Berita Wisata

5 tips wisata di Pantjoran PIK, bawa power bank

KOMPAS.com – Kawasan Pantjoran Pantai Indah Kapuk (PIK) di Jakarta Utara menampilkan suasana Pecinan yang khas melalui ragam arsitektur kuliner dan pertokoan Tionghoa Peranakan, serta konsep yang didominasi warna merah dan emas.

Selain kuliner, pengunjung juga bisa berfoto selfie di hampir setiap sudut PIK Pantjoran yang unik dan Instagrammable.

Baca juga:

Nah, karena cuaca yang masih tidak menentu, bagi Anda yang ingin ke sini, sepertinya penting untuk mengetahui tips berikut ini, mulai dari akses transportasi umum hingga barang-barang wajib yang harus dibawa, agar perjalanan tetap maksimal dan menyenangkan.

Berikut adalah beberapa tips yang Kompas.com ringkasan kunjungan lapangan Jumat (7/10/2022).

1. Akses transportasi umum ke Pantjoran PIK

Untuk Pantjoran PIK naik TransJakarta bisa menjadi cara yang nyaman dan hemat. Karena dengan tarif Rp 3.500, kamu sudah bisa sampai di sana.

Untuk menuju Pantjoran PIK, referensi terdekat adalah Food Street PIK. Bus TransJakarta yang digunakan memiliki kode 1A (Pantai Maju-Balaikota).

Bagi Anda yang datang dari stasiun Jakarta Kota, Anda bisa berjalan kaki sedikit sekitar 500 meter ke halte Kali Besar Barat yang berada di depan taman Fatahillah untuk langsung naik bus ini. Waktu tempuh sekitar 50 menit saat kondisi lalu lintas bebas

Suasana Pecinan di kawasan Pantjoran PIK, Jakarta UtaraKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Sensasi Pecinan di kawasan Pantjoran PIK, Jakarta Utara

Anda juga bisa naik bus TransJakarta 1A dari halte Monas dan turun di halte Food Street PIK, setelah Buddha Tzu Chi. Setelah itu lanjutkan jalan kaki sekitar 200 meter menuju Pantjoran PIK.

Jika Anda mencari pilihan lain ke Pantjoran PIK, Anda bisa berhenti di stasiun Duri dan terus naik shuttle bus langsung ke Pantjoran PIK 2 yang disediakan oleh TRON Shuttle.

Baca Juga: Jakarta Travel Fair Digelar 7-9 Okt 2022 di Balikpapan

“Tadi kita dari stasiun Duri, kita langsung naik shuttle bus depan stasiun Duri, cukup sekali naik, bisa bayar, bisa scan uang elektronik, flash card, bisa. uang tunai Harganya juga 15.000 rupiah, haltenya persis di sebelah klenteng,” kata salah satu pengunjung PIK Pantjoran bernama Nadia. Kompas.comJumat.

Begitu pula untuk pulang, Anda bisa menunggu shuttle TRON di dekat Klenteng PIK Pantjoran.

Atau jalan kaki sedikit ke halte Melody Golf 2 untuk naik TransJakarta nomor 1A ke stasiun Jakarta Kota.

2. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantjoran PIK

Berdasarkan pemantauan Kompas.com Di lapangan (7/10/2022), waktu terbaik berkunjung ke PIK Pantjoran adalah pagi atau sore hari.

Suasana Pecinan di kawasan Pantjoran PIK, Jakarta UtaraKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Sensasi Pecinan di kawasan Pantjoran PIK, Jakarta Utara

Memang cuaca langit ibu kota akhir-akhir ini tidak menentu dan cenderung hujan pada sore menjelang sore hari.

Sedangkan jika Anda datang larut malam, Anda bisa melihat keindahan gemerlap lampion merah-oranye yang cantik dari setiap ruko. Ini benar-benar menyenangkan mata dan tampak hebat sebagai konten.

3. Bawa payung dan sepatu yang nyaman

Payung dan sepatu yang nyaman menjadi pelengkap perjalanan ke PIK Pantjoran di tengah musim hujan saat ini.

Agar tidak mudah sakit, dokter menyarankan semua orang menyiapkan payung dan jaket.Unsplash/Craig Whitehead Agar tidak mudah jatuh sakit, dokter menyarankan semua orang untuk menyiapkan payung dan jaket.

Area Pantjoran PIK cukup luas dan estetis tentunya sayang untuk dilewatkan, jadi pakailah sepatu yang nyaman saat berjalan-jalan di area ini sambil mencari foto.

4. Pakai pakaian karangan bunga

Bagi pengunjung yang ingin berfoto dengan latar belakang bangunan estetis ala Chinatown, Anda harus bersiap-siap pakaian apa yang menarik.

Suasana Pecinan di kawasan Pantjoran PIK, Jakarta UtaraKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Sensasi Pecinan di kawasan Pantjoran PIK, Jakarta Utara

Kenakan pakaian terbaik Anda dan cari referensi gaya agar Anda bisa menghasilkan foto yang terlihat bagus. Mungkin Anda bisa memilih pakaian berwarna cerah untuk memberikan kesan ceria.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk dan Akomodasi di Hutan Mangrove PIK

Perhatikan, ada beberapa spot dinding foto di dinding yang cocok sebagai background foto. Jadi Anda bisa mengenakan pakaian gelap dari atas ke bawah, untuk membuatnya menonjol dalam berbagai warna.

5. Siapkan Bank Daya

Paling penyewa nuansa hadir Di luar. Itu sebabnya Anda perlu membawa pengisi daya (Bank Daya) dengan memainkan Pantjoran PIK.

Suasana Pecinan di kawasan Pantjoran PIK, Jakarta UtaraKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Sensasi Pecinan di kawasan Pantjoran PIK, Jakarta Utara

Apalagi jika Anda berencana mengejar foto seharian di lokasi ini. Daripada bingung mencari colokan, lebih baik menyediakannya langsung.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita Baru setiap hari di Kompas.com. Jom join grup telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu join. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Back to top button