Berita Wisata

Pulau-pulau wisata menarik di Kepulauan Seribu untuk berlibur

TEMPO.CO, Jakarta – Tidak perlu jauh-jauh dari kota untuk menikmati keindahan pulau dan semilir angin laut. Di dekat Jakarta juga ada alternatif wisata bahari, khususnya di Kepulauan Seribu.

Salah satu kabupaten di provinsi DKI Jakarta ini memang merupakan negara kepulauan. Oleh karena itu, tak heran jika sejumlah pulau yang masuk dalam wilayahnya bisa menjadi destinasi liburan. Aksesnya juga cukup mudah, hanya dengan menggunakan perahu motor menuju pulau tujuan dari Ancol atau Muara Angke.

Berikut 7 pulau di Kepulauan Seribu yang bisa menjadi pilihan untuk berlibur:

pulau harapan

Pulau Harapan dikenal sebagai tempat menyelam Yang paling eksotis dari Kepulauan Seribu karena terletak lebih jauh dari pulau-pulau lain seperti Pulau Pari, Tidung dan Pulau Pramuka. Pulau ini memiliki air laut yang sangat jernih dengan pantai berwarna putih kebiruan.

Pulau Harapan juga memiliki pantai pasir putih yang indah. Selain itu, pemandangan laut biru yang sejuk dari atas dek bisa dinikmati sambil duduk-duduk sambil ngobrol bareng teman-teman liburan.

Pulau Tidung

Pulau Tidung merupakan salah satu desa di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu. Pulau Tidung terbagi menjadi dua, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Di antara pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil, ada jembatan fenomenal yang bisa dilintasi membelah samudra biru, yaitu Jembatan Cinta.

Wisatawan dapat menikmati matahari terbenam di Jembatan Cinta. Di Pulau Tidung juga ada permainan air yang seru seperti perahu pisang. Untuk berkeliling pulau, pengunjung juga bisa menyewa sepeda seharga 15.000 rupiah.

Pulau Pari

Pulau Pari merupakan tempat budidaya hutan mangrove sekaligus kawasan pusat penelitian kelautan LIPI. Pulau Pari termasuk dalam jajaran pulau terpopuler bagi pengunjung karena memiliki pantai yang bersih dan terumbu karang yang indah.

Pulau ini juga cocok untuk dinikmati matahari terbenam si Cantik. Selain itu, pulau ini jauh di utara, yang berarti kualitas dan visibilitas air laut meningkat. Cara paling menyenangkan untuk menikmati pulau kecil ini adalah dengan bersepeda mengelilingi pulau untuk membenamkan diri dalam keindahan dunia bawah laut.

Pulau Pramuka

Pulau Pramuka terkenal dengan budidaya penyu. Wisatawan bisa melihat penyu, mulai dari yang dewasa hingga yang kecil. Pulau ini juga memiliki keindahan alam, terutama kapal selam yang luar biasa indah. Pantas saja pulau ini juga cocok dijadikan spot snorkeling juga. Wisatawan bisa melihat keindahan terumbu karang dan ikan karang berwarna-warni di bawah laut.

pulau bidadari

Setelah memasuki Pulau Bidadari, wisatawan akan melihat prasasti kuno, benteng dan sisa bangunan rumah sakit Belanda. Selain menikmati keindahan pulau, wisatawan seolah menikmati wisata sejarah di pulau tersebut.

Dalam perjalanan menuju pulau ini, wisatawan dapat melihat beberapa pulau dengan nilai sejarah yang sama, yaitu Pulau Kelor dan Pulau Onrust. Pulau ini pernah digunakan oleh VOC Belanda pada masa penjajahan, sehingga banyak sekali bangunan peninggalan Belanda yang bisa dilihat.

Di pulau ini, wisatawan juga dapat menikmati berbagai olahraga air seperti jet ski, banana boat, dan kano. Selain itu, Pulau Bidadari menawarkan akomodasi yang sangat baik menghormati alam dan nyaman. Selain olahraga air, kegiatan lain yang tak kalah seru adalah wisatawan diajak untuk belajar berbagai hal melalui fasilitas edukasi yang telah diberikan terlambat, seperti daur ulang kertas, cara membuat kompos dengan bahan dari sampah daun dan pengelolaan sampah sederhana. .

Lumba-lumba pulau pulau

Pulau Dolphin tidak kalah eksotisnya dengan pulau-pulau lainnya. Pulau ini adalah tempat yang tepat untuk dijadikan lokasi berkemah karena suasananya tenang karena pengunjung tidak terlalu ramai.

Pulau Dolphin memang lebih kecil dari pulau lainnya, namun pesonanya tidak kalah dengan pulau lainnya. Snorkeling adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan di pulau ini. Tetapi Anda harus berhati-hati dalamtuba, karena ada bulu babi di sekitar perairan.

Pulau Harimau

Pulau Harimau terletak di sebelah selatan Pulau Harapan. Pulau ini terkenal dengan perairannya yang berwarna biru kehijauan. Uniknya, pulau Kepulauan Seribu ini memiliki penginapan dan resort sederhana yang terletak di pinggir pantai. Bangunan hostel ini terbuat dari kayu seperti di Maladewa sehingga sangat asri dan nyaman.

NABILA RAMADHANTY PUTRI DARMADI

Baca juga: 5 fakta menarik tentang Kepulauan Seribu yang jarang diketahui

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terbaru dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “Tempo.co Update”. Klik Update Tempo.co untuk mendaftar. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Back to top button