Berita Wisata

Gua Lalay, surga tersembunyi di destinasi wisata Pangandaran

INSIDENCE24.COM-Pesona Pangandaran seolah terbentang tanpa henti. Keindahan pantainya bukan lagi cerita tapi kenyataan dan dibuktikan oleh pengunjung yang pernah merasakan nuansa Pangandaran.

Kini ada lagi destinasi wisata di Pangadaran yang masih memiliki potensi yang layak untuk Anda kunjungi. Setelah berbagai aliran sungai, kini terdapat gua-gua salah satunya adalah Goa Lalay.

Gua Lalay terletak di Dusun Karang Anyar, Desa Cigugur, Kecamatan Cigugur, Pangandaran. Perjalanan dari pusat kota Pangandaran berjarak sekitar 30 km atau sekitar satu jam menggunakan roda 2 atau roda 4.

Wisatawan menawarkan arung jeram di sini dan menjelajahi gua sepanjang 500 meter melalui sungai yang mengalir melalui gua.

Bepergian melalui Goa Lalay, Anda akan menemukan relief indah stalaktit yang berdiri kokoh di atas goa, indah dan menakjubkan. Kemudian Anda menemukan sebuah danau dengan air jernih dan sesekali ikan berkeliaran di danau kecil.

Selain itu anda juga bisa memanggang ikan atau makan bersama setelah beraktifitas disana, juga terdapat banyak spot foto dengan pemandangan yang indah untuk dinikmati sehingga bisa menambah koleksi foto anda di akun media sosial anda.

Gua Cilalay dibuka sejak April 2019 berkat kerjasama antara Karang Taruna dan Perum Perhutani. Goa Lalay termasuk dalam kawasan karst yang berada di lahan pengelolaan Perhutani dengan tarif yang cukup terjangkau dan disana anda akan dipandu oleh beberapa pemandu lokal.

Namun keberadaan Goa Lalay hanya sebatas promosi media sosial seperti Istagram, FB, sehingga sedikit wisatawan yang tahu tentang tempat ini, banyak wisatawan yang pernah ke sana mengatakan ini adalah surga tersembunyi di Cigugur Pangandaran.

Fasilitas yang ada di sekitar lokasi gua Lalay antara lain ruang ganti, toilet dan tempat parkir kendaraan. Sejumlah warung milik warga juga tersedia.***

Source: www.insiden24.com

Related Articles

Back to top button