Berita Wisata

Saat menjelajah Pantai Siung Gunungkidul, ada arena panjat tebing!

Solo

Jalan-jalan ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memang paket lengkap. Wisatawan dapat berjalan-jalan di kota warisan sambil mengenali budayanya yang unik.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan alam bisa menuju ke selatan, tepatnya ke kawasan Gunungkidul. Ada banyak pantai yang indah untuk dikunjungi.

Salah satunya adalah Pantai Siung. Dikutip dari laman jogjaprov.go.id, pantai ini terletak di Duwet Duwet, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Berjarak 77 km dari Kota Jogja, Pantai Siung dapat ditempuh dalam waktu 2-3 jam.

Sepanjang perjalanan Anda akan menemukan jalan yang berkelok-kelok dan cenderung gersang saat musim kemarau. Namun, sesampainya di Pantai Siung, rasa lelah selama perjalanan terbayar.

Wisatawan akan disuguhi pemandangan air laut yang biru dengan tepian pasir putih yang indah. Belum lagi hamparan batu karang berbentuk taring yang membuat pantai ini terlihat eksotis.

Banyaknya karang berbentuk taring, atau dalam bahasa Jawa disebut cengkeh, menjadi dasar nama Pantai Siung untuk kawasan tersebut.

Tentunya wisatawan bisa leluasa bermain air laut di pantai yang indah ini. Namun, tentunya wisatawan harus selalu waspada dengan ombak di pantai Laut Selatan yang terkadang cukup besar.

pantaiPanjat tebing di pantai Siung. Foto: (Fikri oktaviani/d’Traveler)

Pantai ini juga memiliki batu karang yang mengesankan. Awalnya ada turis yang mencoba memanjat tebing di atas batu karang.

Saat ini, tempat ini menjadi tempat favorit untuk panjat tebing dan memiliki sekitar 250 jalur dengan tingkat kesulitan yang bervariasi.

Untuk memasuki kawasan Pantai Siung, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Tiket masuk ini sudah termasuk tiket Pantai Nglambor dan Pantai Jogan yang bersebelahan dengan Pantai Siung.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Siung cukup lengkap, seperti tempat parkir, kamar mandi, mushola, dan warung makan.

Tonton video “Menuruni Air Terjun Sri Gethuk, Gunung Kidul”
[Gambas:Video 20detik]
(ah me)

Source: www.detik.com

Related Articles

Back to top button