Berita Wisata

Tingkatkan produksi alga ramah lingkungan, ini tekniknya

tanpa judul

YOGYA – Rumput laut merupakan komoditas dengan potensi ekonomi yang menjanjikan. Di DIY, banyak sekali potensi rumput laut di pantai-pantai Kabupaten Gunungkidul.

Untuk lebih memberdayakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) rumput laut di DIY, tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) IST AKPRIND Yogyakarta memberikan bantuan peralatan produksi rumput laut kepada Yuwono, pengusaha rumput laut Ora Food di Sumberwungu, Tepus, Gunungkidul.

Tim AKPRIND PKM IST dengan Ketua Ani Purwanti ST MEng terdiri dari Dr Muchlis SP MSc, Satriawan Dini Hariyanto ST MEng dan dibantu oleh Dra Suparni Setyowati Rahayu MSi dan Fajar Yulianto Prabowo SPd MEng. Tim ini menerima hibah PKM dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan judul Penerapan Teknologi Ramah Lingkungan untuk Pengobatan Alga Dalam Upaya Menuju Ekonomi Biru bagi UKM Ora Food, di Sumberwungu, Tepus, Gunungkidul, Region

Istimewa Yogyakarta.

Ani Purwanti menjelaskan alat yang disediakan adalah mesin cuci,

pemeras, pengering dan digester. “Tim berharap pengadaan alat pengolahan dan produksi dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi pangan rumput laut di Gunungkidul,” kata Ani, Minggu (10/9/2022).

Menurut Muchlis, program ini juga melibatkan sepuluh mahasiswa dari program sarjana Teknik Mesin, Teknik Kimia dan Teknik Lingkungan.

Satriawan menjelaskan, mesin cuci yang disediakan dilengkapi dengan fungsi mekanis untuk mengangkat pasir dari permukaan rumput laut Ulva lactuca, sehingga hasil olahan rumput laut menjadi lebih bersih. Selain itu, mesin pemotong rumput

Laut ini dilengkapi dengan nozzle yang berfungsi untuk meningkatkan kecepatan pancaran air yang digunakan untuk membersihkan pasir yang menempel di permukaan rumput laut.

“Proses pencucian alga dilakukan dengan gerakan translasi, jadi jenis-jenis alga

Tekstur lembut seperti spesies Ulva lactuca dapat diproses tanpa merusak tekstur alga,” jelasnya.

Muchlis menambahkan, pencucian bisa dilakukan dengan air laut atau air tawar, karena bahan penyusun mesin ini terbuat dari bahan tahan karat. (san)

Source: www.krjogja.com

Related Articles

Back to top button