Tempat Wisata

Kebun Raya Unmul, properti wisata alam populer di Kota Samarinda

Kebun Raya Unmul salah satu destinasi wisata alam yang menarik di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Kebun raya ini menggabungkan saran rekreasi dengan tempat pendidikan alam dan lingkungan yang mengundang Anda untuk menemukan pesonanya.

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 09.00-17.00, Alamat: Tanah Merah, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur; map: Cek lokasi

Kebun Raya Unmul Samarinda merupakan objek wisata di provinsi Kalimantan Timur. Tempat wisata ini mudah untuk dikunjungi karena berjarak 10 kilometer dari kota Samarinda, sehingga banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata ini. Kebanyakan pengunjung datang pada hari libur atau akhir pekan.

Awal mula objek wisata ini adalah lahan seluas 300 hektar. Kemudian pemilik tanah ini memberikannya kepada rektor Universitas Mulawarman dan dijadikan sebagai tempat penelitian bagi mahasiswa universitas tersebut. Kemudian Wali Kota Samarinda menjadikan tempat tersebut sebagai objek wisata yang indah karena dihiasi dengan pepohonan yang berbeda.

Objek wisata ini merupakan objek wisata yang populer bagi kota Samarinda khususnya bagi kalangan muda karena memiliki banyak pepohonan dan satwa dari berbagai jenis. Saat Anda mengunjungi objek wisata ini, Anda akan ditemani kicauan burung yang merdu. Dan masih banyak lagi yang bisa Anda rasakan saat berlibur di objek wisata ini.

Daya tarik Kebun Raya Unmul

Atraksi Kebun Raya UnmulSumber gambar: Google Maps Deby Noor

Seperti tempat wisata lainnya, Kebun Raya Unmul Samarinda memiliki daya tarik tersendiri untuk membuat pengunjung tetap datang. Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki oleh objek wisata ini.

1. Memiliki konsep yang unik

Kebun raya ini memiliki keunikan tersendiri yang memadukan objek wisata dan edukasi lingkungan. Dengan konsep ini, banyak pengunjung yang tertarik untuk menikmati dua hal dalam satu tempat.

Ada banyak jenis pohon di objek wisata ini, yang dirawat oleh pengelola untuk membuat suasana sejuk dan asri. Setiap pohon biasanya memiliki name tag agar pengunjung mengetahui nama masing-masing. Selain itu, banyak juga jenis hewan dan burung yang melengkapi objek wisata ini.

Jika Anda berlibur di objek wisata ini, Anda juga akan menemukan beberapa orangutan yang sengaja dilepasliarkan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena orangutan ini jinak dan terlatih dengan baik.

Ada juga kuda poni, kobra, monyet ekor panjang, rusa, landak, buaya, cendrawasih, rangkong dan nuri. Anda bisa melihat hewan-hewan ini di balik kandangnya masing-masing untuk menjaga keamanan pengunjung.

2. Menjadi tempat bersantai

Daya tarik selanjutnya adalah Anda bisa memilih tempat wisata ini sebagai tempat bersantai setelah melakukan berbagai aktivitas yang berat. Karena di Kebun Raya Unmul Samarinda menawarkan pemandangan yang memanjakan mata dan merilekskan tubuh dan pikiran.

Tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi saat liburan bersama keluarga atau teman dekat. Banyak pengunjung, termasuk anak-anak, menghabiskan waktunya untuk melihat dan belajar tentang hewan-hewan unik di objek wisata ini. Selain itu, ada juga danau buatan yang cukup luas untuk melengkapi pemandangan yang disajikan.

Alamat dan rute menuju lokasi Kebun Raya Unmul

Alamat Kebun Raya UnmulSumber gambar: Twitter Kalimantan

Tempat wisata ini terletak di provinsi Kalimantan Timur, tepatnya di kota Samarinda, kabupaten Samarinda Utara, Jalan Kuaro.

Jika anda datang dari kota Samarinda, untuk rute sendiri bisa melalui Jalan Bhayangkara, kemudian Jalan Pahlawan dan kemudian Jalan Dr. Sutomo. Setelah menemukan perempatan, silakan belok kanan untuk melanjutkan perjalanan menuju Kebun Raya Unmul Samarinda.

Setibanya di Jalan Muara Badak, Anda akan menemukan persimpangan dan memilih rute di sebelah kanan. Dari persimpangan ini, Anda dapat mencapai objek wisata dalam waktu sekitar 10 menit. Waktu tempuh adalah 35 menit pada roda dua dan 40 menit pada roda empat.

Akses jalan menuju lokasi objek wisata juga sangat mudah karena jalannya sudah beraspal dan banyak petunjuk arah yang harus diikuti. Anda juga dapat melihat peta dari pemandu atau bertanya langsung kepada penduduk setempat untuk lebih jelasnya.

Tiket Masuk Kebun Raya Samarinda

Alamat Kebun Raya SamarindaKredit foto: Google Maps Prime Scenes

Sebelum masuk dan menikmati objek wisata ini, pengunjung akan dikenakan biaya masuk. Sebagai aturan, biaya masuk yang disebutkan juga bervariasi tergantung pada hari. Untuk akhir pekan atau hari libur Anda akan dikenakan biaya Rp 15.000 per orang. Ada biaya Rp 10.000 per orang pada hari kerja.

Untuk biaya parkir, pengunjung biasanya dikenakan biaya Rp 10.000 untuk pengguna roda empat dan Rp 5.000 untuk pengguna roda dua. Harga yang tercantum dapat berubah sewaktu-waktu. Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 09:00 dan tutup pada pukul 17:00.

Kegiatan menarik di Kebun Raya Unmul

Aktivitas di Kebun Raya UnmulSumber gambar: Facebook @cantica.munthe

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan selama liburan di tempat wisata ini diantaranya sebagai berikut.

1. Lihat dan kenali binatang

Banyak hewan yang tersedia di objek wisata ini bagi pengunjung untuk melihat dan mengenali berbagai spesies yang telah diberi nama masing-masing. Anda juga dapat mencoba memberi makan beberapa spesies hewan. Makanan hewani disediakan oleh objek wisata.

Hewan khas Kalimantan, yaitu orangutan, juga bisa dilihat. Untuk spesies ini kamu bisa berinteraksi langsung karena pengelola melepaskannya secara gratis. Namun keamanan pengunjung tetap terjaga karena orangutan tersebut jinak, sehingga tidak akan menyerang dan mengganggu pengunjung yang datang.

Selain itu, ada juga banyak spesies burung yang unik dan indah untuk Anda lihat. Biasanya burung-burung berkicau dengan merdu di tempat wisata ini, sehingga membawa keceriaan dan kenyamanan bagi para pengunjung selama berlibur.

Ada juga hewan karnivora seperti ular kobra dan buaya. Jumlahnya cukup banyak dan jika Anda datang pada waktu makan Anda akan melihat buaya dan ular keluar dari tempat persembunyiannya. Dan masih banyak lagi hewan yang tersedia di objek wisata ini.

2. Coba permainan yang berbeda

Selain hewan dan pepohonan, objek wisata ini juga menawarkan berbagai jenis permainan untuk dinikmati pengunjung. Permainannya adalah sepeda air, kincir ria, gerobak tertutup, ATV, korsel, karting. Game ini juga cocok untuk anak-anak jadi aman untuk dicoba. Tetapi beberapa permainan hanya berjalan pada hari libur.

Anda bisa berkeliling Kebun Raya Unmul Samarinda dengan ATV atau gerobak. Pengunjung yang mencoba permainan akan dikenakan biaya tambahan. ATV sendiri akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 20.000 untuk tiga putaran dan sepeda air akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000.

3. Memancing di kolam

Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan kolam pemancingan bagi pengunjung yang memiliki hobi memancing. Anda bisa menyewa alat pancing atau membawanya dari rumah. Dan setelah menangkap ikan Anda juga bisa membelinya atau memasaknya langsung di restoran yang tersedia.

4. Kunjungi Museum Kayu

Aktivitas di Kebun Raya SamarindaSumber gambar: Google Maps Yudistira

Di museum kayu ini Anda bisa melihat berbagai benda yang terbuat dari kayu. Ada juga label yang mencantumkan nama dan tahun pembuatan sehingga bisa sekaligus belajar sambil berlibur. Banyak benda unik tersedia di museum kayu ini, seperti: B. Miniatur rumah khas Kalimantan, tetapi juga berbagai jenis kayu khas Kalimantan.

Sebelum memasuki museum kayu ini, pengunjung dikenakan biaya tambahan. Biaya yang tercantum adalah dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per orang.

5. Berburu foto keren

Kurang lengkap rasanya jika liburan tanpa mengabadikan momen. Kebun Raya Unmul Samarinda memiliki banyak landmark atau lokasi yang bisa dijadikan sebagai background foto Anda. Anda bisa mengabadikan momen mencoba permainan dan bahkan berfoto dengan hewan-hewan di objek wisata ini.

Fasilitas yang tersedia di Kebun Raya Samarinda

Kebun Raya SamarindaKredit foto: Google Maps Yuliastica

Fasilitas Kebun Raya Unmul Samarinda cukup lengkap. Objek wisata tersebut terus melengkapi berbagai hal demi kenyamanan para pengunjung yang datang. Fasilitas yang tersedia adalah:

1. Tempat parkir

Tempat wisata ini telah menyediakan tempat parkir yang luas hanya untuk pengunjung yang datang. Ada area khusus untuk roda dua, roda empat dan area untuk bus wisata. Dan ada banyak penjaga di tempat parkir untuk memantau dan menjaga kendaraan Anda untuk ketenangan pikiran Anda.

2. Tempat makan

Fasilitas selanjutnya adalah terdapat banyak restoran di kebun raya ini. Restoran di sini biasanya menyajikan makanan laut, terutama ikan. Bagi pengunjung yang tidak menyukai makanan laut, restoran ini juga menawarkan pilihan masakan Indonesia.

Selain makanan, banyak juga snack atau aneka minuman yang bisa kamu pesan

3. Toilet

Toilet objek wisata ini dijaga kebersihannya untuk kenyamanan pengunjung dalam menggunakannya. Ada banyak toilet sehingga Anda tidak perlu mengantri.

4. Paviliun

Ada juga pendopo atau gubuk yang tersebar di berbagai spot di kawasan kebun raya ini. Anda dapat menggunakan fasilitas tersebut untuk beristirahat setelah menjelajahi objek wisata ini.

Itulah beberapa tempat wisata, alamat dan fasilitas yang ada di Kebun Raya Unmul Kota Samarinda. Semoga informasi ini dapat membantu anda jika ingin berkunjung ke tempat wisata ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button