Tempat Wisata

Pantai Pulau Merah Banyuwangi – atraksi, aktivitas liburan, tempat dan harga tiket

Pemandangan, aktivitas liburan, lokasi & harga tiketPantai Pulau Merahwisata pantai terkenal di Banyuwangi dengan pemandangan perbukitan yang indah di dekat pantai.

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Dusun Pancer, Sumragung, Kec. Pesanggaran, Kab.Banyuwangi, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Banyuwangi adalah sebuah daerah di bagian paling timur pulau Jawa. Sebagai daerah paling terpencil, Banyuwangi menawarkan sejuta keindahan alam yang layak untuk dikunjungi. Panorama alam seperti pegunungan hingga pantai yang eksotis memastikan wisatawan betah berlama-lama di sana.

Pantai Pulau Merah merupakan salah satu tujuan wisata utama selama Anda berlibur di Banyuwangi. Pasir putihnya yang halus dan bersih menarik wisatawan untuk bermain dan menikmati keindahan pantai. Pantainya yang panjang bisa mengundang pengunjung untuk berlama-lama.

Tak cukup sampai di situ saja, kawasan Pulau Merah juga menawarkan berbagai fasilitas yang bisa menunjang kegiatan liburan. Pelayanan dan fasilitas tempat yang baik menjadikan Pantai Pulau Merah sebagai tuan rumah olahraga nasional tahun 2018. Fasilitas yang memadai ini dapat menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Atraksi Pantai Pulau Merah

Atraksi Pantai Pulau MerahKredit foto: Google Maps Dony Agus Siswanto

Pantai yang indah ini telah menjadi tujuan wisata unggulan bagi masyarakat Banyuwangi. Keindahan alamnya membuat wisatawan menikmati setiap jengkal ciptaannya di pesisir timur pulau Jawa.

1. Pasir putih bersih dan halus

Pantai Pulau Merah memiliki pasir putih yang lembut dan bersih. Setibanya Anda akan disambut oleh pantai berpasir yang luas dan bersih. Pada siang hari atau saat matahari sedang berada di tengah, pemandangan indah ini semakin mempesona, karena pasir putih dan birunya air laut menciptakan gradasi warna yang menarik dan memukau semua orang.

2. Panorama matahari terbenam yang menawan

Menikmati sunset di pantai ini merupakan pengalaman yang mengasyikkan. Menyaksikan proses sunset di tempat ini akan membuat Anda terpesona. Air biru laut lepas dan warna jingga menyatu menjadi satu kesatuan yang sangat mempesona. Pemandangan ini semakin indah saat cuaca cerah.

Seperti pemandangan di film-film, panorama sunset di Pulau Pantai Merah semakin menarik karena terdapat bukit Pulau Merah yang menjulang di atas permukaan laut. Waktu terbaik untuk menikmati matahari terbenam di tempat ini adalah antara pukul 16:00 hingga 18:00.

3. Garis pantai yang panjang

Daya tarik lain dari Pantai Pulau Merah adalah garis pantainya yang panjang dan lebar. Sejauh mata memandang Anda disuguhi pasir putih dan perbukitan hijau yang tampak mengelilingi pantai.

Pasir putihnya yang lembut bisa dimanfaatkan wisatawan untuk bermain atau bersantai sambil berjalan santai tanpa alas kaki. Menikmati pemandangan laut lepas dan pepohonan hijau di seberangnya menjadi pengalaman liburan yang menyenangkan.

4. Bukit Pulau Merah yang terkenal

Pemandangan di Pantai Pulau MerahSumber Gambar: Google Maps Bayu Krisnapaty

Daya tarik pantai ini sebenarnya berada di atas bukit. Bukit yang tidak jauh dari pantai terdiri dari bebatuan merah alami yang ditumbuhi pepohonan hijau. Bentuknya yang menjulang tinggi seperti bukit telah menjadi ikon pantai.

5. Pura Tawang Alun yang legendaris

Di sebelah bukit ada objek yang menarik perhatian wisatawan, sebuah pura di kawasan pantai. Pura Tawang Alun merupakan pura Hindu yang biasa digunakan untuk ziarah atau acara-acara tertentu.

6. Ombak yang tepat untuk berselancar

Daya tarik selanjutnya adalah adanya ombak yang bagus untuk para peselancar. Ombaknya yang cukup tinggi mampu menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Ombak yang bagus membuat pantai ini menjadi tempat diadakannya kompetisi selancar bertaraf internasional.

Alamat, rute, lokasi dan harga tiket Pantai Pulau Merah

Alamat Pantai Pulau MerahKredit foto: Google Maps Wira Raharja

Wisata bahari ini terletak di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Secara keseluruhan, lokasi pantai ini cukup jauh dari pusat kota. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena jalan menuju objek wisata sudah beraspal dengan baik sehingga memungkinkan kendaraan bermotor untuk lewat.

Jika Anda berangkat dari pusat kota Banyuwangi, dibutuhkan waktu sekitar dua jam untuk sampai ke pantai. Dari Banyuwangi, Anda bisa menuju ke selatan menuju kawasan Srono, tepatnya. Setelah menginap di kawasan Srono, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Kesilir dan mendarat di pantai Pulau Merah. Jalan menuju pantai biasanya berkelok-kelok, tapi jangan khawatir, ada petunjuk arah di setiap perempatan.

Untuk menikmati panorama alam kawasan pantai ini, wisatawan dikenakan biaya masuk. Harga tiket yang ditampilkan dibagi antara pengunjung domestik dan asing. Ada biaya sebesar Rp 10.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 100.000 untuk wisatawan asing.

Harga di atas belum termasuk dalam harga parkir kendaraan. Bagi wisatawan yang membawa sepeda motor dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 dan biaya parkir mobil sebesar Rp 5.000.

Hal menarik yang bisa dilakukan di pantai Pulau Merah

Aktivitas Menarik Pantai Pulau MerahSumber gambar: Google Maps Praptana Mardipuspito

1. Jalan santai di sepanjang pantai

Jalan-jalan santai adalah cara yang tepat untuk menikmati pemandangan Pantai Pulau Merah ini. Sambil menikmati luasnya lautan dan suasana yang asri, merupakan cara yang tepat untuk menenangkan pikiran dari penatnya aktivitas sehari-hari. Pantai yang panjang dan pasir putih yang lembut membentuk satu kesatuan yang lengkap untuk mengagumi keindahan pantai yang eksotis ini.

2. Berjemur di bawah payung

Tak mau kalah dengan pulau tetangga yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, pantai yang mempesona ini juga memudahkan setiap pengunjung untuk memiliki payung di pinggir pantai. Hal ini untuk menarik wisatawan dan membuat pengunjung betah berlama-lama di pantai ini.

3. Menikmati matahari terbenam

Aktivitas yang menarik untuk dilakukan di pantai adalah menikmati matahari terbenam. Momen sunset ini dikejar oleh para wisatawan yang mengunjunginya dengan sengaja untuk melihat proses sunset. Panorama matahari terbenam ini adalah momen terbaik untuk menikmati pemandangan pantai yang menakjubkan.

4. Memancing di kapal

Bagi Anda yang sedang mencari aktivitas baru saat berlibur, wisata perahu sambil memancing adalah pilihan yang tepat. Perahu nelayan bisa disewa di pesisir pantai. Para nelayan biasanya menyewa perahu dengan kapasitas penumpang sekitar 8 orang.

5. Berselancar di ombak yang menantang

Pantai Pulau Merah terkenal dengan ombaknya yang bersahabat namun juga cukup tinggi antara 3-5 meter. Ombak pantai yang bergulung-gulung di pantai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan bahkan pantai ini dijadikan sebagai tempat diadakannya kompetisi selancar internasional yang bergengsi.

Tidak ada papan selancar bersamamu? Jangan khawatir karena di sini Anda bisa menyewa papan selancar tanpa repot membawanya dari rumah. Bagi Anda yang tertarik berselancar tapi belum pernah mencobanya, ada kursus atau tutor khusus untuk pemula yang akan memandu Anda berselancar di papan tulis.

6. Kunjungan langsung ke Bukit Pulau Merah

Kunjungan ke pantai ini tidak lengkap tanpa melihat puncak bukit yang ikonik. Sekitar 100 m dari pantai, Anda dapat menikmati panorama alam yang unik dengan bebatuan merah. Wisatawan biasanya menyeberang saat air sudah surut sehingga perjalanan lebih mudah dan aman.

7. Mengunjungi Pura Tawang Alun

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di pantai yang mempesona ini adalah mengunjungi Pura Tawang Alun. Tidak jauh dari pantai, tepatnya di jalan menuju tempat parkir, Anda akan menemukan keberadaan sebuah pura. Sayangnya, candi ini tidak selalu dibuka, hanya pada waktu-waktu tertentu atau saat peziarah datang.

8. Bermain layang-layang

Intensitas angin yang cukup kencang di Pantai Pulau Merah bisa Anda manfaatkan untuk bermain layang-layang. Kegiatan ini cukup seru karena bermain layang-layang berlangsung di lanskap yang indah ditemani deburan ombak yang menenangkan.

9. Menginap semalam dan mendirikan tenda

Jika kurang puas di tempat ini, Anda bisa berkemah di area pantai dan mendirikan tenda. Jika Anda tidak membawa tenda dari rumah, Anda bisa menyewanya di sini. Untuk bermalam di tempat ini, Anda harus mendapatkan izin pengelola terlebih dahulu.

10. Memotret tempat-tempat menarik

Berfoto di pantai yang indah ini merupakan kegiatan yang tak terlupakan. Ada banyak tempat menarik untuk diabadikan, salah satunya adalah bukit pulau merah dengan suasana sunset yang romantis. Pantai Pulau Merah juga merupakan lokasi yang bagus untuk foto pre-wedding karena pemandangannya yang sangat indah.

Akomodasi tepi pantai murah di Pulau Merah

Akomodasi tepi pantai murah di Pulau MerahKredit foto: Google Maps Dewi Fariskiana

1. Kamp Selancar Mojo Pulau Merah

Penginapan yang nyaman ini memiliki banyak fasilitas untuk memanjakan para pengunjungnya. Sebut saja kolam renang, Wi-Fi, sarapan gratis hingga akses langsung pantai. Banyak wisatawan yang memilih tempat ini karena selain fasilitasnya juga menawarkan harga yang cukup terjangkau.

2. Pondok Wisata Rumah Rumah mertua

Salah satu properti di dekat Pantai Pulau Merah adalah Pondok Wisata Rumah Mertua. Kedengarannya unik dan menyenangkan, tapi itulah namanya. Jarak dari penginapan ke pantai hanya sekitar 5 menit.

3. Di selatan Amita

Salah satu akomodasi dengan peralatan yang cukup mewah dan interior yang bagus. Pemandangan dari penginapan ini juga sangat menakjubkan karena terlihat langsung ke pantai. Banyak wisatawan yang menjadikan penginapan ini sebagai tempat istirahat.

4. Homestay di Pulau Merah Panjul

Penginapan ini menjadi pilihan tepat bagi anda yang berlibur dengan bujet minimalis namun tetap mengutamakan kenyamanan. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, seperti persewaan sepeda, area merokok, parkir untuk kamar mandi bersih.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Pulau Merah

Fasilitas Pantai Pulau MerahKredit foto: Google Maps sukron arsabonta

Pengelola wisata pantai ini telah menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan wisata. Fasilitasnya juga cukup lengkap, seperti tempat persewaan peralatan selancar, perahu, perlengkapan camping, alat pancing dan kursus selancar untuk pemula.

Selain itu, terdapat fasilitas penunjang kebutuhan seperti toilet, mushola, tempat parkir, restoran, kursi dan payung untuk berjemur, dan gazebo. Dengan fasilitas tersebut, pengunjung dapat menikmati liburan yang nyaman dan aman.

Demikian gambaran tentang pesona Pantai Pulau Merah, rute menuju fasilitas tempat wisata tersebut. Liburan di pantai eksotis ini tidak akan membuat Anda khawatir dan menyesal, karena semua fasilitas telah dikelola dan ditata dengan baik.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button