Berita Wisata

Pesona Geosite Sipinsur

ASKARA – Negara telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 3,5 triliun untuk pengembangan kawasan Danau Toba. Investasi yang sangat baik. Kombinasi APBN dan investasi akan mendorong Danau Toba ke depan.

“Kami ingin Danau Toba menjadi kawasan wisata kelas dunia,” kata Presiden Jokowi usai menyeruput secangkir kopi di Geosite Park, Sipincur.

Dari tempatnya berdiri di tepi taman, Jokowi bisa melihat eksotisme Danau Toba yang memesona. Pemandangan di kejauhan benar-benar memanjakan mata. Bagaikan orang yang berdiri di atas bukit, mata bebas memandang pemandangan di bawah. Udara segar, suasana yang terkesan alami, sangat menenangkan. Inilah sensasi yang ditawarkan oleh geosite Sipinsur, salah satu destinasi wisata di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Geosite ini terletak di Desa Pearung, Kecamatan Paranginan. Lokasinya bergunung-gunung. Dari ketinggian ini, kita tidak hanya bisa melihat Danau Toba yang eksotis, tetapi juga dengan jelas sebuah pulau kecil di tengah danau. Pulau itu bernama Sibandang. Dari geosite Sipinsur, dibutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk mencapai pulau kecil Sibandang dengan menuruni bukit melalui jalan yang berkelok-kelok.

Selain menawarkan sensasi pemandangan danau, geosite ini juga menawarkan camping ground di tengah hutan pinus seluas 2 hektar, taman bermain untuk anak-anak dan jogging track. Setiap minggu, banyak komunitas yang menggunakan geosite ini untuk berkemah. Malam itu, mereka tidur di tenda, untuk berburu pemandangan alam Danau Toba di pagi hari yang sangat indah. Wisatawan yang menyukai tantangan bisa memilih untuk trekking di perbukitan terdekat. Jika Anda ingin pergi trekking, disarankan untuk memakai sepatu agar tetap nyaman.

Secara geografis, geosite Sipinsur merupakan daerah pegunungan. Tempat ini berada pada ketinggian 1.213 mdpl, akses jalan menuju geosite sangat baik. Ada banyak ruang yang bisa digunakan untuk duduk dan menikmati pemandangan, tempat yang bagus untuk berfoto, hutan pinus untuk menggelar tikar sambil menikmati makanan dan minuman.

Salah satu alat yang selalu dibawa pengunjung adalah kamera, baik kamera digital maupun kamera handphone. Pengunjung merasa rugi jika tidak mengabadikan momen liburan mereka di tempat rekreasi yang indah ini. Sebagian besar pengunjung menemukan informasi tentang geosite ini dari jejaring sosial, terutama Instagram dan Facebook (FB). Foto Kaldera Toba dan Hutan Pinus Sipinsur yang eksotis beredar di timeline Instagram dan FB.

“Saya temukan di Instagram. Saya lihat foto-fotonya bagus, jadi saya penasaran untuk mengunjungi tempat ini dan ternyata sangat indah,” kata Hartati, pengunjung dari Siantar.

Selain itu, anak muda yang datang untuk berwisata umumnya memanfaatkan suasana damai geosite ini untuk mempererat silaturahmi dengan menciptakan kenangan indah. Mereka tidak akan melewatkan momen berharga itu tanpa selfie. Belum lagi, mereka akan melengkapi momen emas tersebut dengan menyantap hidangan ala spageti lokal bernama Mi Gomak yang dicampur dengan telur rebus. Selain rasanya yang enak, harganya juga murah.

Untuk mencapai lokasi Sipinsur ini dari kota Medan, jaraknya 227 km. Dapat dicapai dengan transportasi darat maupun udara. Jika Anda naik mobil, akan memakan waktu sekitar 6-7 jam. Rute terbaik tentunya melalui jalan Sidikalang-Medang dan lintas Sumatera-Sumatera. Atau, pengunjung dapat terbang dan mendarat di Bandara Silangit. Sipinsur tidak jauh dari Bandara Silangit, Tapanuli Utara, kurang lebih 18 kilometer. Dari Silangit, Sipinsur dapat ditempuh dalam waktu sekitar setengah jam dengan mobil atau sepeda motor.

Baik pemerintah pusat maupun daerah kini tengah berupaya mengembangkan pariwisata di Danau Toba. Baru-baru ini, pemerintah telah mendorong pengusaha homestay dan pemandu wisata di Kabupaten Humbang Hasundutan. Pemerintah meyakini sektor pariwisata mampu mendatangkan devisa yang signifikan bagi negara.

Ada beberapa alasan mengapa pemerintah memilih Humbahas sebagai proyek percontohan pengembangan pariwisata. Selain terletak di Danau Toba yang merupakan salah satu dari 10 Destinasi Wisata Prioritas Nasional, Humbahas juga memiliki potensi wisata yang besar antara lain Danau Toba, Geopark Kaldera Toba dan Sipinsur yang merupakan puncak vegetasi pinus, air terjun Janji dan objek wisata budaya lainnya. . . Keren, kan?

Editor: Theo Agoy

Source: www.askara.co

Related Articles

Back to top button