Tempat Wisata

Pantai Reviola Batam – atraksi, aktivitas liburan, lokasi dan harga tiket

Pemandangan, aktivitas liburan, lokasi & harga tiket – Pantai Reviola salah satu tempat mandi paling populer di daerah ini Hampir tidak, Batam dengan pantai pasir putih yang mempesona. Pantai dengan panorama alam yang memukau didukung dengan fasilitas wisata yang lengkap.

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Galang Baru, Kec. Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau; map: Cek lokasi

Pantai Reviola awalnya hanya berupa semak belukar. Tak heran, banyak pohon tetap berdiri di sini. Kondisi ambient masih terjaga sehingga udara cukup sejuk. Perbaikan sedang dilakukan perlahan tapi pasti.

Letaknya berdampingan dengan pantai yang ada. Meski begitu, pamornya untuk objek wisata ini tidak kalah terkenalnya. Ini juga memiliki keuntungan dari area berpasir yang relatif lebih luas. Sebagai ikon baru di kawasan Barelang Batam, kehadirannya cukup kentara.

Lanskap Pantai Reviola terlihat proporsional dari berbagai sudut. Butir-butir pasir putih dan halus, ketika diinjak, angin sepoi-sepoi meniup bau garam, serta bebatuan yang berserakan di tempat-tempat tertentu. Baru resmi beroperasi sejak tahun 2020, ada baiknya mencoba berbagai aktivitas seru saat Anda berkunjung ke sini.

Atraksi Pantai Reviola

Atraksi Pantai ReviolaKredit foto: Google Maps Gt Gea

1. Pondok atap jerami kecil

Setelah mengubahnya menjadi objek wisata, pemerintah membangun beberapa pondok kecil di sini. Atapnya terbuat dari ilalang, ditopang oleh empat tiang kayu dan dikelilingi pagar bambu setinggi anak sapi dewasa. Bentuk umumnya sangat sederhana. Namun, cukup nyaman dipakai untuk beristirahat.

Ukuran tersebar hampir di seluruh area Pantai Raviola dan bervariasi dengan harga guide berkisar antara Rp75.000 – Rp200.000. Penyewaan juga menyesuaikan lama pemakaian. Ada tempat sampah di pintu masuk setiap gubuk. Tidak perlu repot mencari tempat sampah.

2. Pohon serbaguna

Pohon yang berbeda dibiarkan tumbuh untuk mengisi lapangan. Mulai dari pohon pinus, bakau hingga kelapa. Tinggi rata-rata mencapai 1,5 meter. Meskipun cuaca pantai dikenal sangat panas, Anda tidak akan kesulitan menemukan tempat berteduh.

Selain itu, pohon juga bisa mendatangkan kesenangan lain. Misalnya dengan mengatur tempat tidur gantung sebelum kamu datang ke sini Kemudian cari pohon yang berada di dekatnya dan cukup besar untuk menggantung benda tersebut. Setelah persiapan selesai, Anda bisa berbaring dan menikmati angin sepoi-sepoi dan suara ombak.

3. Lapangan yang luas dan teratur

Saat pertama kali memasuki Pantai Reviola Anda disuguhkan dengan lahan yang luas, landai dan terawat. Pohon-pohon ditanam secara teratur agar tidak menghalangi pandangan. Menariknya, tempat parkirnya dibangun terpisah dan agak jauh dari tempat tujuan. Setelah turun dari kendaraan, Anda harus berjalan beberapa meter.

Berbagai indikasi aktivitas seru bisa Anda lakukan di tanah ini. Sebut saja piknik, memotret, lari bersama anak kecil dan lain sebagainya. Bahkan jika datang dengan rombongan besar, suasananya sangat mendukung pelaksanaannya keluar. Gunakan waktu luang Anda untuk bersenang-senang.

4. Lingkungan rapi dan bersih dengan air bersih

Objek wisata yang dimiliki Pantai ReviolaSumber gambar: Google Maps Radinal Mahfur

Tempat sampah disediakan dalam arah yang berbeda, administrasi juga secara teratur melakukan pekerjaan pemeliharaan. Tidak ada sampah yang berserakan sehingga menimbulkan kesan kotor dan rusak. Jika Anda menemukannya, kemungkinan besar itu adalah daun yang jatuh atau cabang yang patah.

Seolah itu belum cukup, Anda akan dimanjakan dengan air bersih. Tidak hanya laut, tetapi juga air di kamar mandi. Tidak takut iritasi kulit setelah dibilas. Warna lautnya terlihat kebiru-biruan, sungguh segar dipandang mata. Intensitas ombaknya cukup tenang, sehingga anak-anak bisa bermain dengan aman.

5. Ayunan panjang dan bangku

Ada sejumlah ayunan di Pantai Reviola. Bahan dasarnya adalah kayu yang digantung dengan tali. Beberapa diikat ke batang pohon, sisanya dengan tiang buatan. Pekerjaan Ayunan tersebut tersebar di beberapa lokasi, baik yang dekat maupun yang jauh dari perairan.

Bagi yang enggan terciprat air, sebaiknya memilih Pekerjaan di tengah pepohonan. Anda masih bisa menyaksikan ombak menggulung di lautan. Jika ingin berenang atau sekedar berbasah-basah, tak ada salahnya berayun di hamparan pasir.

Selain itu, ada juga bangku panjang yang menghadap langsung ke laut. Bisa digunakan untuk istirahat tanpa mengeluarkan modal. Hanya saja pengunjung lain sering mengantre untuk berfoto. Jadi Anda harus rela berbagi, meski Anda datang lebih dulu.

Alamat, rute, lokasi dan harga tiket Pantai Reviola

Alamat Pantai ReviolaSumber gambar: Google Maps Jihan

Dengan menempuh jarak 76 kilometer, dibutuhkan waktu minimal 1 jam 30 menit untuk sampai di Pantai Reviola. Bisa menggunakan transportasi umum atau pribadi. Dari Kantor Walikota Batam, ambil jalan berkelok-kelok menuju kawasan Galang Baru.

Dari Jalan Engku Putri Utara, di bundaran, ambil jalan keluar pertama di sebelah kanan menuju Jalan Ahmad Yani. Lanjutkan menuju Jalan Trans Sulphur sekitar 63 kilometer, bersiaplah untuk berbelok tajam ke kiri menuju tujuan Anda.

Tanda paling mencolok di dekat pantai adalah menara telekomunikasi. Sebelum itu, Anda akan melewati panorama yang mempesona dalam perjalanan. Tidak sulit untuk menemukannya karena masih berada di Kota Batam, wilayah administrasi Kepulauan Riau.

Kategori tiket yang ditetapkan pengelola sangat bervariasi. Masukkan kelengkapan tujuan wisata Anda di sini. Jika hanya ingin mengikuti permainan tanpa menginap, pengunjung akan dikenakan biaya Rp 10.000. Apakah anda datang dengan maksud tinggal dan membawa perlengkapan sendiri maka biayanya Rp 20.000.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Reviola

Aktivitas menarik Pantai ReviolaSumber gambar: Google Maps daniafroe 666

1. Sewa banana boat

Tarif banana boat adalah Rp 150.000 untuk maksimal 6 penumpang. Menyewa fasilitas olahraga ini memungkinkan Anda menjelajahi lautan. Lebih asyik lagi jika kamu datang bersama teman bermainmu. Rasanya benar-benar menantang dan mengasyikkan.

2. Memasak

Memasak bisa menjadi referensi aktivitas yang unik. Siapkan peralatan dasar dari rumah. Tak perlu menu yang mewah, asyik dijalankan bersama keluarga. Menu alternatif berupa singkong atau kentang goreng. Ini juga berguna untuk menghemat uang untuk jalan-jalan.

3. Berenang

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai ReviolaKredit foto: Google Maps MacTio

Aktivitas mainstream tapi selalu menarik untuk dicoba. Lebih menyenangkan lagi ketika Anda membantu mengajar anak kecil. Perairan Pantai Reviola dikelilingi oleh ombak yang tenang. Jika Anda terlalu khawatir, Anda bisa berenang di dekat pantai.

4. Berjalan di sepanjang pantai

Garis pantai diperkirakan 800 meter. Ukurannya tidak terlalu panjang untuk dilacak. Anda bisa mencoba aktivitas ini bersama pasangan. Waktu terbaik adalah sore hari. Berjalan-jalan sambil menunggu matahari terbenam.

Yang terbaik adalah memakai topi lebar untuk menghalangi sinar matahari langsung. Dari waktu ke waktu Anda juga bisa mencari kerang unik di tumpukan pasir. Tidak masalah jika Anda ingin melepas sepatu karena tekstur pasirnya cukup lembut.

5. Bermain sepak bola atau bola voli

Siapkan peralatan dari rumah. Membuat janji dengan teman-teman. Pastikan semua anggota kelompok bersedia untuk berpartisipasi. Tetapkan beberapa aturan dan hukuman untuk membuatnya lebih menarik.

Akomodasi murah terdekat ke Pantai Reviolas

Akomodasi Pantai ReviolaKredit foto: Google Maps D Nova Santi

1. Pulau Labun

Penginapan yang satu ini menawarkan panorama indah khas pantai. Bangunan ini berdiri di atas air, yang didukung oleh struktur dermaga. Bagian jembatan terbuat dari kayu untuk memberikan koneksi dengan daratan. Itu terlihat sangat estetis. Anda bahkan bisa Menyelam dan snorkeling sementara di sini.

Fasilitas berupa toilet yang tertata rapi, kamar tidur yang tertata rapi, Mandi, restoran dan berbagai seluncuran air. Lingkungan bagus, cukup jauh dari kepadatan kota. Hanya 15 menit dari Pantai Reviola. Masih di kawasan Galang Baru. Menginap di Pulau Labun serasa tinggal di pulau pribadi.

2. Resor SBS

Pelayanannya bisa dibilang memuaskan karena stafnya ramah dan senang membantu. Pemandangan yang ditawarkan sangat menawan, begitu alami dan terjaga. Lokasinya yang berada di tepi pantai dilengkapi dengan hamparan laut yang jernih.

Hanya saja cuaca di siang hari cukup menyengat karena minimnya pepohonan yang terlindung. Secara keseluruhan nilainya mengesankan. Fasilitas ini terletak di dekat Jembatan Barelang ke-5 dan masih dalam pengembangan. Bahkan ada tempat perkemahan di sini.

Anda bisa memilih di antara tiga kategori akomodasi, yaitu glamping, water villa dan camping. Perasaan alam adalah daya tarik utama. Berjarak sekitar 12 mil dari Pantai Reviola, dibutuhkan waktu kurang dari 30 menit dengan sepeda motor.

3. Resor Morelo Kelong

Akomodasi yang sangat mendasar. Papan kayu digunakan sebagai bahan dasar bangunan. Agak jauh dari pantai, agak di tengah laut. Ini mungkin yang menarik dari Morelo Kelong Resort. Anda harus menyeberangi jembatan kayu untuk mencapai pintu masuk.

Taman bermain anak-anak juga tersedia. Semacam tempat pemancingan dengan jaring. Ada juga ayunan yang tergantung di tengah laut. Terlebih lagi, panorama matahari terbenam di sini tidak terlalu menawan.

Fasilitas yang tersedia di Reviola Beach Batam

Fasilitas Pantai Pantai ReviolaKredit foto: Google Maps Gt Gea

Kegiatan di sini cukup lengkap. Kamar mandi, mushola, tempat cuci piring, warung makan dan sejenisnya. Pihak pengelola berusaha semaksimal mungkin memenuhi semua kebutuhan para pengunjung. Hanya saja warung makan tidak selalu buka. Jadi akan lebih baik jika Anda membawa perbekalan sendiri untuk berjaga-jaga.

Pantai Reviola merupakan objek wisata bahari baru. Selama ini diasumsikan kualitas dan pelayanan akan terus meningkat. Oleh karena itu, perhatikan fasilitas umum agar lebih awet jika Anda berada di sini untuk rekreasi.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button