan memberi mereka makan.

Akuarium Jakarta terletak di pusat perbelanjaan Neo Soho, hanya 4 kilometer sebelah barat Monas. Tepatnya di Jalan Letjen S. Parman Nomor 106, Grogol Petamburan.

Jam operasional adalah 11:00 sampai 20:00 WIB Senin sampai Jumat. Sedangkan Sabtu dan Minggu mulai pukul 10.00 hingga 20.00 WIB.

Harga tiket mulai dari Rp 145.000 – Rp 213.000.

Glodok

Gedung Teh Pantjoran di Taman Sari, Jakarta Barat.Dermaga. pantjoranteahouse.com Gedung Pantjoran Tea House di Taman Sari, Jakarta Barat Pecinan yang paling banyak dikunjungi di Jakarta adalah Glodok, Jakarta Barat. Ada banyak tempat wisata dalam jarak berjalan kaki dari satu tempat ke tempat lain.

Anda bisa mengunjungi pura seperti Petak 6 atau makan di Tak Kie Cafe, Pantjoran Teahouse dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga bisa berjalan-jalan di sekitar gedung-gedung tua seperti Gedung Candra Naya dan Gedung Chandra.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita Baru setiap hari di Kompas.com. Jom join grup telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu join. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: megapolitan.kompas.com

Related Articles

Back to top button