Tempat Wisata

Pantai Sari Ringgung Pesawaran – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pemandangan, aktivitas liburan, lokasi & harga tiket – Pantai Sari Ringgung salah satu destinasi wisata terpopuler di Pesawaran, lampu dengan keunikan masjid terapung di tengah laut dan dikelilingi perbukitan yang indah.

harga tiket: Rp20.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: J L. Weg Ratai No.KM.14, Sidodadi, Kec. Teluk Pandan, Kab.Pesawaran, Lampung; map: Cek lokasi

Memang, wisata pantai di daerah Lampung sudah naik daun sejak beberapa waktu lalu. Bukan hanya soal kekayaan kuliner yang dibutuhkan bumbu khas Lampung, tapi juga tentang bagaimana pengunjung disuguhi pemandangan laut.

Bernama Pantai Sari Ringgung, letaknya di dekat kota Bandar Lampung. Pengunjung yang datang ke pantai ini tidak perlu menunggu lama saat meninggalkan pusat kota. Bahkan waktu yang Anda tempuh tidak lebih dari satu jam perjalanan.

Karena letaknya yang strategis, nama Pantai Sari Ringgung semakin dikenal masyarakat luas. Didukung dengan fasilitas yang memadai dan beragam, pantai ini bisa menjadi pilihan wisata bagi Anda ketika memilih pantai sebagai tempat berlibur.

Atraksi Pantai Sari Ringgung

Tempat Wisata Pantai Sari RinggungKredit Foto: Google Maps Siti Neneng Nurjanah

1. Tempat bersih dan nyaman

Lingkungan wisata yang bersih menjadi salah satu faktor pemilihan pengunjung yang datang ke suatu destinasi wisata. Suasana yang bersih dari sampah memastikan kesejahteraan dan tentunya udara sekitar lebih sehat.

Wisata Sari Ringgung memprioritaskan salah satu faktor ini, lingkungan pantai ini sama sekali tidak kotor. Anda tidak akan menemukan sampah plastik/kardus berserakan dari pintu masuk pertama ke pantai.

Pengelola setempat telah menyediakan tempat sampah di setiap sudut lokasi pantai, mereka juga membedakan masing-masing jenis sampah itu sendiri, pemilahan sampah ini secara langsung untuk kemudian dibuang pada akhirnya lebih menghemat waktu.

Di tempat yang asri ini, pengunjung akan betah dan ingin menginap di Pantai Sari Ringgung.

2. Masjid Unik

Sebagian besar masjid di Indonesia dibangun di atas tanah, bukan? Namun, di Pantai Sari Ringgun terdapat bangunan masjid unik yang menjadi ikon pantai tersendiri. Namanya Masjid Al-Aminah, memiliki warna dominan putih dan hijau tua.

Tempat ibadah umat Islam ini telah diresmikan oleh pemerintah Lampung sejak tahun 2015. Keramba ikan di dekat masjid juga milik masyarakat sekitar, yang menjadi mata pencaharian mereka sehari-hari.

Awalnya, masjid ini hanya digunakan oleh orang-orang yang memiliki rumah terapung di dekat keramba ikan. Terakhir, agar masyarakat tidak harus bolak-balik dari pantai ke tengah laut, mereka membangun tempat ibadah yang bisa berada di dekat rumah mereka.

Di sisi kiri masjid terapung ini terdapat warung kecil yang menawarkan aneka minuman. Penjual toko ini adalah Marbot Masjid yang tinggal di dalam dan menjaga Masjid Al-Aminah setiap hari.

Karena situs ini mengapung di laut lepas, banyak pengunjung Pantai Sari Ringgung yang datang ke tempat ibadah ini. Ini bisa menjadi pengalaman baru bagi Anda berdiri di masjid mengikuti arus laut.

Tapi jangan khawatir jatuh ke air, kandang di masjid ini bisa diikat dengan aman. Pengencang yang terpasang diberi ruang yang agak kendur agar tidak goyah saat terkena ombak besar.

Masjid terapung ini menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi para pengunjung pantai. Karena keunikannya, banyak pengunjung yang rela menunggu dan bergiliran memasuki masjid karena luasnya tidak terlalu besar.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Sari Ringgung

Tiket Masuk Pantai Sari RinggungKredit foto: Google Maps Norman J

Hotel ini terletak di Desa Sidodadi, yang termasuk dalam Kecamatan Padang Cermin. Lokasi pantai ini mudah ditemukan, apalagi jika Anda sudah berkali-kali ke kawasan Bandar Lampung.

Jika Anda berangkat dari Kota Bandar Lampung, waktu tempuhnya sekitar 40-50 menit. Cari saja lokasi Padang Cermin, Anda bisa menemukan banyak wisata pantai lainnya di sepanjang jalan.

Waspadai lingkungan sekitar saat Anda melewati Jalan Way Ratai. Karena jalan ini merupakan jalan yang menuju pintu masuk pantai. Perhatikan papan yang bertuliskan Pantai Sari Ringgung, jangan sampai ketinggalan.

Wisata pantai yang masih ada di Kabupaten Pesawaran ini memiliki jalan yang rusak setelah memasuki gerbang utama. Jadi sebelum Anda berangkat, pastikan kendaraan Anda sudah dipersiapkan dengan baik untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tiket masuk dikenakan tarif Rp 20.000 per orang. Ada biaya parkir yang juga harus Anda bayarkan saat membayar tiket masuk, untuk kendaraan roda dua sebesar Rp 5000.

Total biaya berangkat dengan sepeda motor adalah Rp 25.000.000. Untuk mobil sendiri tarifnya Rp 70.000 – Rp 80.000 per mobil. Cukup mahal memang jika Anda memilih kendaraan roda 4.

Tempat parkir mobil pantai tidak jauh dari pantai, sehingga kendaraan menghadap langsung ke laut.

Aktivitas Seru di Pantai Sari Ringgung

Aktivitas Seru di Pantai Sari RinggungKredit foto: Google Maps Let’s Go Serbia

1. Bola Voli Pantai

Olahraga yang satu ini banyak dilakukan oleh wisatawan di Pantai Sari Ringgung. Kegiatan ini bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk mencari teman baru. Karena membutuhkan banyak anggota, pengunjung lain akan bergabung dengan permainan bola voli Anda.

Tidak perlu bingung mencari bola untuk dimainkan, pengelola pantai sudah menyediakannya sehingga pengunjung tidak perlu repot membawa bola sendiri.

Bermain voli bersama teman-teman di pantai membuat liburanmu semakin menyenangkan. Aktivitas yang membakar kalori membuat tubuh Anda lebih sehat. Bermain tapi juga membakar kalori, manfaat tersembunyi dari olahraga ini.

2. Wahana air

Pengunjung yang menikmati wahana banana boat ekstrim akan dimanjakan dengan pilihan di Pantai Sari Ringgung. Jet ski juga disediakan bagi Anda yang ingin memacu adrenalin dengan kecepatan hingga 45 km/jam.

Waterboom by the sea dibangun untuk anak-anak bermain pasir dan air laut. Ada tong air yang menumpahkan air dalam jumlah besar dari waktu ke waktu.

3. Berkemah

Menginap semalam di pantai adalah sesuatu yang harus Anda coba ketika Anda berkunjung. Anda bisa mendirikan tenda di dekat pantai atau di perbukitan di sisi kiri pantai. Kedua tempat sama-sama bagus, Anda memiliki pemandangan laut yang biru.

Anda akan ditemani indahnya sunset sambil mendirikan tenda untuk camping di malam hari. Setelah sore hari, kegiatan seperti memanggang ikan, jagung, atau menyalakan api unggun bisa menghangatkan suasana perkemahan.

Suara deburan ombak bisa terdengar begitu Anda bangun di pagi hari. Kali ini Anda harus bangun sebelum matahari terbit karena itulah kesempatan untuk melihat pesona matahari terbit di Pantai Sari Ringgung.

4. Pasir timbul

Aktivitas seru di Pantai Sari RinggungKredit Foto: Google Maps Aang Juliansyah

Bukit pasir ini, yang terlihat seperti pulau dari pantai, disebut pasir timbul. Saat air pasang, pasir yang tertiup ini menghilang karena air laut yang tinggi menyebabkannya tenggelam.

Jarak destinasi ini dari tempat pantai sekitar 2 km ke tengah laut. Anda dapat naik perahu untuk mengunjungi pasir yang ditinggikan. Perahu nelayan telah diubah menjadi feri pengunjung yang tertarik untuk melangkah ke pasir yang ditinggikan.

Biaya transportasi laut ini akan lebih murah jika Anda berangkat secara rombongan. Karena kapasitas perahu bisa mencapai 10~15 orang sekaligus.

Sesampainya di titik pasir yang ditinggikan, beberapa spot foto disediakan untuk pengunjung. Kayu berbentuk hati dengan ukuran besar atau ayunan yang semuanya berlatar belakang laut lepas.

Pasir yang ditinggikan di Pantai Sari Ringgung juga sering digunakan oleh banyak pasangan sebagai spot foto prewedding. Pemandangan eksotis laut biru dan langit cerah yang akan membantu Anda membuat foto lebih indah tanpa melalui proses editing.

5. Olahraga air

Ternyata banyak juga olahraga yang bisa dilakukan saat liburan di pantai, sambil bermain juga bisa menjadi olahraga.

Snorkeling memungkinkan Anda untuk berolahraga sambil menikmati pemandangan bawah laut yang indah. Perlengkapan yang dibutuhkan untuk kegiatan ini sudah ada, Anda tinggal memasangnya lalu terjun ke air laut.

Bagi yang tidak puas hanya melihat ikan di pinggir pantai, scuba diving adalah pilihan yang tepat. Saat Anda memasuki wilayah laut yang lebih dalam, Anda akan menemukan ekosistem bawah laut yang lebih kompleks.

Ikan yang lebih besar berenang bersama Anda dalam perjalanan Anda. Setiap pengunjung yang menyelam di pantai yang mempesona ini didampingi oleh seorang ahli. Kalaupun ada pengunjung yang sudah terbiasa menyelam ke kedalaman laut, pendamping tetap akan menemani mereka.

Penginapan murah di sekitar pantai Sari Ringgung

Akomodasi di Pantai Sari RinggungKredit Foto: Google Maps Rezky “OrganyX” Ramadhani

Ada 3 penginapan yang bisa Anda sewa untuk beristirahat setelah sibuk berlibur di Pantai Sari Ringgung.

1. Sari Ringgung Homestay

Homestay ini terletak di Jalan Hanura, Padang Cermin. Jarak ke pantai hanya sekitar 4,4 km, waktu tempuh dari pantai ke penginapan ini 12-13 menit. Harga sewa kamar yang Anda dapatkan di tempat ini juga cukup murah.

2. Homestay Meisya

Penginapan kedua adalah Meisya Homestay, 5,4 km dari pantai. Ada banyak homestay di kawasan wisata pantai ini, Anda bisa memilih dengan segala fasilitas yang Anda butuhkan.

3. D’nitte Cottage Anda Resort

Jika Anda bosan tinggal dengan homestay, Anda bisa memilih D’nitte Cottage and Resort jika Anda mencari akomodasi yang lebih mewah. Namun jarak 9,5 km cukup jauh jika memilih penginapan yang satu ini.

Dibutuhkan hampir 25 menit dengan berkendara dari resor ke Pantai Sari Ringgung. Namun fasilitas yang ditawarkan resort ini tidak mengecewakan, mulai dari taman hingga tempat parkir yang luas bisa Anda dapatkan.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Sari Ringgung, Lampung

Fasilitas di Pantai Sari Ringgung, LampungKredit foto: Google Maps Andri Surya Praja

Berbicara tentang fasilitas di Pantai Sari Ringgung, pertama-tama Anda mendapatkan tempat parkir kendaraan yang luas dan langsung menghadap ke laut lepas.

Ada beberapa paviliun di pantai yang bisa disewa pengunjung. Anda bisa bersantai sambil menikmati semilir angin laut yang menerpa wajah Anda. Atau jika sudah lelah dari perjalanan, Anda bisa merebahkan diri di Gasebo yang beratap daun kelapa.

Wisata pantai dengan panorama bukit di wilayah Lampung bisa menjadi rencana liburan Anda bersama teman atau keluarga. Pantai Sari Ringgung di Pesawaran Lampung dapat digolongkan sebagai wisata yang sempurna untuk perjalanan sehari.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button