Tempat Wisata

Pantai Goa Cemara, pantai indah berpadu dengan hutan cemara di Bantul Jogja

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam Alamat: J L. Sudkreuz, Patihan, Gadingsari, Kec. Sanden, Kab.Bantul, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Bila Anda berkunjung ke wilayah selatan Yogyakarta, pemandangan laut yang indah adalah sesuatu yang sangat umum. Di kawasan ini memang banyak sekali peluang pantai menarik yang wajib dikunjungi. Salah satu pantai indah yang dikelilingi hutan adalah Pantai Goa Cemara, Bantul.

Tempat wisata tepi pantai ini memiliki banyak pohon cemara, sesuai dengan namanya. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa tempat wisata ini menjadi tujuan wisata baik di dalam maupun luar negeri. Destinasi wisata alam bahari ini akan menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap orang yang mengunjunginya.

Lokasinya yang tidak terlalu jauh dibandingkan tempat wisata lainnya juga menjadi alasan untuk menjadikannya sebagai tempat liburan yang ideal. Waktu yang dihabiskan juga lebih berharga ketika dihabiskan bersama teman atau keluarga. Berbagai jenis kegiatan juga dapat dilakukan oleh wisatawan karena pengelola telah menyiapkan berbagai fasilitas yang memadai.

Daya Tarik Pantai Goa Cemara

Objek wisata Pantai Goa CemaraSumber Gambar: Google Maps Pantai Goa Cemara

1. Gelombang Laut yang Menenangkan

Obyek wisata alam ini memiliki ombak yang tidak terlalu deras dibandingkan kebanyakan tempat lainnya. Hembusan angin yang bertiup ke arah daratan membawa ombak yang bagus. Ombaknya yang tidak terlalu besar membuat pantai ini cukup aman sebagai area bermain.

Keindahan pemandangan yang begitu mempesona, dibuat lebih tenang dengan latar belakang suara deburan ombak. Hal inilah yang membuat sebagian orang tertarik untuk datang langsung ke Pantai Goa Cemara.

Bukan hanya alamnya yang begitu indah dan unik, namun suasana di sekitarnya pun tak kalah menawan. Berkunjung ke sini memang akan menenangkan hati dan menjernihkan pikiran.

Pemandangan alam yang ada terasa sempurna dengan hembusan angin yang bertiup. Semua ini akan terasa lebih baik jika Anda menghabiskannya bersama keluarga, teman, atau orang yang Anda cintai.

2. Pasir putihnya yang lembut

Salah satu alasan yang membuat pantai ini menarik adalah keindahan pasir yang dimilikinya. Pasir di pantai ini berwarna terang dan memantulkan cahaya saat matahari menyinari permukaannya. Pasir di sini juga memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga sangat nyaman saat bersentuhan dengan tangan atau kaki Anda.

Tidak banyak karang yang ditemukan di situs ini, sehingga pengunjung dapat berjalan-jalan di pantai tanpa menggunakan sandal atau sepatu. Namun, wisatawan diharapkan tetap berhati-hati dan tidak berjalan tanpa alas kaki di atas pasir. Beberapa benda mungkin terletak di atasnya dan menyebabkan cedera.

Yang membuat menjelajah destinasi wisata ini menyenangkan adalah hamparan pasirnya yang luas. Hamparan pasir pantai mengundang pengunjung untuk bermain di sini. Pasir pantai ini bahkan meluas hingga ke areal tempat tumbuhnya pohon cemara.

Kawasan hutan pinus dengan pasir di bawahnya menjadi spot yang menarik untuk selfie. Meski bukan satu-satunya pantai di wilayah selatan Jogja yang memiliki pasir putih yang sangat lembut, Pantai Goa Cemara memiliki keindahan tersendiri.

Keberadaan pohon cemara memungkinkan banyak buah atau biji pinus jatuh ke pasir, membuat pantai ini terlihat unik. Bahkan, banyak pengunjung yang menggunakan pine cone sebagai pengganti perhiasan koral.

3. Mercusuar tinggi yang ikonik

Keberadaan mercusuar ikonik membuat pantai ini terlihat semakin indah. Mercusuar di Pantai Goa Cemara ini memiliki ketinggian lebih dari 30 meter. Ketinggian ini bisa dimanfaatkan pengunjung untuk melihat keindahan pantai dari jauh. Anda bahkan bisa berfoto selfie dari atas menara ini. Tak pelak, Anda akan terpukau saat melihatnya pertama kali.

Keberadaan mercusuar ini membuat tempat wisata ini sangat sempurna. Para pengunjung yang hadir bisa langsung melihat pemandangan alam yang tersaji di atas gedung ini. Namun, menara ini hanya boleh dinaiki oleh dua orang.

Kapasitas mercusuar yang terbatas seringkali membuat wisatawan yang datang ke sana kecewa. Bagi pengunjung yang tidak sempat mendaki mercusuar, bisa juga berfoto dengan latar belakang menara. Pemandangan tak kalah indah saat menaiki menara ini.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk ke Pantai Goa Cemara

Alamat Pantai Goa CemaraSumber gambar: Google Maps Cris

Pantai Goa Cemara terletak di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi tepatnya berada di kawasan Gadingsari, Kecamatan Sanden. Destinasi wisata alam yang menakjubkan ini terletak di Jalan Lintas Selatan. Untuk menuju lokasi pantai, Anda bisa menuju ke lokasi.

Untuk memulai perjalanan, Anda harus menuju barat daya kota Yogyakarta menuju kabupaten Bantul. Sesampai di sana, ikuti arah Selatan dan ikuti beberapa petunjuk jalan yang akan membawa Anda ke kecamatan Saden. Kemudian berkendara ke sebuah daerah bernama Gadingsari.

Untuk mendapatkan akses penuh menjelajahi semua sisi tempat, pengunjung Pantai Goa Cemara harus membayar tiket masuk. Tidak perlu khawatir karena harga tiketnya hanya sekitar 5.000 rupiah. Dengan biaya serendah itu, wisatawan dapat menikmati seluruh lingkungan dengan bebas.

Tentu saja, jika wisatawan datang ke sana dengan kendaraan sendiri, mereka juga harus membayar biaya parkir. Tarifnya juga cukup murah karena bisa dijangkau oleh berbagai kalangan.

Bagi yang menggunakan kendaraan roda dua hanya perlu membayar biaya parkir sebesar 3000 rupiah. Namun jika Anda membawa mobil, Anda harus membayar harga yang sama dengan tiket masuknya, yaitu 5.000 rupiah.

Hal menarik yang bisa dilakukan di pantai Goa Cemara

Aktivitas Pantai Goa CemaraKredit foto: Google Maps Shirley Xiao

1. Luangkan waktu sejenak untuk berteduh di bawah pohon cemara

Berkunjung ke Pantai Goa Cemara tentunya tidak lengkap tanpa meninggalkan aktivitas yang satu ini. Pohon cemara yang tumbuh di sekitar area pantai, terlihat sangat rindang, pasti akan menarik pengunjung. Menikmati pemandangan di bawah pohon pinus akan memberikan perasaan yang sangat berbeda, namun melegakan.

Areal hutan pinus di sini cukup luas sehingga kamu tidak perlu berkerumun jika ingin melakukan aktivitas yang satu ini. Untuk menambah kesan, Anda bisa piknik di sini. Menikmati makan siang yang Anda bawa sambil merenungkan keindahan laut pasti menjadi sesuatu yang menarik.

Tak sedikit yang menikmati pemandangan pantai dengan kombinasi pasir dan air laut yang jernih dari area pepohonan. Di bawah pohon pinus sangat cocok untuk rehat sejenak dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari.

2. Belanja perhiasan untuk oleh-oleh

Tempat wisata ini cukup fenomenal karena sudah banyak dikenal masyarakat. Ada juga beberapa gerai yang menjual berbagai macam barang khas pantai pada umumnya.

Hal ini memungkinkan pengunjung untuk membeli pernak-pernik sebagai oleh-oleh. Harganya juga cukup terjangkau untuk kawasan wisata. Jadi jangan khawatir jika tas Anda habis.

3. Berburu potret estetika

Ini adalah sesuatu yang pasti akan dilakukan wisatawan yang mengunjungi pantai Goa Cemara. Tentunya dengan bentang alam yang beragam, akan sangat mudah untuk menemukan titik yang tepat untuk selfie.

Banyak sekali tempat-tempat indah yang bisa dijadikan sebagai background untuk berfoto. Anda bisa berfoto di pantai yang indah, dekat mercusuar, di bawah pohon pinus dan lain-lain.

4. Berjalan di sepanjang permukaan pantai

Hal menarik yang bisa dilakukan di pantai Goa CemaraSumber gambar: Twitter @gembel_motret

Tempat wisata ini memiliki area berpasir yang cukup luas menjadi objek yang tepat bagi wisatawan untuk menjelajah setiap sisinya. Banyak yang bisa ditemukan dan membuat liburan semakin menarik. Pantai Goa Cemara memiliki begitu banyak pesona sehingga rugi jika tidak bisa menikmatinya.

Kawasan berpasir di sana tak kalah menarik untuk dijelajahi. Pengunjung dapat menjelajahi daerah lain, mis. B. Mengunjungi mercusuar. Berada di sana akan membuat perjalanan semakin menarik. Hal inilah yang akhirnya menarik banyak orang untuk datang ke tempat wisata tersebut.

5. Menikmati angin dengan deburan ombak di tepi

Tentunya bagi Anda yang tinggal di perkotaan dan jauh dari pantai yang masih alami, Anda akan merasa beruntung saat berada di sini. Hembusan angin yang bertiup di pantai terasa cukup lembut. Inilah sensasi yang bisa dirasakan oleh para pengunjung yang datang.

Menikmati pantai memang tidak ada habisnya. Bermain air tanpa alas kaki di pantai adalah hal yang biasa bagi pengunjung.

Akomodasi hemat terdekat dengan pantai

Akomodasi di dekat pantaiKredit foto: Google Maps Lynn Hotel By Horizon

1. LYYN Hotel di Horizon

Rekomendasi lain yang berada dalam radius lebih dari 1 kilometer dari objek wisata adalah penginapan ini. Dengan tipe kamar yang berbeda dan fasilitas yang berbeda, pengunjung hanya bisa merasakannya dengan membayar kurang dari 500.000 untuk setiap kamar. Bahkan ada yang hanya mengeluarkan biaya 300.000 per malam.

2. KJ Hotel Yogyakarta

Tempat ini terlihat cukup berkelas untuk dijadikan akomodasi saat berwisata di destinasi tersebut. Berbagai jenis fasilitas seperti AC hingga jaringan internet dari Wi-Fi dapat dengan mudah dijangkau. Namun, harga untuk sistem yang kuat seperti itu cukup murah. Oleh karena itu, penginapan ini cocok menjadi pilihan para wisatawan.

3. Rajaklana Resort-Villa & Spa

Tempat yang cukup mewah ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pengunjung Pantai Goa Cemara untuk bermalam. Lokasi tidak terlalu dekat tetapi cukup layak untuk singgah selama beberapa malam. Tamu yang datang bisa menggunakan berbagai fasilitas.

Fasilitas di Pantai Goa Cemara Bantul

Fasilitas di Pantai Goa CemaraKredit foto: Google Maps Riza A. Raafigani

Seperti tempat wisata lainnya, pantai ini memiliki fasilitas penunjang yang cukup memadai. Ada beberapa warung makan yang siap melayani pengunjung.

Ada juga beberapa bilik toilet dan mushola. Tempat parkirnya juga cukup luas untuk menampung banyak kendaraan wisata.

Daerah Yogyakarta yang memiliki banyak pantai memang sangat nyaman untuk dijadikan tujuan wisata para traveller. Dari sekian banyak objek wisata bahari yang ada, Pantai Goa Cemara sepertinya menjadi destinasi yang tepat bagi mereka yang menginginkan sensasi berbeda dengan pemandangan pasir, laut dan pepohonan yang tercemar dan berbagai hal lainnya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button