Tempat Wisata

Tiket Masuk Pantai Siung Gunung Kidul 2022, Gambar, Bukit dan Tebing

Pantai Siung memiliki keunikan yang jarang dimiliki pantai lain, yaitu gugusan tebing yang terjal dan menjulang tinggi.

Pantai Siung yang IndahGambar dari Pantai Siung via instagram.com/nini.nana1011/

Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Rp 10.000.00
Nomor telepon:
Aktivitas: Berenang di kolam alami, jalan-jalan, berkemah, memanjat tebing, melihat monyet, berfoto, naik hammock
Waktu terbaik: Pagi atau malam
Membawa: Topi, air minum, ransel, tenda, kamera, baju ganti, sandal
Melarang: Dilarang membawa makanan berlebihan dan lelucon berlebihan saat mendaki tebing
Alamat: Duwet Duwet, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta
Fasilitas umum: Tempat parkir, toilet, mushola, stand makanan, perkemahan
Akses jalan: Musim semi
Bisnis: Ada
Peta Daring: tunjukkan peta

Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang memiliki potensi wisata yang sangat besar. Bersyukurlah bagi Anda yang tinggal di Gunung Kidul karena daerah ini dianugerahi keindahan yang luar biasa oleh Sang Pencipta.

Potensi wisatanya terletak pada deretan pantai yang berjejer rapi di sisi selatan kabupaten ini. Pantai ini tidak hanya sebatas pemandangan laut dan pasir saja, tetapi juga pegunungan, perbukitan, air terjun dan berbagai taman yang indah.

Salah satu pantai yang akan dijelajahi tim dolanyok.com adalah Pantai Siung. Anda akan terkagum-kagum saat mengetahui keindahan pantai ini.

Pantai Siung yang IndahVia instagram.com/wisatadiyogyakarta/

Pantai Siung SiungMelalui instagram.com/infoalamjogja/

Jembatan Pantai SiungMelalui instagram.com/exploralamajogja/

Pantai Siung yang ramaiMelalui instagram.com/anis_fa5/

Lihat Pantai SiungMelalui instagram.com/anis_fa5/

Sekilas Tentang Pantai Siung

Salah satu pantai yang wajib dikunjungi di Yogyakarta adalah Pantai Siung. Pantai ini menawarkan banyak keunikan dan keindahan.

Pantai ini memang terkenal dengan pantainya yang berpasir putih dan bebatuan yang menonjol di sana-sini. Saat air surut Anda dapat melihat banyak karang di tengah dan di tepi laut.

Karang juga bertindak sebagai penghalang gelombang. Kecepatan air yang dibasahi oleh karang membentuk kolam alami yang biasa digunakan wisatawan sebagai tempat bermain air.

cerita

Tahukah Anda bahwa pantai ini berperan penting pada zaman Wali Songo? Pantai ini merupakan salah satu dari sekian banyak pusat komersial di daerah Gunung Kidul dan Yogyakarta.

Saat itu, masyarakat di wilayah pesisir ini berprofesi sebagai petani garam. Mereka menjual hasil garamnya ke pasar terdekat di daerah tersebut, yaitu daerah Winangun.

Kemudian pasar berpindah ke kota Yogyakarta yaitu di Jowinagun yang artinya daerah di luar Winangun. Akibatnya, mereka kehilangan pekerjaan karena tidak bisa lagi menjual hasil panen garam mereka.

Secercah harapan datang pada tahun 1989 ketika sekelompok pecinta alam dari Jepang menjelajahi wilayah tersebut. Anda akan melakukan perjalanan dan menjelajahi terumbu karang di kawasan pantai.

Banyak pecinta alam mendaki di kawasan terumbu karang. Hal ini menarik perhatian masyarakat luas bahkan kompetisi panjat tebing tingkat Asia diadakan di pantai ini.

Sejak event nasional, pantai ini semakin ramai dikunjungi dan dikenal masyarakat luas. Hal ini bertahan sampai hari ini dan telah menyebabkan fakta bahwa pantai ini dikunjungi oleh banyak wisatawan.

asal nama

Adakah yang istimewa dari asal usul pantai ini? Ternyata penamaan Siung memiliki sejarah yang unik.

Kata cengkeh yang berarti gigi taring berasal dari kondisi terumbu karang di sekitar pantai. Karangnya berbentuk seperti gigi taring monyet. Mengapa mereka disebut taring monyet?

Dikatakan bahwa banyak monyet ekor panjang sering muncul di atas batu besar. Jadi inilah asal mula nama pantai ini.

alamat

Pantai ini terletak 70 km sebelah timur kota Yogyakarta dan memiliki alamat Dusun Duwet, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Baca Juga : Pantai Baron

Biaya masuk

Harga tiket masuk objek wisata pantai ini rata-rata terjangkau. Untuk menjelajahi pantai ini Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp10.000/orang.

perabot harga tiket
tiket masuk Rp10.000/orang
puncak tebing Rp5.000/orang
PARKIR MOTOR Rp 2.000,00/orang
area parkir Rp5.000/orang
Biaya kebersihan (hanya berkemah) Rp 10.000.00

jam operasional

Objek wisata pantai ini tidak memiliki jam buka yang tetap, jadi Anda bisa datang kapan saja. Selain itu, pantai ini juga terbuka untuk berkemah, jadi Anda bisa datang kapan saja.

perabot

Pantai ini memiliki fasilitas seperti pantai-pantai lain di Gunung Kidul.

  • area parkir
  • Toilet
  • ruang sholat
  • warung makan
  • tempat perkemahan

Jika Anda ingin beribadah, jangan khawatir, Anda bisa beribadah dengan nyaman di mushola yang telah disediakan.

aktivitas

Pantai ini memiliki daya tarik yang luar biasa dengan berbagai aktivitas yang sangat seru.

  • Berkemah di pantai
  • Mendaki
  • atas bukit
  • tempat tidur gantung

Pergi ke pantai bukan hanya tentang bermain air, ada banyak kesempatan untuk melakukan aktivitas yang menantang di pantai ini.

keunikan

Pantai ini memiliki pesona unik yang membuatnya berbeda dengan pantai lainnya. Berikut rangkuman keunikan pantai ini, menjadikannya magnet yang kuat bagi wisatawan.

Kolam alami

Kolam alami ini terbentuk karena air terperangkap di balik batu besar. Banyak wisatawan yang memilih bermain di kolam ini daripada bermain di tengah laut.

Oleh karena itu, wisatawan yang membawa anak-anak diharapkan selalu waspada. Karena kolam ini bisa mencapai ketinggian 1 meter di titik terdalamnya. Hal ini tentu cukup berbahaya bagi balita atau anak-anak yang tidak bisa berenang.

jurang

Keunikan kedua adalah tebing-tebing yang menjulang tinggi. Letak tebing ini berada di sisi kiri pantai ini. Tebing ini pertama kali ada karena tebing ini sering digunakan untuk pendakian oleh para pecinta alam Jepang.

Pemerintah Gunung Kidul juga melihat potensi wisata yang bagus. Oleh karena itu, mereka mengembangkan objek wisata di tempat ini dengan membangun jalan setapak berupa jembatan.

Jalur tersebut membawa wisatawan ke puncak tebing. Dari atas tebing ini Anda bisa melihat pemandangan di sekitar pantai dari atas. Anda juga bisa menikmati pemandangan sunset yang berwarna jingga dari atas tebing ini.

Monyet Liar

Kera ekor panjang dapat ditemukan di sekitar kawasan pantai ini. Anda juga bisa bermain dengan mereka tetapi Anda harus berhati-hati karena mereka suka makan.

Sehingga wisatawan yang membawa sembako perlu berhati-hati. Simpan makanan dan minuman Anda dalam kantong tertutup.

air mancur alami

Air mancur alami ini tercipta dari deburan ombak yang sangat kuat menghantam dinding tebing dan bebatuan. Air juga mengalir di antara lekukan batu, menciptakan perasaan seperti air mancur. Pemandangan ini biasanya ditemukan pada pagi atau sore hari.

perahu Memancing

Masyarakat pesisir ini sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan. Karena itu, Anda melihat pemandangan kapal yang terus bergerak. Para nelayan akan melabuhkan perahu mereka di pantai ini.

Tak sedikit wisatawan yang menggunakan perahu ini sebagai latar untuk berfoto. Warna-warna cerah perahu menambah nilai artistik dari foto yang diambil.

berkemah

Pantai ini tidak bisa dinikmati hanya dengan melihatnya. Anda bisa menikmati kealamian dan keindahan pantai ini sambil berkemah.

Pengelola sudah menyiapkan area khusus untuk camping. Biasanya di akhir pekan tempat perkemahan ini dipenuhi wisatawan yang ingin berkemah.

pertanyaan dan jawaban

Di bawah ini adalah pertanyaan tentang pantai ini yang sering ditanyakan oleh calon wisatawan.

Menyimpulkan

Objek wisata Pantai Gunung Kidul Siung memang indah dan eksotis. Meski jaraknya agak jauh, pantai ini tidak ada bandingannya.

Keunikan pantai ini tidak jauh dari pantai lainnya. Jadi jangan lewatkan keunikan pantai yang eksotis ini. Jadi kapan Anda akan mengajak keluarga atau teman terdekat Anda untuk berlibur di pantai unik ini?

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button