Tempat Wisata

Pulau Sikuai Padang – Pemandangan, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Perjalanan

Pemandangan, Aktivitas Liburan, Lokasi & BiayaPulau Sikuai salah satu pulau terindah yang membuatnya menarik untuk dijelajahi pesonanya mempersiapkan, Sumatera Barat. Pulaunya masih asri, pantainya dengan pasir putih dan pemandangan alam yang menakjubkan.

Biaya Tur: Mulai dari Rp600.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Teluk Kabung Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat; map: Cek lokasi

Pulau Sikuai adalah sebuah pulau di Sumatera Barat yang terletak di lepas pantai dan di perairan kota Padang dan terletak di Teluk Bungus Kecamatan Kabung. Pulau ini merupakan salah satu dari 19 pulau di Wilayah Administratif Padang. Luas pulau ini sekitar 38,6 kilometer persegi atau sekitar 44,4 hektar.

Pulau cantik ini telah dikembangkan sebagai objek wisata bahari oleh pemerintah sejak tahun 1994. Di sini wisatawan asing maupun lokal yang berkunjung dapat menikmati keindahan laut sambil berenang, snorkeling, trekking, menyelam, memancing atau sekedar berjalan-jalan di pantai melihat pemandangan.

Pengunjung Pulau Sikuai juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang sudah tersedia di sini. Fasilitas yang tentunya dapat membantu memenuhi kebutuhan Anda di pulau ini. Segala kebutuhan mulai dari akomodasi, warung makan, fasilitas untuk menikmati alam bawah laut dan masih banyak lagi di pulau ini.

Pemandangan pulau Sikuai

Pemandangan Pulau Sikuai, PadangSumber gambar: Twitter padek

Pulau Sikuai merupakan salah satu tempat wisata di Kota Padang yang wajib dikunjungi saat berwisata di Sumatera Barat. Di pulau ini Anda bisa bersantai dan menunggu matahari terbenam sambil berjalan untuk mengisi waktu. Berikut adalah objek wisata yang dimiliki pulau ini.

1. Perbukitan Hutan Tropis yang Dapat Dijelajahi

Dari atas bukit, pengunjung tidak hanya dapat melihat pemandangan laut yang indah, tetapi juga pemandangan pulau-pulau kecil yang terletak di bawah bukit. Saat cuaca cerah dan senja tiba, pengunjung juga bisa melihat sunset dengan warna yang sangat indah.

Untuk sampai ke bukit ini, pengunjung membutuhkan waktu sekitar 30 menit berkendara. Namun, pengunjung tidak perlu khawatir menemukan pemberhentian untuk mendaki bukit ini. Karena sudah disediakan sekitar 369 langkah.

2. Panorama matahari terbenam yang indah

Saat matahari terbenam Anda bisa menikmati perpaduan warna di sini dan suasananya begitu asri. Warna matahari terbenam yang begitu merah berpadu dengan warna biru laut yang indah yang masih terjaga dengan baik. Selain itu, Anda akan ditemani oleh suara deburan ombak yang akan membuat suasana damai dan tenang.

Alamat dan rute menuju lokasi Pantai Sikuai

Alamat Padang di Pulau SikuaiSumber gambar: Google Maps Rudi Wijaya

Pantai Sikuai Padang adalah sebuah pantai di kabupaten Bungus Teluk Kabung yang sering menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi di Sumatera Barat. Jarak ke pantai dan pulau Sikuai memang jauh dari pusat kota Padang. Namun, wisatawan tetap bisa menikmati keindahan pantai dan pulau ini.

Berkendara dari ke lokasi pulau ini memakan waktu sekitar 50-60 menit dari pusat kota Padang. Perjalanan rata-rata adalah melalui pelabuhan Muara. Setelah itu, transportasi menuju tempat ini adalah perahu nelayan. Namun saat ini sarana transportasi yang ditawarkan hanya kapal nelayan atau speedboat.

Biaya sewa kapal nelayan ke pulau Sikuai tidak cukup mahal. Wisatawan yang datang berkunjung hanya perlu mengeluarkan uang untuk menyewa perahu dengan biaya sekitar 600.000 rupiah.

Bagi wisatawan yang menggunakan jasa tour, Anda bisa menuju pulau cantik ini dengan menggunakan speedboat. Tentu saja, perjalanan dengan speedboat tidak rumit dan Anda sampai di sana lebih cepat. Namun, biaya transportasi jauh lebih tinggi daripada biaya perjalanan dengan kapal nelayan.

Saat memasuki tempat wisata alam khususnya pantai di Padang, pengunjung umumnya dikenakan biaya masuk. Namun, di Pulau Sikuai, pengunjung tidak dipungut biaya masuk, atau bisa dibilang gratis. Anda bisa menikmati keindahan pantai dan pulau Sikaui secara gratis.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Sikuai

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau SikuaiSumber gambar: Google Maps Pascal Jacomet

1. Fotografi Alam

Bagi yang menyukai fotografi, Anda bisa mencoba hobi Anda untuk mengabadikan objek-objek indah di pulau Sikuai. Setiap sudut pulau ini bisa Anda ubah menjadi objek yang cukup menarik karena memiliki daya tarik untuk berfoto.

Di sana wisatawan akan menemukan banyak hal menarik. Dimungkinkan bagi wisatawan untuk bertemu dengan berbagai jenis hewan tropis untuk difoto, seperti biawak, monyet, dan burung. Jangan takut dengan hewan-hewan ini karena hewan-hewan ini tidak akan mengganggu Anda.

2. Menjelajahi pulau

Pulau Sikuai memiliki luas sekitar 44 hektar dan bisa dijelajahi di setiap sudutnya. Tidak ada properti pribadi di sini selain yang disediakan dan dikelola oleh pemilik resor. Penjelajahan Anda bisa dimulai dengan jalan-jalan di sekitar pulau ini.

Agar penjelajahan Anda lebih bermakna saat menjelajahi pulau ini, pihak pengelola menyediakan pemandu wisata. Pemandu akan menemani Anda dalam perjalanan mengelilingi pulau. Pemandu juga menceritakan sejarah dan asal usul pulau Sikuai.

3. Menanam terumbu karang

Anda semua tahu bahwa terumbu karang merupakan biota laut yang penting bagi biota laut dan isinya. Namun sayangnya begitu banyak terumbu karang yang rusak baik disengaja maupun tidak disengaja di beberapa tempat di negeri ini.

Pengelola Pulau Sikuai menyadari hal ini dan mengajak pengunjung untuk terlibat dalam pemulihan terumbu karang yang rusak. Para wisatawan diajak langsung menanam terumbu karang untuk menciptakan rasa peduli terhadap keberlangsungan kehidupan ekosistem laut.

Kredit foto: Instagram.com @siskasuri28

4. Snorkeling

Perairan di Pulau Sikuai sangat bersih dan jernih dengan ombak yang tidak terlalu besar sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat snorkeling. Di sini pengunjung bebas memilih mau berenang di kolam yang disediakan pengelola atau langsung snorkeling ke laut.

Semua peralatan snorkeling seperti sepatu katak dan kacamata bisa disewa di pulau ini. Para wisatawan dapat menikmati berbagai macam keindahan bawah laut seperti ikan laut yang berkeliaran dan juga terumbu karang yang berwarna-warni.

5. Pemandangan bukit

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan pulau eksotis ini bisa mencoba mendaki ke puncak. Puncak pulau berupa bukit yang bisa Anda daki selama 30-50 menit.

Dari atas bukit ini, wisatawan dapat menikmati keindahan Pulau Sikuai sepenuhnya. Wisatawan juga bisa berfoto selfie dan berfoto atau sekedar pamer di media sosial. Yang pasti foto-foto yang kamu ambil di sini bisa menjadi kenangan yang tak terlupakan di pulau ini.

Pemandangan dari atas bukit ini semakin indah saat matahari bersinar terik di pagi hari. Indahnya ketika langit sedikit berubah warna dari gelap menjadi terang, kemudian pada saat tertentu matahari seolah-olah berpindah dari gelap ke terang.

6. Berkano

Wisatawan di sini juga bisa menikmati indahnya perairan pesisir Pulau Sikuai dengan berkano. Pengelola menyewakan banyak sampan yang ditawarkan kepada wisatawan di sekitar pantai. Ombak yang tenang dan kecil, aman, nyaman dan tenang untuk dijelajahi dengan kano.

Wisatawan dapat memilih menggunakan sampan tunggal atau sampan yang dikemudikan dengan pemandu wisata. Selain itu, Anda juga bisa menaiki sampan tunggal, namun menaikinya bersama-sama (berkelompok).

Akomodasi murah di sekitar pulau Sikuai

Akomodasi Padang Pulau SikuaiSumber gambar: Twitter Dika Mutiaratrip

1. Resor baru di pulau Sikuai

Sebagai salah satu akomodasi terdekat dengan fasilitas yang sangat mewah. Resort kelas dunia ini memiliki fasilitas layaknya hotel bintang lima, terdiri dari 9 hall, puluhan kamar, 59 cottage, restoran, meja biliar, kolam renang dan minibar.

2. Penginapan Carlos

Losemen Carlos adalah sebuah penginapan di dekat Pulau Sikuai. Penginapan ini relatif murah namun memiliki pelayanan yang baik. Fasilitas seperti Parkir Gratis, Restoran, Wi-Fi, Pantai, Hotel Bebas Asap Rokok tersedia untuk Anda di sini, yang pasti akan membuat Anda nyaman.

3. Hotel Bumi Minang

Hotel ini menawarkan penginapan bergaya dengan menjunjung tinggi tradisi Minang. Hotel bintang tiga ini dilengkapi dengan fasilitas seperti restoran, bar, pub, lounge dengan TV, coffee shop dan juga tersedia Wi-Fi di hotel ini.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Sikuai Padang

Fasilitas Pulau Sikuai PadangSumber gambar: Google Maps Pascal Jacomet

Sejak tahun 1994, fasilitas di pulau ini sangat mewah. Ada banyak guest house seperti villa, cottage, hotel dan resort. Namun, karena suatu masalah, fasilitas di pulau itu saat ini tidak berfungsi. Semuanya masih lengkap, tapi tidak terawat sama sekali. Fasilitas yang disediakan hanya fasilitas standar seperti pantai pada umumnya.

Itu tadi atraksi, fasilitas dan rute menuju Pulau Sikuai Padang. Meski fasilitas di pantai ini tidak terlalu banyak, Anda tetap bisa menikmati keindahan hamparan laut di pulau ini untuk bersantai dari rutinitas pekerjaan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button