Tempat Wisata

Pulau Ranoh Batam – Atraksi, Aktivitas Liburan, Tempat dan Biaya Perjalanan

Pemandangan, aktivitas liburan, tempat & biaya perjalanan – Pulau Ranoh salah satu wisata laut yang tersembunyi dan menawan di Batam dengan hamparan pasir putih yang lembut dan deretan pohon kelapa menambah keindahan pulau ini.

Biaya Tur: Mulai dari Rp 550.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pulau Abang, Kec. Galang Baru, Kota Batam, Kepulauan Riau; map: Cek lokasi

Pulau Ranoh adalah salah satu dari sekian banyak destinasi wisata di Kota Batam, Kepulauan Riau, Indonesia. Pulau ini memiliki pasir pantai yang menonjol di permukaan membentuk semenanjung kecil ke arah laut dan memiliki air laut yang tenang dan bersih. Tepatnya pulau ini terletak di atas Jembatan 6 Barelang.

Pulau yang sekarang lebih dikenal dengan julukan Adventure Ranoh Island ini merupakan pantai persinggahan bagi pengunjung yang ingin menyelam dan snorkeling dari Pulau Abang. Umumnya pengunjung menghabiskan waktu di pantai ini untuk makan siang atau sekedar berfoto-foto sebelum meninggalkan tempat ini.

Para wisatawan asing maupun domestik yang berkunjung ke pulau ini kebanyakan menggunakan jasa Adventure Ranoh Island yang tentunya siap menerima tamu yang berlibur di pulau ini dan tentunya membuat waktu liburan anda semakin berkesan, dan tempat yang satu ini juga sangat cocok untuk anda nikmati dengan orang lain orang yang dicintai.

Pemandangan Pulau Ranoh

Objek wisata Pulau Ranoh BatamKredit foto: Google Maps Stephen Sahrun

Selain tempatnya yang indah, pulau ini juga memiliki daya tarik yang mempesona para wisatawan, berikut tempat wisata yang termasuk Pulau Ranoh di Kota Batam.

1. Pantai yang bersih dan air yang jernih

Meski selalu ramai dikunjungi wisatawan, pantai ini masih sangat asri dan bersih. Hal itu membuat pantai ini ramai dikunjungi pengunjung dari dalam dan luar negeri. Anda bisa melihat biota laut di sini tanpa alat atau dengan mata telanjang

2. Pasir putih yang indah

Di sepanjang pantai Pulau Ranoh memiliki pasir putih yang indah dan menawan. Di sini Anda juga bisa bermain istana pasir bersama anak-anak, karena pasirnya yang indah membuat anak-anak betah bermain pasir. Selain itu, Anda juga bisa sekedar jalan-jalan di sepanjang pantai untuk mengisi waktu luang hingga matahari terbenam.

3. Lokasi strategis

Batam merupakan salah satu kota yang memiliki letak strategis karena Batam berada di jalur pelayaran internasional. Kota dengan luas 3.990 km2 ini dinilai memiliki pelabuhan internasional terbanyak di Indonesia.

Beberapa di antaranya adalah Pelabuhan Ferry Harbour Bay, Sekupang International, Batam Center, Noangsa Pura, International Waterfront. Menariknya, pelabuhan tersebut juga menawarkan fasilitas bebas visa bagi pengunjung dari negara tertentu.

Alamat dan rute menuju lokasi di Pulau Ranoh

Alamat Pulau Ranoh BatamSumber gambar: Google Maps Joelrankiy

Ingin ke Pulau Ranoh tapi tidak tahu dimana letak pulau cantik ini? Pulau ini terletak di Kecamatan Galang Baru, Pulau Abang, Batam, Kepulauan Riau, Indonesia. Kota Batam merupakan kota di ujung barat Indonesia yang berbatasan langsung dengan Singapura.

Untuk menuju pulau ini Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Angkutan umum jenis KANDAP dengan rute mulai SP Plasa Batuaji dan berhenti di PT Pari Jembatan 6 Barelang. Untuk menggunakan angkutan umum jenis ini, Anda hanya perlu membayar ongkos sebesar 50.000 rupiah.

Letak pulau ini tepat di antara Pulau Abang Kecil dan Pulau Abang. Untuk menuju ke sana, Anda bisa memilih antara jalur laut dan jalur darat. Rute dapat dimulai dari Kota Batam menuju Pelabuhan Pulau Labun melalui Jembatan 6 Barelang. Dari pelabuhan ini, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan speedboat selama kurang lebih 20 menit sebelum tiba.

Perkiraan biaya perjalanan ke Pulau Ranoh Batam

Biaya Perjalanan ke Pulau Ranoh BatamSumber gambar: Google Maps Joelrankiy

Tidak ada tiket masuk yang dikeluarkan pengelola atau gratis untuk masuk ke Pulau Ranoh, namun ada banyak paket wisata yang menawarkan paket liburan ke pulau ini. Untuk orang asing dikenakan biaya sebesar 780.000 rupiah per orang untuk satu hari liburan dengan fasilitas snorkeling dan 700.000 rupiah tanpa snorkeling.

Jika Anda warga negara Indonesia, harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan dengan warga negara asing. Sebelum datang ke pulau ini, Anda akan diminta untuk memvalidasi KTP sebagai bukti bahwa Anda adalah warga negara Indonesia. Jika diterapkan, maka biaya yang ditawarkan untuk paket wisata ke tempat ini adalah 550.000 per orang termasuk snorkeling.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Ranoh

Aktivitas Menarik Pulau Ranoh BatamKredit foto: Google Maps christopher sitanggang (captainchristopher)

1. Main jet ski

Bagi Anda yang ingin meningkatkan adrenalin dan juga bersenang-senang di pulau ini, Anda bisa mencoba salah satu wahana yang bernama jet ski. Pulau ini dilengkapi dengan fasilitas jet ski yang bisa Anda sewa dengan harga yang tidak terlalu mahal yaitu hanya 305.000 rupiah untuk masa sewa 15 menit.

2. Spot foto instagramable

Di sini kamu juga bisa melakukan aktivitas tanpa mengeluarkan banyak uang, yaitu berfoto. Karena tempatnya yang asri dan asri, pulau cantik ini memiliki background spot foto yang instagramable. Hal ini didukung oleh lokasinya yang indah dan juga banyak tempat yang indah.

3. Snorkeling

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi pantai yang memiliki laut yang indah namun tidak mencoba olahraga airnya. Oleh karena itu, pantai ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menjelajahi biota lautnya karena menawarkan spot snorkeling yang bagus.

Ekosistem bawah laut di lepas pantai Pulau Ranoh tidak kalah jika dibandingkan dengan pantai-pantai terkenal di Indonesia. Karena kondisinya yang bersih dan alami, pantai ini sangat cocok untuk dijelajahi. Di sini kamu bisa melihat berbagai jenis konten laut yang unik dan menyenangkan, dan tentunya jangan lupa untuk mengabadikannya di setiap fotonya.

4. Perahu Pisang

Aktivitas Menarik di Pulau Ranoh BatamKredit foto: Google Maps Stephen Sahrun

Kegiatan ini juga dapat memacu adrenalin dan dapat melatih jantung Anda. Disini terdapat banana boat yang bisa anda gunakan dan bisa anda sewa secara rombongan atau rombongan. Sangat disarankan untuk naik banana boat bersama teman-teman agar lebih seru dan seru.

Harga sewa banana boat di pulau ini hanya berkisar 70.000 rupiah untuk pemakaian dalam jangka waktu 5-8 menit dan minimal 3 orang saja.

5. Berjemur di pantai

Karena posisinya yang strategis untuk mendapatkan banyak sinar matahari, banyak wisatawan memanfaatkan situasi ini untuk berjemur di pulau ini. Berjemur tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan kulit, tetapi juga dapat membakar lemak karena membuat Anda berkeringat.

Akomodasi murah di sekitar pulau Ranoh

Akomodasi murah di sekitar pulau RanohKredit foto: Google Maps Acute Wibowo

1. Hotel Teluk Emas

Hotel bintang 3 ini berada di Tj.Buntung. Hotel ini memiliki harga yang tidak terlalu mahal jika ingin menginap di hotel ini. Secara keseluruhan, hotel ini memiliki kualitas yang baik dari segi akses bandara, hotel ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Fasilitas seperti kamar yang full AC, ada tempat untuk spa, free wifi, parkir yang luas dan gratis, restoran, free breakfast, reception 24 jam, diffable friendly dan tentunya tempat ini sangat cocok jika anda membawa anak-anak .

2. Hotel Bukit Nagoya

Ini adalah salah satu hotel di pusat Kota Batam. Hotel ini berkualitas bintang 3 dan terletak di Bukit Batam. Hotel ini hanya berjarak 3 km dari Terminal Feri Harbour Bay

Hotel ini dilengkapi dengan fasilitas seperti kamar full AC, kolam renang, gym dan spa, WiFi gratis, tempat parkir yang luas dan nyaman, restoran, bar, layanan kamar, sarapan gratis, sarapan prasmanan, layanan lengkap dan hotel ini juga memiliki layanan penjemputan bandara.

3. RedDoorz Baloi Batam

Penginapan ini lebih murah dari 2 hotel yang disebutkan sebelumnya karena penginapan ini masih kualitas bintang 2. Penginapan ini terletak di 757 Wahana Shopping Mall. Gratis.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Ranoh Batam

Fasilitas Pulau Ranoh BatamSumber gambar: Google Maps Joelrankiy

Seiring berjalannya waktu, fasilitas di pulau ini akan semakin lengkap. Ini karena pengelolanya pandai mengelola tempat ini. Fasilitas untuk seru-seruan bersama teman di tempat ini seperti bean bag, panahan, catur, voli pantai, sepak bola pantai dan lain-lain.

Untuk wahana air, tempat ini juga menawarkan banyak wahana air. Antara lain seperti waterpark, kano tunggal, kano ganda, snorkeling, pulau tiup dan juga terapung yang trendi. Ada juga fasilitas tambahan di pulau ini untuk menunjang liburan Anda seperti kamar mandi, mushola, toilet dan restoran.

Itulah beberapa informasi tentang Pulau Ranoh di Kota Batam yang bisa anda atau guide anda pertimbangkan. Dengan tempat yang asri dan tidak tercemar, Anda bisa membuat diri Anda lebih nyaman dan betah untuk tinggal selama berkunjung.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button