Berita Wisata

3 Tempat Wisata Yang Dikenal Memiliki Tabu, Jangan Sampai Dilanggar

SuaraSumedang.id – Indonesia dikenal memiliki banyak tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah.

Di balik keindahan destinasi wisata di Indonesia, ternyata banyak misteri dan mitos yang melekat pada suatu daerah.

Namun, terlebih lagi banyak pengunjung yang berbondong-bondong mengunjungi tempat wisata tersebut.

Pasalnya, mengunjungi tempat wisata dianggap sebagai salah satu cara melepas penat.

Baca Juga : Asal Usul Tiara Kartika Dijuluki Anak Kuntilanak, Begini Kisah Nenek Nur

Namun perlu diingat bahwa jika Anda berencana untuk pergi berlibur ke tempat wisata di suatu wilayah tertentu, Anda harus memiliki aturan dan etika yang baik.

Pasalnya, tak urung di tempat-tempat wisata tertentu yang terkenal dengan pantangan bagi wisatawan agar tidak merusak lingkungan sekitar.

Lantas tempat wisata mana saja yang memiliki pantangan tertentu? Lihat di bawah:

1. Pantai Parangtrite

Pantai Parangtritis terletak di Desa Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada jarak 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta.

Baca Juga: Taklukkan Bima Sakti Binaan, Pelatih Malaysia U17 Puji Timnas Indonesia: Hanya Nasib Buruk

Pantai ini juga menjadi salah satu tujuan wisata terkenal di Yogyakarta. Bahkan, konon sudah menjadi ikon pariwisata di kota tersebut.

Pantai Parangtritis terletak di sisi timur pantai Parangkusumo yang memiliki legenda kental dengan Ratu Kidul sebagai penguasa laut selatan.

Pesona Pantai Parangtritis tidak terlepas dari sejarah, legenda dan mitos Ratu Pantai Selatan yang sudah terkenal di Indonesia.

Ini, pada asal mula cerita mitos tentang sebuah kerajaan yang akan berada di laut sekitar pantai. Nyi Roro Kidul sendiri telah menjadi sejarah panjang Kerajaan Yogyakarta dan Mataram.

Konon dari dulu karya tersebut sudah ada dan dipimpin oleh penguasa laut selatan yaitu Nyi Roro Kidul.

Misteri tersebut selama ini masih menjadi cerita turun temurun, dan menjadi perbincangan antara masyarakat dengan pendatang.

Apalagi dikaitkan dengan mitos lain, yaitu pantangan untuk tidak mengenakan pakaian berwarna hijau.

Pantai Parangtritis ada hubungannya dengan mitos yang beredar bahwa wisatawan yang datang tidak diperbolehkan memakai baju hijau karena Nyi Roro Kidul akan senang dengan warna hijau.

Dan konon jika ada pengunjung yang memakai baju hijau saat datang ke Pantai Parangtritis dikatakan rawan digulung ombak hingga hilang.

2. Curug Cikuluwung

Nah, tempat wisata ini memiliki pantangan yang sama dengan Pantai Parangtritis, hanya saja dilarang memakai baju berwarna merah.

Bagi pengunjung yang ingin ke Curug Cikuluwung, dilarang mengenakan pakaian berwarna merah, terutama bagi wanita.

Air terjun ini terletak di Desa Suka Asih, Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB, harga tiketnya Rp 36.000 per orang.

Konon pada zaman dahulu karuhun atau nenek moyang disana menyukai warna merah. Jika turis yang memakai baju merah dikatakan bersaing dengan karuhun, maka ada larangan seperti itu.

3. Air Terjun Siliwangi

Tempat wisata air terjun ini terletak di Banjaran, Bandung Selatan, Jawa Barat.

Destinasi wisata ini menyuguhkan keindahan alam perbukitan, arung jeram dan juga kebun strawberry yang luar biasa.

Air Terjun Siliwangi terletak di Gunung Puntang. Ada beberapa cerita rakyat tentang asal muasal air terjun ini.

Menurut legenda, dasar air terjun ini berasal dari air seni Prabu Siliwangi. Pada zaman dahulu, raja dikatakan pernah buang air kecil saat berada di Gunung Reregan.

Banyak orang juga percaya bahwa inilah yang menyebabkan air terjun terbentuk di gunung. Apalagi kepercayaan terhadap kesaktian Prabu Siliwangi membuat air terjun ini dianggap keramat.

Konon jika ada pengunjung yang datang mandi dengan memunggungi air terjun, konon mereka merasa seperti ada denyut nadi di tubuh, dan jika tidak menjaga keseimbangan bisa terbawa arus. saat ini.

Sumber: SuaraAfternoon

Source: sumedang.suara.com

Related Articles

Back to top button