Tempat Wisata

Sentul Cultural Park, tempat rekreasi keluarga favorit di Bogor

taman budaya salah satu tempat wisata terpopuler di kawasan sentul, babakan madang, bogor. Taman hutan dengan berbagai wahana bermain yang menarik dan didukung dengan fasilitas yang lengkap.

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 08.00-17.00 WIB, Alamat: JL. Siliwangi No.1, Sumur Batu, Kec. Babakan Madang, Kab.Bogor, Jawa Barat; map: Cek lokasi

Tempat wisata rekreasi di kawasan Bogor ramai dikunjungi wisatawan terutama pada hari Minggu dan hari libur. Dengan banyaknya wahana yang ditawarkan, anak-anak hingga dewasa bisa mencoba salah satu permainan yang ada di Sentul Cultural Park.

Lokasinya yang berada di pusat kota akan memudahkan wisatawan untuk menemukan tempat yang kaya akan permainan ini. Selain pengunjung lokal, tidak jarang wisatawan nasional maupun internasional memilih lokasi wisata ini untuk menghabiskan waktu liburannya.

Tidak hanya wahana yang lengkap, fasilitas taman bermain ini juga memenuhi standar internasional. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini bersama keluarga, berikut informasi tempat bermain di Jawa Barat.

Atraksi Sentul Cultural Park

Atraksi Sentul Cultural ParkSumber gambar: Twitter Kediaman Adhara

1. Wisata Edukasi Kuda Poni

Sentul Culture Park digunakan tidak hanya sebagai tempat menghabiskan waktu liburan mencoba berbagai permainan, tetapi juga sebagai tempat wisata edukasi. Banyak dari ini ditujukan untuk anak-anak sejak bayi.

Ada wisata naik kuda poni edukatif, anak-anak pasti suka naik kuda mini ini. Ada kuda poni berbagai warna, dari coklat, putih hingga hitam, untuk dipilih sesuai selera dan keinginan Anda.

Anak-anak diajak berkeliling lapangan yang disediakan pengelola dan melihat indahnya pemandangan Gunung Pancar. Namun, peralatan keselamatan seperti helm dan sepatu harus dipakai sebelum mengendarai kuda poni.

Saat menaiki kuda poni ini, tidak hanya pengalaman baru yang didapat, anak-anak juga dilatih mental dan keberaniannya. Responsif si kecil akan terlihat pada kuda poni. Lalu apakah dia takut naik kuda poni atau tidak.

2. Ikut serta dalam pelatihan TNI Angkatan Darat

Wisata edukasi lainnya di Taman Budaya Sentul adalah semacam simulasi pelatihan bagi anggota TNI. Paket wisata ini khusus untuk anak di atas 5 tahun dengan harga khusus dan fasilitas yang terjangkau.

Bermain sambil belajar dilakukan dengan berbagai kegiatan layaknya personel TNI di lapangan. Mulai dari camping outdoor hingga aktivitas fisik hingga melatih karakter prajurit yang dikenal disiplin, dilakukan dalam sehari penuh.

Uniknya lagi, para peserta wisatawan anak ini mendapatkan baju ganti bermotif garis-garis seperti milik anggota TNI. Untuk membuat anak-anak merasa lebih bahagia dan lebih bersemangat saat dikenakan dalam berbagai kegiatan pelatihan.

Setelah berhasil menyelesaikan misi pelatihan satu hari, peserta diberikan medali yang diukir dengan nama masing-masing peserta. Medali ini diberikan langsung oleh salah satu anggota TNI yang mengikuti pelatihan tersebut.

Alamat dan rute menuju lokasi taman budaya

Alamat taman budayaKredit foto: Google Maps untuk jalan

Tempat rekreasi ini terletak di Bogor, tepat di Jalan Siliwangi di kawasan Sumur Batu. Lokasinya yang dekat dengan salah satu jalan penghubung antar kawasan tersebut, sehingga memudahkan untuk menemukan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Rute yang Anda tempuh saat meninggalkan ibu kota adalah melalui Tol Jagorawi. Setelah berhasil melewati jalan bebas hambatan, kendaraan Anda harus keluar melalui pintu keluar Sentul Selatan.

Tidak beberapa menit dari pintu keluar tol terdapat taman bermain dengan latar belakang Gunung Pancar. Cukup mudah, bukan? Bagi wisatawan luar daerah yang menggunakan kendaraan pribadi, jalur ini juga dilalui.

Namun, bagi wisatawan yang berangkat dengan angkutan umum seperti kereta api, stasiun kereta api Bogor adalah tempat yang paling dekat untuk turun dari tempat wisata. Kemudian Anda dapat melanjutkan perjalanan Anda berikutnya dengan transportasi umum.

Dengan destinasi pertama Botani Square, sebuah tempat di dekat Sungai Ciparigi di kawasan Bogor. Kemudian perjalanan dilanjutkan lagi dengan berganti angkutan umum menuju kawasan Bukit Sentul.

Biaya masuk ke Sentul Cultural Park

Tiket masuk ke Sentul Cultural ParkKredit foto: Depot Editor Google Maps

Wisatawan yang berkunjung ke Taman Budaya Sentul ini tidak akan dikenakan biaya khusus untuk membeli tiket masuk. Hanya saja jika ingin mencoba beberapa wahana yang ada di taman bermain tersebut, Anda harus membayar biaya tersendiri.

Namun tentu saja, jika Anda hanya berjalan-jalan di area taman, Anda tidak perlu merogoh kocek lebih dalam. Anda bisa menghabiskan waktu liburan gratis dengan berjalan-jalan di taman atau menikmati sajian kuliner di sana.

Kegiatan menyenangkan di taman budaya

Kegiatan menyenangkan di taman budayaKredit foto: Facebook Media Indonesia

1. Main outbond

Bermain di wahana outbound di kawasan taman budaya Sentul memang menjadi salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan. Area bermain outdoor dengan view langsung pegunungan terlihat sejuk dan asri dengan warna hijaunya.

Wahana seperti flying fox, jembatan gantung, hingga permainan dengan rintangan sulit lainnya bisa dengan mudah ditemui di tikungan. Sambil bermain, wisatawan akan melihat panorama pegunungan yang ditumbuhi banyak pohon.

Gunung Pancar dan Gunung Salak yang menjadi background taman bermain ini akan memberikan suasana outdoor yang lebih sejuk. Udara yang Anda hirup juga terasa lebih segar karena belum tercampur dengan polusi dari knalpot mobil.

Saat bermain di area outbond, Anda juga menuai banyak manfaat lain dari bermain di area terbuka ini. Salah satunya adalah kulit Anda yang terkena sinar matahari langsung sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda.

Saat melakukan aktivitas ini, jangan lupa untuk menggunakan lotion anti nyamuk terlebih dahulu. Karena untuk mencegah gigitan nyamuk demam berdarah yang tinggal di kawasan hutan dekat Taman Budaya Sentul.

2. Trekking dengan pemandangan yang indah

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di area taman bermain yang indah ini adalah tracking, menjelajahi jalan setapak dengan berjalan kaki. Jika Anda memilih kegiatan ini untuk mengisi waktu liburan Anda, maka persiapkan dulu kebutuhan berikut ini.

Yang pertama adalah persiapan fisik, ini merupakan modal utama agar aktivitas tracking Anda berjalan lancar. Kondisi fisik yang prima atau disebut juga fit, berdampak positif saat melakukan aktivitas tracking ini.

Selanjutnya ada persiapan beberapa kebutuhan pokok seperti makanan atau minuman. Pilih makanan atau minuman instan yang mudah dikonsumsi saat tracking aktivitas. Selain itu, kemasannya juga mudah diatur dalam tas kecil.

Setelah dua persiapan selesai, kini saatnya menelusuri kawasan di sekitar Sentul Culture Park. Perjalanan yang Anda lewati terdiri dari hutan, perbukitan dengan kondisi tanah yang landai dan juga bantaran sungai.

Dengan rencana perjalanan terbuka yang sulit diprediksi, kejadian tak terduga sering terjadi untuk pelacakan wisatawan. Misalnya bertemu hewan liar untuk mencari makan atau cuaca tiba-tiba menjadi kurang mendukung.

Jika ingin merasakan menjelajahi alam di taman bermain ini, siapkan biaya sekitar Rp 350.000 per paket. Dengan salah satu fasilitas berupa dukungan dari instruktur yang berpengalaman.

3. Cobalah permainan yang menyenangkan

Kegiatan di taman budayaKredit foto: Facebook Honda Jakarta Center

Fun Games adalah sebuah area dengan beberapa wahana yang diperuntukkan bagi orang dewasa. Game yang penuh rintangan ini akan membuat adrenalin Anda terpompa dan terpompa. Wisatawan juga sering penasaran dengan game yang penuh rintangan ini.

Paintball merupakan salah satu permainan yang tergolong fun games di Taman Budaya Sentul. Permainan yang mengusung tema menembak ini dilakukan secara berkelompok. Lokasi yang digunakan juga didesain seolah-olah berada di medan perang.

Dengan beberapa dinding yang berfungsi untuk menyembunyikan para peserta, serta drum minyak atau karung pasir yang dapat menutupi tempat persembunyian. Permainan ini menjadi lebih seru ketika kedua kelompok saling menyerang secara brutal.

Saat bermain paintball, para peserta dilindungi oleh rompi karet anti peluru yang terbuat dari busa tebal. Jangan lupa kacamata bening untuk menghindari cedera mata jika peluru tidak sengaja ditembakkan ke kepala lawan.

Ada banyak permainan lain di wahana permainan yang menyenangkan ini. Kegiatan ini bisa Anda lakukan bersama teman atau keluarga agar suasana lebih seru dan tidak membosankan.

Fasilitas yang tersedia di Sentul Cultural Park, Bogor

Fasilitas Taman Budaya SentulKredit foto: Google Maps Yuli Sukmawati

Berbicara mengenai fasilitas yang ada di Sentul Cultural Park bisa dikatakan sudah lengkap bahkan ada yang memenuhi standar internasional. Karena termasuk salah satu taman bermain terbesar di wilayah Jawa Barat, pembangunan fasilitas juga penting.

Area taman bermain dengan luas total 6 hektar ini menawarkan beberapa toilet yang bisa digunakan wisatawan. Toilet ini memiliki ruangan yang cukup bersih, lengkap dengan pengharum ruangan dan pembersih yang membersihkan ruangan ini secara rutin.

Ada juga mushola untuk wisatawan muslim. Tempat sholat ini dilengkapi dengan AC, sehingga yang sholat di tempat ini tidak akan merasa kepanasan.

Wisatawan juga bisa mencoba beberapa menu masakan yang disajikan oleh restoran atau kafe di area taman bermain. Minuman panas juga bisa memesan berbagai jenis minuman panas, karena suasana Bogor terkenal dengan perbukitannya yang lebih dingin.

Fasilitas lainnya, seperti toko suvenir, tersedia bagi wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh untuk orang tersayang di kampung halaman. Di toko ini Anda dapat menemukan berbagai macam suvenir, mulai dari dekorasi rumah, pernak pernik dapur, hingga boneka berbentuk lucu.

Demikian informasi mengenai Taman Budaya Sentul yang populer di kalangan wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Jika Anda tertarik untuk mencoba beberapa wahana di taman hiburan tersebut, persiapkan diri Anda secara fisik dan mental untuk mencoba semua permainan tersebut.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button