Berita Wisata

Deretan wisata alam di kota Surabaya yang menawan

KOMPAS.com – Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia sekaligus ibu kota provinsi Jawa Timur (Jatim). Meski berstatus kota metropolitan, Surabaya tetap memiliki beragam keindahan alam yang cocok sebagai tempat liburan keluarga.

Destinasi wisata alam terletak di beberapa wilayah Surabaya. Berikut ulasan lengkapnya.

  1. Romokalisari tanah petualangan“Di tempat ini ada tujuh wahana. Ada berkuda, ada juga tempat bermain. Jadi, ayo coba Adventure Land di Romokalisari yang luar biasa ini,” kata Eri dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (7/10/2022).

    Wahana yang menawarkan berbagai sensasi wisata ini memiliki harga tiket yang bervariasi.

    Dalam pengelolaan Romokalisari Adventure Land, Pemkot Surabaya (Pemkot) juga melibatkan 100 warga berpenghasilan rendah (MBR). Adapun mereka adalah warga Rusunawa Romokalisari dan warga desa setempat.

    “Jadi seluruh penjualan tiket akan disumbangkan kepada masyarakat Surabaya yang bekerja di sana. Insya Allah 100 orang MBR bekerja di Romokalisari Adventure Land,” kata Eri.

    Wisata alam pertama adalah Romokalisari Adventure Land yang diresmikan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pada Minggu (25/9/2022). Destinasi wisata yang bersebelahan dengan Apartemen Romokalisari di Kecamatan Benowo ini terletak di pesisir pantai utara Surabaya.Selain lokasinya yang langsung menghadap ke laut, Romokalisari Adventure Land juga menawarkan sejumlah wahana menarik. Ada tujuh macam wahana yang bisa dinikmati pengunjung, seperti taman bermain, kebun binatangtrek berkuda, semua medan kendaraan (sepeda gunung), kano dan sekoci di kawasan mangrove, dan jet ski.Eri Cahyadi mengatakan Romokalisari Adventure Land tak kalah menarik dengan destinasi wisata alam lainnya di luar kota Surabaya.

  2. Kebun Raya MangroveKawasan pesisir pantai timur Surabaya (Pamurbaya) menyimpan keindahan alam yang eksotis. Lokasinya membentang dari kawasan mangrove Gunung Anyar-Medokan Sawah hingga Wonorejo-Keputih. Selama ini Pemkot Surabaya terus menata dan mengembangkan kawasan Pamurbaya.

    Bahkan, kata Eri, Pemkot Surabaya saat ini sedang menyusun dan menghubungkan kawasan mangrove Gunung Anyar dan Medokan Sawah.

    “Di sisi mangrove Gunung Anyar, Pemkot Surabaya akan fokus pada wisata perahu atau penyeberangan sungai,” ujarnya.

    Sedangkan di Mangrove Medokan Sawah, Pemkot telah melengkapinya dengan sejumlah wahana yang bisa dinikmati wisatawan mulai dari sepeda air, sepeda gunung, spot foto, wahana perahu atau penyeberangan sungai, serta kuliner yang nikmat.

    “Ini menunjukkan bahwa Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia. Namun, ada (masih) keindahan alam yang tersimpan di kebun raya mangrove, baik untuk pendidikan, penelitian maupun wisata alam,” jelasnya.

    Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata alam Surabaya. Dermaga. Pemerintah Kota Surabaya Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di tempat wisata alam Surabaya.

  3. Taman Hiburan Pantai Kenjeran (THP)

    “Saya ingin menunjukkan bahwa Surabaya memiliki tempat wisata yang luar biasa,” ujarnya.

    Selain menawarkan wisata alam berupa pantai, THP Kenjeran Surabaya juga dilengkapi dengan berbagai jajanan dan kuliner yang bisa dinikmati pengunjung. Setidaknya ada hingga 197 mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di THP Kenjeran Surabaya.

    Wajah baru Taman Hiburan Pantai Kenjeran Surabaya (THP) kini semakin cantik setelah direnovasi pada tahun 2021. Sejauh ini, Pemkot Surabaya sedang mengembangkan salah satu destinasi wisata di kabupaten Bulak, kota Surabaya.

    Eri mengatakan dengan adanya perubahan THP Kenjeran ini diharapkan semakin memicu wisatawan yang datang, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

  4. Wisata Laut Sontoh

    Pengunjung yang datang bisa menghabiskan waktu untuk selfie atau sekedar duduk santai di gazebo sambil menikmati seni kuliner.

    Sebelumnya, Pemkot Surabaya menggelar lomba desain Wisata Sontoh Laut untuk pengembangan kawasan. Kompetisi ini bertujuan untuk mendorong partisipasi warga khususnya generasi muda Surabaya dalam pembangunan kota.

    Eri yakin Wisata Bahari Sontoh Laut akan menjadi tempat wisata anak muda sekaligus destinasi wisata baru yang menarik. Oleh karena itu, program pembangunan Sontoh Laut memang sengaja tidak dilakukan langsung oleh Pemkot Surabaya.

    “Kalau anak muda ikut, saya yakin hasil pembangunan Sontoh Laut akan maksimal. Saya ingin setiap pembangunan menjadi kontribusi pemikiran seluruh warga Surabaya,” kata Eri.

    Berkunjung ke kota Surabaya rasanya belum lengkap jika belum mampir ke Sontoh Laut. Tempat wisata yang terletak di desa nelayan Sontoh Laut, Tambak Sarioso, kabupaten Asemrowo ini menawarkan pemandangan laut dengan hutan mangrove.

  5. Taman Hutan Raya (Tahura)Selain destinasi wisata alam yang berada di pesisir pantai, Surabaya juga memiliki sejumlah Taman Hutan Raya (Tahura) yang bisa dijadikan tempat liburan akhir pekan.

    Ada beberapa pilihan Tahura di Surabaya yang masing-masing punya keunikannya sendiri. Misalnya Tahu Bala Klumprik, Tahu Pakal I dan II, Tahu Liat dan Sentra Pertanian Terpadu Jeruk.

    Selain diisi dengan berbagai jenis pohon, Tahura di Surabaya juga dilengkapi dengan kolam yang diisi dengan budidaya ikan.

Selain destinasi wisata alam, Eri mengungkapkan masih banyak tempat wisata lain di Surabaya yang bisa dijadikan tempat liburan keluarga, seperti kawasan Kota Tua, Kalimas River Trail Tours dan Kebun Binatang Surabaya (KBS).

“Selain pariwisata warisan“Destinasi wisata alam juga akan kita manfaatkan untuk kepentingan masyarakat sehingga semua kegiatan ekonomi akan berpindah ke Surabaya,” ujarnya.

Source: biz.kompas.com

Related Articles

Back to top button