Berita Wisata

Jelajahi keindahan Kalimas hingga Jembatan Petekan

Surabaya (ANTARA) – Selama ini jalur wisata bahari di sepanjang Sungai Kalimas di Surabaya dimulai dari Monumen Bawah Air (Monkasel), Taman Prestasi, Museum Pendidikan, Siola, hingga di Jembatan Merah Surabaya.

Sekarang sudah terhubung dengan Jembatan Petekan di kawasan Tanjung Perak Surabaya.

Di destinasi wisata air Sungai Kalimas terbaru, kawasan Jembatan Petekan telah ditata semacam taman yang menyediakan banyak barang untuk wisatawan. Salah satunya adalah wisata edukasi untuk anak-anak.

Selain itu, juga tersedia tempat foto, tempat nongkrong dan lainnya.

Tata ruang Taman Petekan seolah memadukan konsep wisata kuliner, edukasi, belanja, dan wisata sejarah. Sehingga wisatawan bisa merasakan banyak hal selama berkunjung.

Sungai Kalimas kini bisa diandalkan menjadi primadona baru destinasi wisata bahari di Kota Surabaya.

Sungai yang pernah disebut sebagai jantung kota Surabaya, dengan tata letaknya yang telah terhubung dengan kawasan pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ini terlihat semakin indah, menarik dan menarik wisatawan untuk mencoba mengikutinya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengungkapkan konsep wisata air Kalimas ingin menghadirkan suasana ala Thailand, sekaligus eksplorasi kanal ke Venesia, Italia.

“Dengan cara ini, kami berharap warga kota Surabaya dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh ke Thailand atau Italia untuk bisa menikmati wisata bahari,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin. Surabaya.

Untuk itu, Pemkot Surabaya menggandeng PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 3 untuk mempercantik Sungai Kalimas hingga kawasan Pelabuhan Tanjung Perak.

General Manager Terminal Penumpang Kalimas dan PT Pelindo Sub-Regional Jawa Dhany Rachmad Agustian mengungkapkan keberadaan kapal angkut kayu jenis phinisi yang populer sebagai ikon. warisan Pelabuhan Tanjung Perak bisa menjadi daya tarik wisata tersendiri.

“Disini kami menjaga keberadaan perahu kayu untuk kegiatan pariwisata. Selain itu, kami juga akan melakukan perbaikan dan pemeliharaan fasilitas di sini, terutama pada akses jalan yang sangat berguna untuk mengembangkan pariwisata di Kalimas”, ungkapnya.

Diharapkan pengembangan wisata air Kalimas di kawasan pelabuhan Tanjung Perak dapat memicu respon positif untuk menarik lebih banyak wisatawan.

“Kami juga membuka ruang bagi generasi muda untuk lebih banyak mengeksplorasi aktivitas di Pelabuhan Kalimas, Tanjung Perak Surabaya,” ujarnya.

Source: jatim.antaranews.com

Related Articles

Back to top button