Tempat Wisata

Pantai Lhoknga, pantai eksotis dan tempat selancar populer di Aceh Besar

harga tiket: Rp15.000, Waktu aktif: 07.00-17.00, Alamat: Daerah. Lhoknga Kab.Aceh Besar, Aceh; map: Cek lokasi

Saat ini Central Coast menjadi destinasi favorit setiap wisatawan. Pantai dalam segala bentuk keindahan menyampaikan nuansa alam yang benar-benar alami. Salah satu pantai yang terkenal akan keindahannya adalah Pantai Lhoknga di Aceh. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia memiliki destinasi wisata keindahan yang eksotis, mulai dari Sabang hingga Merauke.

Pantai Lhoknga sendiri memiliki keindahan yang tidak kalah menarik dengan pantai-pantai di Bali. Selama ini banyak wisatawan yang menganggap Bali adalah surga dunia. Faktanya, hal ini terjadi di Aceh karena banyak pantai yang memiliki keindahan yang luar biasa. Melihat peluang tersebut, pemerintah berusaha menarik perhatian pengunjung.

Terkenal dengan ombaknya, pantai ini berhasil menarik wisatawan mancanegara untuk mengunjunginya. Sehingga jika ada hari libur, pantai ini akan ramai dikunjungi wisatawan. Baik wisatawan yang hanya ingin menikmati keindahan pantai dan menenangkan diri, maupun wisatawan yang ingin menguji adrenalin untuk berselancar ditemani ombak yang kuat.

Atraksi Pantai Lhoknga Pantai

Pemandangan di Pantai LhokngaKredit foto: Google Maps Bio Global

Pantai ini memiliki daya tarik yang luar biasa, tak heran jika pantai ini sering menjadi ikon pariwisata di provinsi Aceh. Setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini tidak akan menemukan kekurangan yang dapat mengurangi kepuasan. Karena keindahan pantainya sangat luar biasa.

1. Area pepohonan yang sangat luas

Biasanya pantai identik dengan lautan yang luas dan hamparan pantai yang luas. Berbeda dengan pantai yang satu ini karena memiliki banyak pepohonan yang terbentang di belakang pantai. Ini sangat subur dan rimbun. Sehingga banyak wisatawan yang memanfaatkannya sebagai tempat bersantai atau berteduh di siang hari.

Untuk memahami hal tersebut, pemerintah juga telah menambahkan beberapa fasilitas yang dapat digunakan wisatawan untuk bersantai. Sehingga wisatawan bisa menikmati keindahan laut lepas dengan pasir putih di bawah pepohonan yang rindang. Banyaknya pepohonan tidak membuat kondisi pantai menjadi panas dan udara yang berhembus terasa sangat sejuk.

2. Gelombang besar

Beberapa pantai di Indonesia memiliki karakteristik ombak yang tenang. Namun berbeda dengan Pantai Lhoknga di Aceh Besar yang memiliki ombak besar dan bergulung-gulung. Alih-alih merasa takut dan cemas, wisatawan memanfaatkan situasi ini untuk melatih adrenalin mereka. Yaitu melalui selancar dan berbagai permainan air lainnya.

Namun, manajemen akan terus menerapkan protokol keamanan yang ketat. Sehingga wisatawan selalu waspada saat bermain di kawasan perairan dengan ombak yang besar. Apalagi bagi pengunjung yang masih anak-anak, karena jika terlalu banyak bermain, mereka takut tersapu ombak. Hal ini diperingatkan oleh pengelola kepada setiap wisatawan.

3. Laut terbuka dalam bingkai pasir putih yang luas

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai LhokngaSumber gambar: Twitter Wisata Aceh.Travel

Salah satu tujuan wisatawan yang berkunjung ke Pantai Lhoknga untuk berwisata adalah untuk menikmati keadaan alam yang masih alami. Pantai ini menghadirkan nuansa eksotis pada keindahan laut lepas. Laut lepas yang dibingkai oleh pantai berpasir putih merupakan kombinasi yang sangat menarik dan menjadi pemandangan yang unik.

Apalagi jika Anda mengunjungi pantai ini pada pagi atau sore hari atau pada hari yang cerah. Langit yang cerah juga berpengaruh besar terhadap keindahan pantai. Inilah salah satu faktor mengapa wisatawan suka menginap di pantai ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Lhoknga Pantai

Alamat Pantai LhokngaSumber gambar: Twitter Pembaruan foto perjalanan

Pantai yang sudah terkenal di kawasan Aceh ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Terutama yang berasal dari Aceh. Nama pantai ini berasal dari nama sebuah kecamatan yaitu kabupaten Lhoknga yang terletak di kabupaten Aceh Besar.

Dari pusat kota, wisatawan membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk sampai ke pantai ini. Karena jarak antara pantai dan pusat kota mencapai 20 km.

Jika Anda baru pertama kali ke Pantai Lhoknga, tidak perlu bingung karena ada banyak petunjuk arah. Hal ini dikarenakan pantai ini sudah sangat terkenal dan populer di kalangan masyarakat Aceh sendiri.

Biasanya, pengunjung yang berwisata ke lokasi pantai menggunakan kendaraan pribadi daripada kendaraan umum. Karena angkutan umum biasanya memakan waktu lebih lama daripada kendaraan pribadi.

Pantai ini terkenal dengan keindahan lautnya yang eksotis. Pengunjung yang berwisata ke pantai ini biasanya dikenakan biaya Rp15.000 per orang.

Tarifnya tentu sangat terjangkau dibandingkan dengan keindahan yang bisa dinikmati. Hanya dengan membayar tarif, pengunjung bisa menikmati keindahan pantai ini tanpa batas.

Aktivitas menarik di Pantai Lhoknga Pantai

Aktivitas di Pantai LhokngaKredit foto: Google Maps Xlabs Medan

Umumnya wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata pantai ini memilih untuk membawa perlengkapan sendiri. Seperti perlengkapan selancar dan perlengkapan lainnya. Anda tidak perlu khawatir karena pengelola juga menyediakan outlet dimana infrastruktur air dapat disewa. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pantai Lhoknga.

1. Menikmati keindahan sunset saat senja

Sunset atau terbenamnya matahari selalu dikatakan sebagai momen romantis yang sayang untuk dilewatkan. Biasanya pengunjung mengunjungi pantai pada sore hari karena dapat mengagumi indahnya matahari terbenam. Di pantai ini terdapat tempat yang disediakan oleh pengelola khususnya bagi wisatawan yang ingin menyaksikan matahari terbenam tanpa halangan.

Sunset di pantai ini memang sangat indah karena berpadu dengan eksotisme pasir putih dan warna biru laut. Banyak wisatawan memilih untuk bermalam untuk menikmati matahari terbit keesokan harinya.

2. Memancing

Tentunya bagi pengunjung yang memiliki hobi memancing, pantai ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengisi liburan. Manajemen juga menyediakan banyak peralatan memancing untuk setiap wisatawan. Setiap wisatawan hanya perlu membuat satu kali sewa. Tentu saja spot mancing di tempat yang berbeda dilayani karena sudah memilih tempat yang strategis.

Lokasi tersebut dipilih agar nantinya pengunjung bisa mendapatkan ikan dalam waktu singkat. Dengan fasilitas tersebut, banyak pengunjung yang merasa terhibur, sehingga mereka sering menghabiskan waktu seharian untuk memancing di pantai ini.

3. Berenang

Aktivitas di Pantai Pantai LhokngaSumber gambar: Twitter RadioPLS_mks

Meski Pantai Lhoknga memiliki ombak yang relatif besar, pengelola mengizinkan setiap wisatawan untuk berenang. Lokasi berenang juga diatur sedemikian rupa sehingga dilarang berenang terlalu jauh di tengah atau di lokasi dengan ombak yang biasanya besar.

Jika ingin berenang, pengunjung bisa menyewa peralatan renang. Namun, biasanya pengunjung lebih suka membawa pakaian sendiri, karena dianggap lebih nyaman.

4. Aktivitas Penjelajahan

Kegiatan ini merupakan kegiatan utama yang dilakukan di pantai ini. Hal ini dikarenakan ombak di pantai ini sangat mendukung untuk berselancar. Anda hanya bisa berselancar saat ombaknya besar dan bergulung-gulung. Hal ini sesuai dengan kondisi ombak di pantai ini.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi di sekitar pantaiSumber gambar: Twitter agoda

Bagi wisatawan yang memiliki tempat tinggal terpencil. Anda bisa memilih untuk menyewa akomodasi di sekitar Pantai Lhoknga. Berikut beberapa penginapan terdekat dengan pantai ini yang bisa dikatakan memiliki fasilitas lengkap.

1. Hotel Kyriad Muraya Aceh

Hotel ini merupakan penginapan yang paling laris dan ramai dikunjungi banyak pengunjung. Hal ini dikarenakan fasilitas yang diberikan hampir mirip dengan fasilitas VIP.

Hotel ini bisa ditinggali dengan harga sewa Rp 580.000 per malam. Harga yang dibayarkan sudah termasuk biaya makan dan berbagai fasilitas yang bisa digunakan di hotel ini.

2. Hotel Istana Hermes

Hotel ini memiliki fasilitas layanan bintang 5. Setiap pengunjung akan merasa dimanjakan dengan berbagai layanan yang ditawarkan di hotel ini. Harganya Rp 780.000 per malam.

Tentunya tarif tersebut sudah termasuk total biaya seluruh fasilitas yang digunakan. Bahkan pengunjung yang menginap di hotel ini mendapatkan sarapan.

3. Hotel Padé

Dengan lokasi 5,3 kilometer dari pantai, hotel ini selalu sukses dan ramai dikunjungi pengunjung. Juga, harga yang ditawarkan tidak terlalu tinggi untuk setiap malamnya.

Hanya dengan sekitar Rp 450.000, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan alam di hotel ini. Suasana hotel ini juga dipenuhi dengan pepohonan yang tinggi dan rindang.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Lhoknga, Aceh Besar

Fasilitas di Pantai LhokngaKredit Foto: Google Maps Billy Silaen

Setiap wisatawan yang berkunjung ke wisata pantai ini akan terkejut dengan fasilitas yang ditawarkan. Karena setiap fasilitas selalu dijaga dan diperbarui oleh pengelola. Mulai dari fasilitas umum hingga fasilitas khusus untuk setiap traveler.

Pantai Lhoknga menjadi solusi bagi wisatawan yang ingin merasakan keindahan alam. Sebuah surga di provinsi Aceh, pantai ini selalu ramai dikunjungi. Tidak peduli hari atau hari libur, pantai ini selalu menjadi tempat liburan impian bagi setiap wisatawan. Salah satu daya tarik yang menarik adalah adanya ombak besar yang dapat menghibur wisatawan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button