Tempat Wisata

Danau Kaolin, danau biru unik yang memikat hati di Belitung

Danau Kaolin menjadi saksi bisu kekayaan mineral alam Kepulauan Bangka Belitung. Danau bekas tambang ini memiliki perairan biru jernih dengan dinding batu putih, menjadikannya kombinasi yang menakjubkan.

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: perawat, kabupaten. Tanjung Pandan, Kab.Belitung, Kepulauan Bangka Belitung; map: Cek lokoASI

Jika Anda pernah mengunjungi destinasi wisata Danau Kaolin, mata Anda pasti akan terkagum-kagum. Panorama alam yang dimiliki sangat indah dan sangat berbeda dengan kebanyakan danau di Indonesia. Tak heran jika banyak penduduk setempat menyebut tempat wisata ini sebagai surganya danau-danau eksotis di tanah air, khususnya Belitung.

Ketika Anda mengunjungi danau ini, Anda dapat menemukan bahwa danau ini dulunya adalah bekas proyek pertambangan. Penambangan yang dimaksud tidak lain adalah pertambangan timah. Karena itu, pengunjung yang ada di sana tidak boleh terkena air danau, apalagi berenang. Pasalnya, kandungan racun dalam kaolin bisa berbahaya bagi manusia.

Namun pengunjung dijamin tidak akan menyesal karena bisa menikmati waktu liburan yang menyenangkan di tempat wisata ini. Bagi Anda yang berkesempatan datang ke Belitung, maka luangkan waktu untuk berlibur di danau ini. Namun sebelum berkunjung, ada baiknya Anda mengetahui informasi mengenai tempat wisata Danau Kaolin berikut ini.

Atraksi yang dimiliki Danau Kaolin

Objek wisata yang dimiliki oleh Danau KaolinSumber gambar: Twitter @ambarsariiiiiii

1. Kandungan Mineral Kaolin

Kandungan kaolin terdapat pada batu, air dan juga pada dasarnya. Bagi Anda yang belum tahu, kaolin merupakan mineral alami yang banyak digunakan untuk keperluan industri untuk pewarna dan reaksi kimia khusus. Umumnya kandungan kaolin terdapat pada pasta gigi, makanan olahan, kertas, kosmetik, dan masih banyak lainnya.

Bahan ini dikenal memiliki tekstur yang halus, kuat, berwarna putih dan dapat menjadi penahan panas dan listrik. Banyak sekali pengunjung yang rela datang jauh-jauh dari luar daerah maupun dari luar negeri karena penasaran dengan kandungan kaolin di tempat wisata yang satu ini. Adanya kandungan ini pula yang menjadi asal muasal nama danau tersebut.

2. Air laut yang indah

Air di Danau Kaolin tidak menunjukkan warna yang jernih melainkan warna kebiruan yang cerah. Warnanya sangat indah bila dipadukan dengan pantulan sinar matahari pagi yang menembus air danau. Hal ini membuat warna kebiruan air danau semakin jernih dan menciptakan kilauan yang sangat indah.

Sinar matahari pagi juga bisa membuat warna bebatuan karang di sekitar danau semakin terlihat. Jika Anda mengunjungi danau yang satu ini, sudah pasti suatu keharusan untuk mengalami pemandangan yang sangat indah ini secara langsung. Tentunya Anda akan betah berada di tempat wisata tersebut untuk menghabiskan waktu berlama-lama.

3. Tumpukan Kaolin menyerupai bukit bersalju

Atraksi Danau Kaolin BelitungKredit foto: Google Maps Tony Loman

Banyak sekali kaolin di tempat wisata ini sehingga membentuk gundukan seperti perbukitan. Menyerupai gundukan, banyak tumpukan kaolin berwarna putih bersih, mirip dengan salju. Maka tak heran jika banyak pengunjung menyebutnya sebagai bukit salju. Hal ini tentu menjadi hal yang sangat menarik bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Banyak juga yang bilang kalau bukit salju ini salah satu spot terbaik di danau. Adanya tumpukan kaolin yang menyerupai gundukan salju dan udara yang sedikit dingin membuat Anda serasa sedang berlibur di negara dengan empat musim.

4. Pohon hijau

Di sekitar danau kaolin ini banyak terdapat pepohonan hijau yang tumbuh dengan baik. Pohonnya juga cukup besar dan tinggi, sehingga bisa dijadikan tempat berteduh saat cuaca panas di siang hari. Suasana di sana juga terasa lebih sejuk dan segar berkat hijaunya pepohonan. Panorama alamnya pun terlihat semakin mempesona.

Alamat dan rute menuju Danau Kaolin Lokasi

Alamat Danau Kaolin BelitungKredit foto: Google Maps Disney Taarea

Danau yang konon hampir menyerupai salah satu danau di Islandia ini terletak di desa Air Bara. Lebih tepatnya, terletak di Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung. Danau ini juga menjadi salah satu wisata utama di Bangka Belitung. Akses menuju tempat wisata ini cukup lancar dan mulus saat Anda berangkat dari Pangkal Pinang.

Anda dapat menempuh perjalanan ke Danau Kaolin dengan menggunakan sepeda motor dengan waktu tempuh sekitar 1 hingga 1,5 jam. Tempat wisata ini tidak jauh dari bendungan provinsi Koba dan Toboali. Mulai dari bendungan, Anda mengikuti jalan tanah sekitar 200 m sampai Anda akhirnya mencapai tujuan Anda.

Sebelum sampai di Desa Air Bara, akan ada penyeberangan empat arah yang oleh masyarakat sekitar disebut Simpang Bemban. Nah, tidak jauh dari perlintasan ini, keberadaan telaga mulai terlihat. Jika ragu, gunakan peta navigasi di ponsel Anda atau tanyakan arah kota setempat.

Anda juga dapat mengakses danau ini melalui Kota Toba. Dari Kota Toba Anda bisa langsung memulai perjalanan menuju Jl Jendral Sudirman. Kemudian lanjutkan menuju Jl Namang-Koba lalu menuju Jl Raya Gadung. Setelah itu belok kanan untuk sampai ke lokasi danau. Waktu tempuhnya sekitar 17 menit dengan jarak tempuh sekitar 12 km.

Biaya masuk untuk Kaolin Lake Tour

Biaya masuk ke Danau KaolinKredit foto: Facebook Eka Widiarti Kusuma

Banyak orang yang penasaran dengan harga tiket masuk kapal pesiar danau yang sangat eksotis ini. Pada umumnya orang awam beranggapan bahwa biaya masuk ke danau ini pasti sangat mahal. Karena keindahan yang dihadirkan di kawasan wisata tidak boleh dianggap remeh.

Namun, siapa sangka tempat wisata yang satu ini tidak memungut biaya apapun atau pungutan apapun bagi pengunjung yang datang ke sana. Pasalnya, belum ada kebijakan resmi terkait tarif masuk Danau Kaolin di Bangka Belitung. Ini adalah kabar baik bagi Anda yang mencari tempat liburan yang bagus dengan harga yang terjangkau.

Di sisi lain, informasi harga tiket wisata tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Sehingga pengunjung masih perlu menyiapkan sejumlah uang untuk mengantisipasi perubahan kebijakan terkait tarif masuk danau yang satu itu.

Oleh karena itu, sebelum Anda berangkat menuju tempat wisata yang satu ini, sebaiknya menghubungi pengelola telaga ini terlebih dahulu melalui call center yang ada. Jadi Anda bisa menanyakan berapa harga tiket saat ini. Ini mengurangi kekhawatiran Anda tentang berapa banyak biaya persiapan.

Hal-hal menarik yang dapat dilakukan di Danau Kaolin

Aktivitas di Danau Kaolin BelitungKredit Foto: Google Maps Chris Arsen

1. Ambil foto

Tempat wisata di Danau Kaolin ini memang selalu populer di kalangan fotografer. Tidak ada tapi aman karena merupakan salah satu tempat yang memiliki objek foto dengan tema alam yang sangat mengesankan. Selain itu, pemandangan yang bisa difoto di tempat ini akan menghasilkan foto dengan siluet yang sangat indah di pagi dan sore hari.

Selain fotografer, pengunjung danau ini juga tidak mau kalah mengabadikan setiap momen seru yang dilakukan di tempat wisata tersebut. Pengunjung tidak mau ketinggalan untuk memotret sunset atau sunrise yang selalu terlihat memesona di danau ini. Hal ini sepertinya menjadi salah satu kegiatan menarik yang wajib dilakukan saat berlibur di sini.

2. Berjemur

Tempat wisata ini juga cocok sebagai tempat berjemur karena memiliki topografi yang cukup terbuka. Anda bisa mulai berjemur di pagi hari dari jam 6 pagi sampai jam 8 pagi. Saat ini adalah saat yang paling tepat untuk berjemur atau menghangatkan tubuh.

Aktivitas ini juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga lebih tahan terhadap berbagai jenis penyakit. Aktivitas yang satu ini juga bisa membuat pikiran Anda lebih tenang dan damai. Jadi, Anda siap untuk kembali ke berbagai jenis rutinitas harian.

3. Bersepeda

Aktivitas Lain Danau Kaolin BelitungKredit Foto: Google Maps Bobby Sumarkho

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa dilakukan pengunjung di tempat wisata Danau Kaolin ini adalah bersepeda. Kegiatan ini sangat menyenangkan karena Anda bisa berjalan-jalan di sekitar kawasan danau ini tanpa merasa lelah. Bersepeda juga bisa membuat tubuh lebih rileks dan ringan. Jadi cobalah untuk melakukan aktivitas yang satu ini saat mengunjungi danau yang indah ini.

4. Bersantai

Bersantai dengan duduk-duduk di area laut dan menikmati panorama alam merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Anda bisa merasakan hembusan udara segar secara perlahan untuk mendapatkan suasana yang tenang dan damai di dalam. Aktivitas yang satu ini juga bisa dilakukan sendiri jika tidak ingin diganggu.

Namun, jika Anda ingin bersantai sambil mengobrol, Anda bisa mengajak teman atau kerabat. Dengan makanan ringan dan minuman hangat menjadi lebih menyenangkan. Kegiatan ini cocok bagi Anda yang ingin menjernihkan pikiran dan menghilangkan stres dari masalah yang dihadapi.

Fasilitas yang tersedia di Belitung Kaolin Lake

Fasilitas Danau Kaolin BelitungsKredit Foto: Google Maps Riyan Yefta Purba

Meski merupakan salah satu tempat wisata di Bangka Belitung yang paling terkenal, namun fasilitas di sana belumlah lengkap. Pasalnya, lokasi tersebut tidak dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Namun, bukan berarti tempat wisata yang satu ini terabaikan. Pasalnya, alamnya masih sangat alami dan pengunjung tidak merugikan tempat wisata tersebut.

Bagi Anda yang ingin berlibur ke sana selama beberapa hari, Anda bisa menginap di beberapa hotel yang ada di Kota Tanjung Pandan. Harga yang dipatok oleh masing-masing hotel juga berbeda-beda tergantung fasilitas yang bisa didapatkan oleh para pengunjung.

Namun, ketika Anda mengunjungi danau yang indah ini, Anda tidak perlu repot membawa bekal makanan dari rumah. Pasalnya, sudah ada beberapa penjual makanan yang berjualan sambil berjalan-jalan di sekitar area danau.

Nah, itulah sekian banyak informasi terkait Danau Kaolin. Jadikan tempat wisata yang satu ini sebagai referensi yang wajib kamu kunjungi saat liburan di Belitung.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button