Berita Wisata

Nikmati surga tersembunyi Tanjung Kelayang dengan 4 aktivitas seru ini

Jakarta, CNN Indonesia

Meski sebelumnya dikenal sebagai daerah terpencil, kini Tanjung Kelayang berkembang menjadi kawasan resor terpadu atau lebih dikenal dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Selain itu, kawasan dengan luas 324,8 hektar ini juga masuk dalam 10 besar destinasi wisata yang banyak diminati wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pengembangan KEK Tanjung Kelayang bertujuan untuk mempercepat pembangunan daerah sebagai model pembangunan daerah yang revolusioner untuk pertumbuhan ekonomi, termasuk industri, pariwisata, dan ekonomi kreatif. Sehingga dapat menciptakan daya tarik wisata dan kesempatan kerja yang seluas-luasnya.

“Belitung menjadi ikon wisata yang sangat strategis. Untuk itu, saya mendorong pengembangan KEK Tanjung Kelayang di Belitung secara menyeluruh untuk meningkatkan destinasi, produk pariwisata dan produk ekonomi kreatif. kawasan wisata yang berpotensi meningkatkan ekonomi kreatif,” kata Sandiaga dalam keterangannya, Senin (10/10).

Kawasan yang terletak di bagian utara Kepulauan Bangka Belitung ini memiliki pesona alam yang luar biasa. Letaknya yang strategis memudahkan wisatawan untuk berpindah dari satu pulau ke pulau lain atau dikenal juga dengan istilah island hopping.

Inilah dua alasan mengapa wisatawan enggan meninggalkan Tanjung Kelayang. Selain alasan tersebut, ada juga aktivitas seru yang bisa dilakukan saat berlibur di salah satu surga tropis Kepulauan Bangka Belitung ini, seperti bermain paddle board, snorkeling, menikmati sunset, mengejar kenangan khas Tanjung Kelayang. .

Penasaran aktivitas seru yang bisa dilakukan di Tanjung Kelayang? Namun sebelum itu, jangan lupa nonton NGATRI atau ngobrol bareng Pak Menteri setiap akhir pekan LIVE di akun Instagram @pesona.indonesia.

Ikuti juga kuisnya dengan cara follow akun Instagram @pesona.indonesia, jawab pertanyaan di kolom komentar, dan mention 3 teman kamu untuk ikutan, OK! Dapatkan berbagai hadiah menarik dari Pesona Indonesia.

Berikut empat aktivitas seru yang bisa kamu lakukan untuk menikmati surga tersembunyi Tanjung Kelayang!

1. Papan dayung

Salah satu olahraga air yang menarik minat wisatawan adalah dayung. Olahraga ini mirip dengan selancar, namun dayung bisa dimainkan tanpa harus ada ombak besar yang mendorongnya.

Olahraga ini sangat cocok untuk dilakukan di perairan Kepulauan Bangka Belitung dengan ombak yang tidak terlalu besar.

2. Snorkeling

Tanjung Kelayang adalah tujuan ideal bagi mereka yang ingin snorkeling. Anda bisa menikmati keindahan laut, sambil bertemu dan berinteraksi dengan hewan bawah laut.

Selain itu, Anda juga bisa mampir ke tempat penetasan penyu untuk melihat proses bertelur dan pertumbuhan penyu.

3. Menikmati matahari terbenam





adv

Pembiasan sinar matahari yang siap meledak memberikan pancaran jingga yang sangat indah. Keindahan ini selalu dicari oleh para wisatawan yang suka menikmati sunset. Tanjung Kelayang adalah tujuan wisata yang ideal untuk menikmati momen luar biasa ini.

4. Berburu Suvenir





adv

Tak hanya pesona alam yang indah, Tanjung Kelayang juga memiliki oleh-oleh unik yang bisa dijadikan kenang-kenangan.

Batik Sepiak dan Adena Ketam bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin membeli oleh-oleh khas Tanjung Kelayang. Mengapa? Karena kedua produk ekonomi kreatif dari Tanjung Kelayang ini memiliki ciri khas masing-masing.

Ketam dalam bahasa Belitung berarti “kepiting isi kepiting”. Produk ini merupakan olahan unik yang terbuat dari daging kepiting yang dicampur dengan telur, bawang putih, bumbu pilihan dan daun seledri.

Kemudian masukkan kembali ke dalam cangkang kepiting dan goreng. Salah satu kepiting favorit saya adalah kepiting Adena.

Jika ingin mencoba Ketam Adena silahkan datang ke Jalan Pattimura, Desa Tanjung Pandan, Belitung atau #BeliKreatifLokal di situs web Akun Instagram @ketam.adena.

Sedangkan Batik Sepiak atau yang juga dikenal dengan Sepiak Belitong memiliki motif yang unik seperti motif daun simpor.

Daun simpor sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari masyarakat di Bangka Belitung, seperti digunakan sebagai alas makan, wadah untuk mengemas lontong dan sayuran, dll.

Dengan pola unik ini, Sepiak Belitong mengangkat khasanah budaya lokal Bangka Belitung. Apalagi warna kainnya yang cerah membuat batik Bangka Belitung ini berbeda dengan batik lainnya.

Nama Sepiak sendiri memiliki arti yang luar biasa yaitu “sebagian”, hal ini sesuai dengan filosofi perusahaan yaitu berbagi dan bermanfaat bagi orang-orang di sekitar kita.

Untuk itulah perusahaan Batik Sepiak melibatkan masyarakat sekitar dan anak-anak penyandang disabilitas dalam proses produksinya. Jika ingin tahu lebih banyak tentang Batik Sepiak, Anda bisa mengunjungi akun Instagram @sepiakbelitong.

Bagaimana? Lebih tertarik dengan keseruan dan beragam aktivitas yang bisa dicoba di Tanjung Kelayang? Pastikan Anda divaksinasi pemacu saat berlibur dan berusaha mengikuti protokol kesehatan, dimulai dengan menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak agar aktivitas wisata tetap aman dan nyaman.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi destinasi wisata dan inspirasi ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja melalui mengikuti Akun Instagram @pesona.indonesia, Facebook @pesona.indonesia, Twitter @pesonaindonesia, TikTok @pesonaindonesia, YouTube Pesona Indonesia, dan kunjungi situs web https://www.indonesia.travel.

(lanjutan/lanjutan)

Source: www.cnnindonesia.com

Related Articles

Back to top button