Tempat Wisata

Pantai Duta Paiton Probolinggo, Ini tiket masuk dan lokasi terbaru

Pantai Duta Paiton – Probolinggo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang dikenal memiliki sejumlah destinasi wisata menarik salah satunya Gunung Bromo. Tidak hanya Gunung Bromo tetapi juga banyak tempat lain yang layak untuk dikunjungi.

Pantai Duta Paiton Probolinggo
Foto: @megasil21

Nah, bagi anda yang berkunjung ke Probolinggo dan bosan dengan pemandangan gunung, anda bisa mampir ke salah satu objek wisata pantai di kawasan Paiton yaitu Desa Randutatah yang banyak terdapat tumbuhan berupa pohon bakau dan pohon pinus yang menjulang tinggi. suasana di pantai sangat teduh dan sangat sejuk.

Nama Pantai Duta berasal dari nama sebuah desa Randutatah dan penting untuk diketahui bahwa pada saat musim liburan atau akhir pekan tempat wisata pantai ini sangat ramai dan dipenuhi pengunjung dari berbagai daerah terutama dari Probolinggo dan sekitarnya.

Pantai Duta Paiton Probolinggo
Foto: @okin_tr

Pantai duta besar Paiton ini diresmikan pada tahun 2014 lalu dipromosikan oleh pemerintah setempat dan dijadikan sebagai mangrove center dan viral di berbagai media sosial saat itu. Setelah sempat viral di tahun 2016, Wisata Pantai Duta semakin ramai dan ramai pengunjung hingga saat ini.

Tempat wisata Pantai Duta Paiton

hutan cemara

Daya tarik yang ditonjolkan oleh Wisata Pantai Paiton Ambassador adalah banyaknya pohon cemara yang tinggi, sehingga meskipun datang pada siang hari, pengunjung tidak perlu khawatir akan panas karena suasananya sangat rindang dan teduh.

Menariknya, di sepanjang jalan menuju pantai atau di beberapa tempat di sekitar pohon pinus terdapat sejumlah rest area berupa pendopo. Di pendopo ini suasananya sangat sejuk dan rindang, sehingga cocok untuk bersantai, tak heran, karena di sekelilingnya terdapat pohon pinus yang cukup lebat.

hutan mangrove

Setelah duduk-duduk santai di gazebo atau bersantai, pengunjung bisa berkeliling dan menyusuri jalan setapak dari papan kayu sambil menikmati keindahan hutan mangrove. Jika beruntung, sesekali Anda akan melihat burung bangau mencari ikan di hutan mangrove.

Pantai Duta Paiton Probolinggo
Foto: @rajuu.mu

Sambil berjalan dan menikmati pemandangan hutan mangrove, Anda akan sampai di penghujung perjalanan, yang akan menemukan tanjakan yang cukup terjal. Nah, disinilah biasanya pengunjung berfoto selfie atau bersantai sambil menikmati suara deburan ombak yang mencium bibir pantai. Selain itu, Anda juga bisa melihat Gunung Argopuro.

Tempat matahari terbenam

Bagi Anda yang suka mencari sunset, tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi. Pada umumnya tempat wisata ini ramai pengunjung pada sore hari, ada yang datang untuk mencari spot sunset atau sekedar untuk bersantai.

Ada hiu paus

Pada wisata pantai Duta Paiton ini, pengunjung akan dengan mudah menemukan ubur-ubur yang berkeliaran di bibir pantai dan biasanya muncul setiap tahun saat musim bahu. Tak hanya itu, di sekitar pantai juga sering dikunjungi ikan paus dengan ukuran yang cukup besar mulai dari panjang 5 hingga 8 meter.

Pantai Duta Paiton Probolinggo
Foto: @astonosinggih

Nah, jika Anda ingin melihat sekelompok ikan paus dari dekat, Anda perlu menyewa perahu. Jadi Anda akan dibawa sekitar 500 meter dari pantai, kemudian Anda akan melihat dengan jelas gerombolan hiu paus macan tutul.

Ada ayunan dan pantainya bersih

Datang ke Pantai Duta dijamin bikin betah berlama-lama karena tempatnya bersih dan tertata rapi, kamu juga bisa menikmati aktivitas seru seperti ayunan yang disediakan pengelola Ayunan menjadi salah satu tempat favorit pengunjung untuk bermain. untuk mengambil foto di sore hari.

Tiket masuk Pantai Duta

Untuk masuk ke Pantai Paiton Ambassador, pengunjung dikenakan HTM, atau tiket masuk yang sangat terjangkau yaitu hanya 10.000 per orang. Kemudian ditambah biaya parkir sebesar 5K untuk kendaraan roda dua dan 10K untuk kendaraan roda empat. Harganya cukup murah karena pemandangan yang ditawarkan Pantai Duta sangat indah.

Lokasi Pantai Duta Paiton

Seluruh lokasi Wisata Pantai Duta berada di Dusun Gilin, Randutatah, Kec. Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Jika Anda datang dari arah timur PLTU Paiton jaraknya sekitar 15,1 km atau memakan waktu sekitar 27 menit. Dari kota Kraksaan berjarak 10,2 km atau 19 menit.

perabot

Untuk kenyamanan dan kepuasan pengunjung, pihak pengelola telah menyediakan fasilitas utama yang memadai, yaitu toilet yang bersih, tempat parkir yang luas, mushola, pendopo, dan beberapa penjual makanan.

Kata terakhir

Itulah sekilas tentang tempat wisata Pantai Duta yang terletak di Paiton Probolinggo, Jawa Timur. Jika ingin menghabiskan waktu liburan di pantai, maka tempat ini bisa dijadikan pilihan rekomendasi, karena selain bersih dan nyaman, pemandangannya juga sangat indah. Terimakasih banyak. Jangan lupa follow parawisata.net untuk informasi wisata terbaru.

Source: www.parawisata.net

Related Articles

Back to top button