Tempat Wisata

Pulau Burung, pulau indah ikonik di Belitung

pulau burung salah satu tempat wisata bahari yang menawan di Tanjung Binga, Sijuk, Kabupaten Belitung. Pulau ini menawarkan batu-batu granit berbentuk kepala burung, pantai pasir putih dan air yang jernih.

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kab Belitung, Kepulauan Bangka Belitung; map: Cek lokasi

Pulau burung membentang lebih dari 2 hektar di lepas pantai desa Tanjung Binga di kabupaten Sijuk. Perpaduan deretan granit dan pasir putih menciptakan kesan artistik.

Lokasinya yang jauh dari keramaian menjadikannya tempat rekreasi yang sangat baik. Dibandingkan dengan deretan destinasi serupa di Kabupaten Belitung Barat, tempat ini juga kurang populer sehingga suasananya cukup tenang. Tidak heran datang ke sini akan membuat Anda merasa seperti sedang jalan-jalan di pulau pribadi.

Disebut Pulau Burung karena terdapat bongkahan batu granit besar berbentuk seperti burung yang sedang menetaskan telur. Batuan granit berdiri tegak di tengah lautan yang puncaknya terlihat seperti kepala burung. Ukurannya hampir sama dengan bangunan tiga lantai dengan fitur unik.

Atraksi Pulau Burung

Atraksi Pulau BurungSumber gambar: Twitter surga Asia

1. Panorama daratan yang mempesona

Rumpun pohon kelapa memenuhi lahan yang memiliki luas sekitar 2 hektar. Ia tumbuh subur di berbagai sudutnya. Menawarkan tekstur pasir yang sangat halus yang menyentuh sela-sela kaki Anda. Belum lagi sinar matahari yang terpantul di permukaan air laut membuat kilauan seperti permata.

Batuan granit tersebar hampir di segala arah, terutama di daerah perairan. Dari kecil hingga besar. Memiliki tekstur yang cenderung halus dengan nuansa abu-abu seolah mendesak pengunjung untuk beristirahat di atasnya. Mau tidak mau, Pekerjaan Ini adalah favorit pemburu foto. Bisa digunakan untuk sekedar melihat-lihat suasana atau untuk beristirahat.

Keunggulan lainnya, suara deburan ombak terdengar tenang di sini saat menyambut indera pendengaran. Angin sepoi-sepoi membelai wajah, disertai dengan bau air asin yang naik. Kondisi paling stabil bagi pecinta ketenangan.

2. Kecantikan matahari terbenam dan matahari terbit

Apakah Anda sering menonton video di internet tentang matahari terbenam di balik laut? Di tempat ini pemandangan seperti itu adalah sebuah keniscayaan. Lokasi Pulau Burung yang terbentang di laut lepas sangat menguntungkan bagi para pemburu matahari terbenam dan Tidak ada.

Perubahan saturasi dari jingga tua menjadi kuning keemasan dimulai saat matahari perlahan terbit di ufuk timur. Di sisi lain, jingga kemerahan kontras dengan atmosfer sekitarnya saat matahari terbenam.

Menariknya, kedua momen tersebut seolah muncul dari balik lautan, membuat keduanya semakin sulit untuk dilupakan. Kilau pecah di permukaan air dan terlihat seperti bayangan.

3. Celah batu membentuk laguna saat air surut

Laguna adalah danau air asin, biasanya ditemukan di dekat pantai. Terbentuk oleh adanya penghalang seperti batu, pasir, koral dan sejenisnya. Laguna ini umumnya terpisah dari lautan, namun di Pulau Burung berada di kawasan laut yang hanya terlihat saat air surut.

Dibentuk oleh celah sempit di sekelompok batu granit. Tidak mengherankan, situasi di sini menjadi lebih tenang daripada di lokasi lain. Pekerjaan sempurna untuk menyelam, berenang atau hanya mandi. Jangan khawatir jika Anda mengajak anak kecil untuk bermain karena ombak yang bergolak relatif aman.

Alamat, rute lokasi dan biaya perjalanan ke Pulau Burung

Alamat Pulau BurungKredit foto: Google Maps Timo Korhonen

Anda bisa naik perahu nelayan untuk sampai ke sini karena lokasinya di kabupaten Sijuk. Ada beberapa alternatif rute yang bisa ditempuh yaitu dari Tanjung Binga, Tanjung Tinggi dan Tanjung Kelayang. Setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 1 jam mengarungi lautan. Ini belum termasuk perjalanan dari pusat kota ke tempat tujuan.

Estimasi akomodasi wisata di pulau cantik ini diperkirakan minimal Rp 500.000 jika Anda masih tinggal di Bangka Belitung. Pasalnya, sewa perahu dengan kapasitas maksimal 10 orang saja bisa menghabiskan biaya sekitar Rp 350.000. Untuk tugas yang lebih ringan, datanglah bersama teman atau keluarga.

Aktivitas menarik di Pulau Burung

Aktivitas di Pulau BurungKredit foto: Google Maps Ocha Maosawati

1. Benamkan diri Anda dalam keajaiban dunia bawah laut

Bahkan area bawah lautnya belum dijelajahi oleh pengunjung, mereka tidak bisa puas dengan pemandangan alam yang murni. Ikan-ikan cantik berenang di antara terumbu karang sementara berbagai biota laut lainnya juga hidup. Perlengkapan bisa dibawa snorkeling memiliki atau menyewanya, tetapi cobalah untuk tidak ketinggalan.

Nikmati setiap detail keindahan menyelam yang riak airnya tidak sekuat itu. Jika memungkinkan, siapkan kamera yang sesuai untuk mengabadikan momen tersebut.

2. Buat istana pasir mini

Kegiatan ini sangat direkomendasikan untuk tamasya keluarga. Daripada pusing mikirin keseruan, ajak si kecil untuk membangun miniatur istana karena dia selalu suka bermain pasir dan lari kesana kemari.

Anda tidak perlu khawatir anak Anda terluka karena lingkungannya cukup bersih dan tekstur pasirnya halus. Situasi di sini sangat kondusif untuk menampung berbagai hiburan pengunjung. Agar miniatur istana tidak hanyut oleh ombak, berhati-hatilah untuk tidak membangunnya langsung di pantai.

3. Berkemah

Aktivitas Lain Pulau BurungSumber gambar: Google Maps Raii Irwan

Tidak jarang wisatawan memilih Pulau Burung sebagai tempat perkemahan. Hal ini dikarenakan fasilitas dengan lahan yang miring cukup memadai. Namun, Anda harus mempersiapkannya sendiri karena di sini tidak ada persewaan peralatan camping.

Berkemah lebih menyenangkan ketika Anda menghabiskannya bersama teman-teman terdekat Anda. Pastikan Anda dan grup Anda setuju sebelumnya runtutan acara sehingga tidak ada waktu yang terbuang. Hal ini membuat proses eksplorasi menjadi lebih mudah, meskipun terkesan membosankan ketika Anda harus memberikan gambaran terlebih dahulu.

Aktivitas tengah malam yang disarankan adalah malam Jurit. Selain itu, ada baiknya juga mencoba bermain gitar sambil bernyanyi. Jangan lupa membawa teleskop jika Anda atau teman memilikinya. Pulau indah yang bebas polusi kerap memamerkan keindahan langit malam yang luar biasa. Cobalah berbaring di hamparan pasir ditemani bintang-bintang di langit dan ceritakan sebuah kisah.

4. Berjalan-jalan sambil mencicipi makanan

Untuk istirahat yang lebih lengkap, cobalah hidangan khas daerah ini. Beragam menu bisa Anda temukan di toko-toko yang tersedia, harga relatif terjangkau. Selain itu, belilah es krim dengan sayuran hijau untuk meminimalkan rasa haus akibat cuaca yang panas.

Pagi atau sore hari adalah waktu terbaik untuk kegiatan ini. Anda juga tergoda untuk mendaki batu-batu granit besar yang berdiri kokoh di laut saat air surut.

Tidak ada salahnya mencari kerang spesial Anda yang berjiwa kreatif. Kerang-kerang ini nantinya bisa diolah menjadi karya seni yang unik. Sebaiknya hindari menjelajah saat matahari sedang terik agar Anda tidak merasa lelah sejak dini. Tip penting lainnya: tetap gunakan tabir surya secara teratur untuk melindungi kulit Anda.

Agar penjelajahan semakin sempurna, cobalah menjalaninya saat matahari mulai bergerak menuju ufuk barat. Kilauan jingga kemerahan pecah di permukaan air dan terbentang pesona luar biasa yang selalu berhasil memikat hati, meski telah terjadi berkali-kali sebelumnya. Khusus untuk pasangan, suasana senja di Pulau Burung sangat hangat dan romantis.

Akomodasi murah terdekat dari pulau

Akomodasi di Pulau BurungKredit Foto: Google Maps Simon Rajagukguk

1. Desa Truntum

Bangunan sederhana yang memberikan suasana kekeluargaan. Mulai dari plafon dan furniture hingga dinding yang terbuat dari bahan kayu. Bisa dibilang penginapan ini tidak terlalu mewah, didominasi oleh warna coklat glossy. Meskipun demikian, tetap berhasil membuat para tamu tetap nyaman.

Kamar mandi dilengkapi Mandi, Kursi toilet, perlengkapan mandi, wastafel, dan gantungan. Ada meja, kursi, AC, TV dengan kasur besar ratu di kamar tidurnya. halaman depan diberikan batu bulat dengan tempat parkir yang luas. Pemandangannya terlihat lucu karena terdapat sejumlah tanaman hias yang memenuhi sudut-sudut tertentu.

2. Resor Keyakinan Sheraton

Fasilitas yang didapat tentu tidak main-main karena harga per malamnya mencapai nilai nominal Rp 1,5 juta. TV layar datar, tempat tidur king, kamar mandi dalam, dan berbagai peralatan untuk memenuhi setiap kebutuhan tamu. Ada kolam renang, pusat kebugaran dan bahkan SPA.

Lingkungan bersih, luas dan nyaman. Terdapat area balkon di kamar tidur yang menghadap langsung ke taman. Aneka tanaman hias, pohon kelapa dan sebongkah laut biru menanti untuk menyambut Anda. Warna pastel dan warna netral mendominasi desain interior. Putih dan kuning keemasan memberi kesan Nobel.

3. Swiss-Belresort Belitung

Perlengkapan kamar meliputi area yang sangat luas, kursi, meja, AC, kamar mandi dengan bak mandi dan Mandi. Ruang dipermanis dengan lukisan dan pot kecil bunga hias. Tempat tidur king size terlihat empuk. Ada taman yang indah di sekelilingnya resor. Tempat parkirnya sangat luas.

Penerimaan panggilan 24 jam, paket makan siang dan makan malam, bar, dan banyak lagi. Dapatkan skor 8,6 di Traveloka. Tarif per malam mulai dari Rp 450.000. Hotel ini terletak di Jalan Tanjung Kelayang, 3,51 km melewati Pulau Burung.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Burung Belitung

Fasilitas di Pulau BurungSumber gambar: Facebook Margareta Zheng

Pulau ikonik ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap antara lain warung makan, kamar mandi dan lain sebagainya. Sayangnya, lokasinya yang berada di tengah laut tidak memungkinkan pengunjung untuk memarkir kendaraannya langsung di sini. Jika Anda datang dengan kendaraan pribadi, Anda perlu memarkirnya di area terdekat seperti Tanjung Kelayang.

Ikon granit di Pulau Burung tampaknya menjadi kesan paling menarik bagi pengunjung. Namun, kehadiran Anda di sini pasti akan jauh lebih berarti daripada sekadar melihat bebatuan. Oleh karena itu, gunakan waktu terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda akan penyegaran.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button