Berita Wisata

Kawah Wayang Pangalengan, surga tersembunyi yang menawan

Kawah Wayang Pangalengan merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata alam yang ada di Bandung Selatan. Per tahun 2020, objek wisata ini sudah ditempati oleh wisatawan dari berbagai daerah. Potret menawannya juga telah dibagikan di berbagai jejaring sosial, termasuk Instagram. Panorama kawah putih dengan asap panas buminya begitu eksotis dan memanjakan mata.

Pangalengan tidak pernah gagal menampilkan keindahan alamnya. Gugusan gunung dan kebun teh yang luas bahkan menjadi ikon wisata populer di berbagai kalangan. Sifat alaminya selalu dapat menghilangkan segala kepenatan dan mengembalikan semangat yang hilang.

Berbicara tentang Pangalengan atau Bandung Selatan, kita mungkin akan berpikir tentang Wayang Windu Panenjoan. Namun, ternyata Pangalengan memiliki tempat keindahan yang tersembunyi. Judul surga tersembunyi juga disematkan di sebuah tempat yang bernama Kawah Wayang Pangalengan.

Lokasi Kawah Wayang Pangalengan

Objek wisata alam yang menampilkan keeksotisan kawah, pegunungan dan kebun teh ini terletak di dekat Wayang Windu Panenjoan (WWP). Jaraknya sekitar 100 meter sebelum lokasi pabrik pengolahan. Tepatnya di Sukamanah, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung Selatan, Jawa Barat 40378.

Sobat Djava bisa menggunakan Google Maps sebagai panduan dengan kata kunci “Kawah Wayang Pangalengan”. Akses jalan dari jalan raya menuju lokasinya masih berbatu dan menanjak. Jadi tolong jangan menggunakan kendaraan datar saat sampai di sana, ya! Untuk mencapai puncak kawah, wisatawan harus menaiki tangga alami sejauh sekitar 250 meter.

Harga tiket masuk yang terjangkau

Memiliki objek wisata alam yang memukau tidak serta merta membuat objek wisata tersebut menjadi tiket masuk yang mahal. Sobat Djava hanya cukup membayar Rp 10.000 per orang atau Rp 25.000 per sepeda motor untuk dua orang. Sejumlah ujian pengunjung bahkan menyebutkan bahwa tidak ada biaya parkir yang berlaku, artinya gratis! Menariknya, harga tiket tersebut sudah termasuk akses ke kawah, kolam air panas, kolam renang biasa dan jembatan untuk berfoto.

Source: djavatoday.com

Related Articles

Back to top button