Berita Wisata

Foto hunting bareng, baju adat minang akan dipajang di PDIKM Kota Padang Panjang

Kamis, 6 Oktober 2022 | 14:00 WIB

| Penulis:

Penerbit: Kusnadi

Padang Panjang, Informasi Publik – Pusat Dokumentasi Informasi dan Kebudayaan (PDIKM) Minangkabau akan dimeriahkan dengan peragaan busana bertema pakaian adat Minang. Diharapkan, Jumat (7/10), kegiatan ini akan berlangsung di Museum Bustanil Arifin, PDIKM.

Ketua Pelaksana, Arif Rahman Dhanu, mengatakan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika pada Rabu (5/10) bahwa foto yang akan disengketakan nantinya adalah foto. Selama ini model dibuat dengan menggunakan pakaian adat yang ada di PDIKM.

“Kami mengajak masyarakat, juga fotografer dan wisatawan untuk datang berombongan ke PDIKM. Kegiatan ini tidak memiliki kategori khusus dan terbuka untuk umum. Sisipan presale adalah Rp 15.000/orang dan di tempat adalah Rp 20.000/orang. Sudah termasuk tiket masuk PDIKM dan snack,” kata mahasiswa Jurusan Fotografi Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang.

Para peserta lomba (fotografer), kata Arif, mengambil foto mahasiswa teladan yang sedang magang di PDIKM. Diantaranya adalah mahasiswa Jurusan Pariwisata Syariah dan Jurusan Sejarah UIN Syekh Muhammad Djamil Djambek Bukittinggi, mahasiswa Jurusan Fotografi ISI, dan mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

“Insya Allah acaranya akan dimulai pukul 13.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Kegiatan ini juga disponsori oleh Smart Creative,” ujarnya.

Kegiatan ini, kata dia, diselenggarakan untuk melestarikan nilai-nilai budaya di tengah perubahan fashion yang sangat signifikan tanpa menghilangkan nilai dan norma yang ada.

“Padahal, pakaian adat Minangkabau memiliki nilai filosofis yang menggambarkan sikap dan kepribadian masyarakat Minangkabau. Kami percaya ini harus dipertahankan,” katanya.

Arif menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke objek wisata PDIKM. Dan, untuk mengetahui budaya Minangkabau dari sisi yang berbeda, salah satunya dari pakaian adat. (mcpadangpanjang/rifki)

Anda dapat memposting ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumbernya. infopublic.id

Source: infopublik.id

Related Articles

Back to top button