Berita Wisata

[POPULER JABODETABEK] Gempa Banten Magnitudo 5,5, Kisah Berang-berang di Kali Ciliwung, Antrian Foto di Halte Bundaran HI

JAKARTA, KOMPAS.com – Berita gempa tektonik 5,5 magnitudo yang mengguncang wilayah Banten itu dicari pembaca di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada Minggu (10/9/2022).

Pada saat yang sama, keberadaan berang-berang yang semakin sulit ditemukan di sungai-sungai kota besar juga banyak dibaca. Padahal, sungai merupakan habitat asli hewan air ini.

Saat itu, masyarakat terlihat berbondong-bondong menuju halte Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta Pusat untuk mengabadikan momen foto dengan latar monumen selamat datang. Juga menarik perhatian pembaca. Berikut adalah presentasinya:

Baca juga: Selamat Tinggal, Anies: Semoga Tugas Jakarta dan Indonesia Tidak Berakhir

1. Gempa di Banten, terasa sampai Jakarta

Gempa tektonik dengan magnitudo 5,5 mengguncang wilayah Banten, Minggu (9/10/2022).

Berdasarkan data terakhir Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa ini berpusat di 26 kilometer barat daya Bayah, Banten pada pukul 17.02 WIB.

Kedalaman gempa ini terjadi sekitar 12 kilometer. Getaran akibat gempa dirasakan oleh masyarakat sekitar selama beberapa detik, termasuk di Jakarta. Pelajari lebih lanjut di sini.

Baca Juga: Waspadai Sesar Baribis, BPBD DKI Akan Sosialisasikan Mitigasi Gempa

2. Berang-berang itu langka

Keberadaan berang-berang semakin sulit ditemukan di sungai-sungai kota besar. Padahal, sungai merupakan habitat asli hewan air ini.

Bersama komunitas Asta Indonesia dan Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (Kehati), Kompas.com berupaya menelusuri Sungai Ciliwung, tepatnya di bawah jembatan di kawasan Grand Depok City (GDC), Depok, Jawa Barat, Sabtu (8 /10/2022).

Saat itu, jalur menuju tempat yang diduga sarang berang-berang cukup sulit untuk dilalui. Pelajari lebih lanjut di sini.

Baca juga: BERITA FOTO: Pencarian Jejak Berang-berang di Kawasan Kali Ciliwung, Depok

3. Antrian foto di bundaran HI untuk konten media sosial

Warga memadati halte Bundaran Hotel Indonesia (HI) di Jakarta Pusat untuk mengabadikan momen foto dengan latar monumen selamat datang.

Seorang warga bernama Agus mengatakan, desain halte bundaran yang menarik dapat menarik pengunjung untuk berfoto selfie di halte yang belum beroperasi secara resmi.

“Saya kira bagus, jadi mungkin ada spot foto baru,” kata Agus saat ditemui di lokasi, Minggu (9/10/2022). Pelajari lebih lanjut di sini.

Baca Juga: Saat Warga Menuju Bundaran HI, Berhenti Saja Berfoto Dengan Latar Belakang Patung Selamat Datang…

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita Baru setiap hari di Kompas.com. Jom join grup telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu join. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: megapolitan.kompas.com

Related Articles

Back to top button