Tempat Wisata

Pantai Padang Air Manis – atraksi, aktivitas liburan, lokasi dan harga tiket

Pemandangan, aktivitas liburan, lokasi & harga tiket – pantai air tawar salah satu atraksi pantai paling populer yang penuh legenda di kota mempersiapkan. Pantai yang indah dengan hamparan pasir berwarna coklat keputihan, ombak yang bersahabat dan pemandangan yang indah.

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Air manis, kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat; map: Cek lokasi

Pesona yang dihadirkan di seluruh nusantara bukan hanya karena keunikan tempat-tempat tertentu yang menampilkan alam atau keindahan lainnya. Banyak cerita rakyat atau epos yang beredar di masyarakat Indonesia muncul karena mengandung bukti fisik atau unsur cerita yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satunya adalah Pantai Air Manis di Padang yang menjadi latar cerita rakyat yang sangat populer di kalangan anak kecil, yaitu Malin Kundang. Oleh karena itu, pantai memiliki daya tarik tersendiri, itulah sebabnya orang berlomba-lomba untuk sampai ke sana.

Selain itu, panorama alam yang tersaji disana begitu indah sehingga setiap orang yang datang akan terpukau dengan keindahannya. Lanskap di sana dihiasi oleh hamparan pasir lembut yang menyatu dengan bebatuan di sekitarnya. Tanaman di sana juga menghiasi sekitarnya dengan indah, yang menambah pesona.

Atraksi Pantai Air Manis

Atraksi Pantai Air TawarKredit foto: Google Maps Caesario Kisty

1. Kisah fenomenal Malin Kundang

Kisah anak durhaka yang tidak memikirkan ibunya sudah dikenal masyarakat Indonesia. Pasalnya, cerita tersebut dituturkan sejak duduk di bangku sekolah dasar hingga pendidikan awal. Kisah tersebut menawarkan pelajaran yang sangat mendalam, terutama bagi anak-anak, tentang pengabdiannya kepada orang tua.

Mengapa cerita ini begitu erat kaitannya dengan pantai indah di pulau Sumatera ini? Karena bebatuan yang seharusnya menjadi bukti kebenaran cerita itu ada di sana. Pengunjung bisa melihatnya langsung saat berlibur di salah satu destinasi wisata unggulan di kawasan Padang.

Di terumbu karang di sekitar Pantai Air Manis terdapat batu karang yang berbentuk seperti manusia yang telah menyatu dengan batu tersebut. Seorang pria tampaknya mengemis tetapi telah berubah menjadi batu. Tempat ini sering menjadi objek penyergapan oleh wisatawan yang datang.

Tak jarang, masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia rela melakukan perjalanan jauh hanya untuk melihat bebatuan. Selain itu, ternyata beberapa turis asing juga tertarik karena mendengar dan mengetahui cerita tersebut sebelumnya. Tidak bisa dipungkiri keberadaannya menarik banyak orang untuk mengunjungi objek tersebut.

2. Daerah berpasir yang bagus

Inilah salah satu daya tarik bagi pengunjung yang datang untuk berwisata di Pantai Air Manis. Pasir pantai yang terhampar di sana berwarna coklat muda. Akhirnya pasir tampak semakin terang warnanya hingga hampir seperti putih bercampur cokelat. Teksturnya yang lembut membuat kaki langsung nyaman menginjaknya.

Hal ini membuat banyak orang betah tinggal di sana. Tak bisa dipungkiri bahwa pasir di sana mampu memikat wisatawan untuk betah berekreasi di sana. Anda juga dapat melakukan banyak hal dengan lanskap. Suasana semakin seru saat air laut membasahi seluruh permukaan.

3. Ombak Ramah

Air laut di sana menampar pantai dengan cukup keras. Hal ini memungkinkan ombak di objek wisata tersebut dimanfaatkan untuk berbagai hal seperti selancar. Suara deburan ombak juga membuat kondisi disana lebih sejuk dan seru. Namun jangan khawatir, karena ombak di pantai ini tergolong aman dan tidak berbahaya bagi wisatawan.

4. Suasana Matahari Terbenam

Daya Tarik Pantai Air ManisSumber Gambar: Google Maps Fauzi ST

Bahkan, momen saat matahari terbenam menjadi salah satu waktu yang paling ditunggu oleh para wisatawan yang datang ke sana. Fenomena alam sehari-hari ini akan membuat pertunjukan di sana luar biasa indah. Ini akan memukau orang-orang yang sedang berlibur.

Bentuk pantai yang landai memastikan pengunjung dapat melihat matahari dengan jelas dan tidak terhalang. Matahari mengirimkan pancaran sinarnya ke seluruh penjuru langit sehingga berwarna seperti jingga kuning agak kemerahan.

Dalam suasana ini, pengunjung dapat berpartisipasi dengan bebas dan menikmati waktu berjalan. Ada banyak tempat seperti gubuk untuk beristirahat dan bersantai sejenak untuk semua wisatawan yang hadir.

5. Pulau Pisang Ketek

Di seberang Pantai Air Manis terdapat lahan kecil yang ditumbuhi berbagai vegetasi alami yang menjadikannya hijau. Pulau mini ini berjarak setengah kilometer dari bibir pantai.

Untuk mencapainya, pengunjung tidak memerlukan alat atau transportasi air apapun. Wisatawan dapat mengunjunginya secara langsung dengan menyusuri laut dangkal. Namun, pada malam hari terjadi air pasang sehingga Anda perlu menggunakan perahu jika ingin berhenti di pulau yang bernama Little Banana.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket Pantai Air Manis

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Air ManisSumber gambar: Google Maps euis widianti

Pantai ini terletak di pesisir barat tanah Andalas, tepatnya di provinsi Sumatera Barat. Keberadaannya terletak di jantung ibu kota provinsi, yang berjarak sekitar sepuluh kilometer. Destinasi wisata ini berada di punggung gunung dengan nama yang sama dengan kotanya.

Karena tempatnya yang tidak terlalu jauh dari keramaian kota Padang, Anda tidak perlu repot jika ingin mencapainya. Pengunjung yang ingin ke sana bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil atau bus. Selain itu, ada juga angkutan umum yang menyediakan rute menuju ke sana.

Pengunjung hanya perlu menempuh rute Lubuk Buaya menuju Pasar Raya. Setelah itu, lanjutkan melalui bagian atas kota. Untuk melewatinya, seseorang harus melewati salah satu jalan raya di sana, yaitu Teluk Bayur. Saat sampai di perempatan, tetap lurus untuk sampai ke lokasi Pantai Air Manis.

Jika Anda ingin mengunjungi pantai di Sumatera Utara ini, Anda tidak perlu membayar apapun. Pihak pengelola atau pemerintah daerah tidak menetapkan harga khusus untuk leluasa menikmati waktu dan tempat di sana. Namun, hanya beberapa biaya tambahan yang perlu dibayar.

Ini sudah termasuk biaya parkir kendaraan pribadi di sana. Jika Anda menggunakan sepeda motor atau roda dua, biaya yang harus dibayarkan hanya Rp 2.000. Di sisi lain, jika ingin menggunakan kendaraan roda empat kecil seperti mobil, pemerintah akan membayar Rp 5.000.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Air Manis

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Air ManisKredit foto: Google Maps Marsanto Hary

1. Berjalan di sepanjang pantai

Dengan bentuknya yang landai dan pasir pantainya yang lembut, destinasi wisata Pantai Air Manis ini cocok dijadikan tempat untuk menjernihkan pikiran. Pengunjung dapat menelusuri setiap detail area di sana.

Siapapun yang datang ke sana bisa melakukannya. Pasalnya, tempat dengan garis pantai yang panjang ini cocok untuk para pencari petualangan.

2. Ambil foto untuk mengabadikan momen

Memotret pemandangan sekitar adalah salah satu hal yang bisa dilakukan di sana. Banyak hal yang bisa menjadi latar belakang yang cocok untuk foto yang diambil. Selain itu, beberapa di antaranya juga menjadi objek yang cocok untuk mendukung bidikan potret yang akan diambil.

Tidak hanya menampilkan panorama yang sangat indah, ada juga batu karang yang terlihat seperti orang sedang beribadah. Ya, patung inilah yang dipercaya sebagai bukti kisah Malin Kundang. Ini adalah objek yang cocok untuk mendukung jepretan kamera saat berkunjung ke sana.

Selain keindahan alamnya, pantai ini juga menawarkan pesona yang tak kalah indah dengan tempat lainnya. Pemandangan alam bisa menjadi background yang tepat bagi wisatawan yang ingin berfoto untuk mengabadikan momen di tempat ini.

3. Mainkan ATV

Di Pantai Air Manis Anda bisa menyewa salah satu kendaraan wisata seru ini. Harga untuk menikmati ATV sekitar Rp 100.000 per jam. Hal ini sangat membantu bagi siapa saja yang ingin menjelajahi kawasan wisata dengan sesuatu yang berbeda.

4. Menikmati terbit dan terbenamnya matahari

Objek wisata pantai selalu menampilkan keanggunan sang surya saat bersiap menyinari bumi hingga selesai. Pantai tidak terkecuali. Di sana, pengunjung bisa menikmati fenomena saat matahari hendak menyinari seluruh permukaan bumi. Fenomena alam ini dapat diamati pada pagi hari.

Sifatnya yang terbuka tidak membuat hal ini sulit untuk dicapai. Oleh karena itu, pengunjung perlu mempersiapkan diri terlebih dahulu untuk menikmati acara ini. Namun, alternatif lain yang sering diminati wisatawan adalah saat matahari terbenam. Ini mengungkapkan kilatan cahaya indah yang menghiasi cakrawala.

Akomodasi murah di sekitar Pantai Air Manis

Mercure PadangSumber gambar: Twitter wisata Salika

1. Bungalo Air Tawar Sisi Bukit

Penginapan ini tidak jauh dari tempat wisata tersebut dan bisa disewa dengan harga kurang dari Rp 400.000. Para tamu yang datang juga mendapatkan berbagai fasilitas seperti restoran, WiFi dan tempat parkir yang cukup luas.

2. Hotel murah di pelabuhan

Berada di tempat yang cukup dekat dengan pantai, harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan penginapan sebelumnya. Tamu yang ingin menginap juga dapat menggunakan fasilitas seperti AC, WiFi, parkir, dll.

3. Mercure Padang

Penginapan ini berjarak lebih dari lima kilometer dari tempat wisata. Properti kelas menengah ini menawarkan berbagai fasilitas untuk tamu yang ingin bermalam. Diantaranya adalah kolam renang, jaringan WiFi, restoran dan lain-lain.

Fasilitas di Pantai Air Manis Padang

Fasilitas Pantai Air Manis PadangSumber gambar: Google Maps SA

Berkunjung ke sana untuk menghabiskan waktu liburan bukanlah hal yang rugi bagi wisatawan. Ada berbagai fasilitas yang bisa dinikmati wisatawan. Beberapa di antaranya adalah kabin toilet, tempat istirahat, area pantai untuk bermain dan sebagainya.

Pantai Air Manis yang sarat akan nilai budaya memang menjadi salah satu ikon kota Padang. Selain itu juga merupakan representasi nilai-nilai masyarakat melayu dan meluas ke seluruh wilayah nusantara. Liburan ke sana menjadi pengalaman yang tak terlupakan karena keindahan alam dan patung Malin Kundang di satu sisi.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button