Tempat Wisata

Air Terjun Sikulikap Karo – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, aktivitas, lokasi & harga tiket Air Terjun Siculicap salah satu air terjun tersembunyi di Berastagi memeriksa, Sumatera Utara. Wisata air dengan banyak pesona, keindahan dan banyak spot foto keren.

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Desa Doulu, Kecamatan. Berastagi Land, Kab. Karo, Sumatera Utara; map: Cek lokasi

Air Terjun Sikulikap merupakan salah satu dari sekian banyak wisata alam air yang ada di Sumatera. Wisata air yang terletak di Kabupaten Karo ini memiliki ketinggian mencapai 30 meter. Air terjun yang menawan ini sering dikunjungi wisatawan dari berbagai kota. Air terjun ini dikelilingi oleh pohon pinus yang menambah indah pemandangan.

Di sekitar kawasan wisata memiliki keindahan alam yang bisa menyejukkan jiwa. Air terjun yang indah ini memiliki nama lain Sampuren Sikulikap dalam bahasa daerah Karo. Air terjun di tempat ini sangat deras dan sangat indah dibandingkan dengan air terjun lainnya di Sumatera.

Menariknya, wisata air ini berlangsung di tengah hutan hujan tropis. Selain itu, ada juga beberapa fasilitas dan wahana di tempat ini yang cukup bagus dan bagus. Air pada titik ini sangat dingin dan segar. Dimana aliran air di air terjun ini berasal langsung dari Hutan Lindung Bukit Barisan. Namun, wisatawan dilarang mandi langsung di bawah air yang deras.

Atraksi air terjun Sikulikap

Objek Wisata Air Terjun SikulikapKredit foto: Google Maps Ibnu FM

1. Keindahan air terjun

Air terjun Sikulikap dikelilingi oleh tebing berbatu dan ditumbuhi tanaman kecil. Hutan di sekitar air terjun merupakan hutan lindung. Hutan ini juga dijadikan kawasan Taman Nasional Gunung Leuser di Kabupaten Karo.

Salah satu daya tarik di air terjun ini adalah adanya tempat singgah atau istirahat yang dibangun dengan gaya rumah adat Karo. Di tempat ini Anda dapat bersantai dan menikmati makan siang Anda.

Lokasi air terjun yang sejuk dan menyegarkan bisa membuat Anda merinding. Hal ini dikarenakan saluran air yang jatuh sangat besar dan berat. Jadi beberapa peringatan dipasang di sekitar tempat itu. Dimana peringatannya adalah larangan mandi di bawah air terjun langsung.

Air terjun ini terletak di bawah jurang yang dikenal sebagai Gaze Abyss. Tempat ini merupakan tempat paling terkenal di Kabupaten Karo. Kawasan ngarai yang asri dan ramai ini dimanfaatkan warga sekitar untuk berjualan jajanan dan kuliner lainnya.

Anda bisa mendapatkan jagung bakar dan jagung rebus di tempat ini. Sambil menikmati makanan Anda juga akan menikmati keindahan alam perbukitan, hutan dan air terjun.

Untuk mendekati air terjun, Anda tidak perlu khawatir. Petugas pengelola air terjun menyediakan jalur yang aman dan lancar untuk turun ke air terjun. Ada tangga dengan pagar besi di sisi yang Anda dapat dengan aman membawa Anda turun. Beberapa jalan yang curam juga telah diperbaiki dan diaspal.

2. Lihat foto Instagramable

Ada beberapa spot foto instagrammable di kawasan Air Terjun Sikulikap. Spot foto disediakan oleh pengelola di kawasan wisata ini. Memotret anak tangga dengan air terjun menjadi favorit para remaja yang datang.

Beberapa spot foto disiapkan dalam perjalanan menuju lokasi air terjun. Terdapat background cantik yang juga bisa digunakan untuk selfie dan selfie. Selain itu, di dekat air terjun yang indah ini juga terdapat sebuah gubuk unik yang dijadikan sebagai spot foto para wisatawan.

Ada rumah hobbit yang juga menjadi spot foto unik. Di depan rumah hobbit ini, para wisatawan yang datang selalu mengantri untuk mengambil foto bagus di tempat.

Terdapat rumah pohon yang menyuguhkan pemandangan air terjun dari atas pohon. Keberadaan rumah pohon menjadi daya tarik bagi pengunjung yang berduyun-duyun. Pengunjung yang suka hunting foto menjadikan tempat ini sebagai pilihan utama untuk fotografi

Selain itu, beberapa plakat unik dengan tulisan indah dipajang. Keberadaan tulisan-tulisan tersebut juga dijadikan sebagai tempat berfoto dan selfie bagi pengunjung.

3. Tempat foto prewedding

Kawasan hutan dan air terjun yang menawarkan pemandangan sejuk dan sejuk membuat sebagian pengunjung menjadikan tempat ini sebagai spot foto prewedding yang bagus dan romantis. Tempat dan suasana ini juga menawarkan perasaan romantis untuk berfoto bagi pasangan baru.

Diantara deretan pohon pinus adalah salah satu kesempatan berfoto yang tepat. Selain itu, terdapat pojok favorit yang dijadikan sebagai tempat yang asik untuk berfoto bersama pasangan. Berfoto di tempat ini sangat cocok untuk dibingkai dan dipajang dengan indah di dinding rumah Anda.

Sebelum datang ke tempat wisata, periksa cuaca hari itu dan perhatikan. Usahakan untuk tidak datang saat hujan deras. Atau Anda harus benar-benar berhati-hati. Di tangga saat menuruni menjadi lebih licin saat hujan, sehingga lebih mudah tergelincir.

Alamat dan rute menuju air terjun Sikulikap

Alamat Air Terjun SikulikapKredit foto: Pejalan Kaki Google Maps

Air Terjun Sikulikap Karo terletak di Sumatera Utara. Titik keberadaannya adalah Jalan Jamin Ginting, Desa Doulu, Tanah Berastagi, Karo. Dari Medan, dibutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan menuju tempat wisata air terjun.

Air terjun ini menjadi pilihan utama saat berlibur bersama keluarga atau teman. Untuk rute menuju lokasi, jika berada di pusat kota Medan, arahkan kendaraan anda ke Martelu. Jalan ini akan membawa Anda ke perbatasan.

Setelah sampai di perbatasan Kabupaten Karo, Anda bisa mengikuti petunjuk arah menuju Air Terjun Sikulikap. Dari perbatasan ini, perjalanan menuju wisata lebih mudah dengan berjalan kaki.

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan, tersedia tempat parkir di dekat gerbang masuk wisata. Setelah itu Anda harus berjalan kaki untuk melihat pemandangan.

Masuk ke kawasan wisata air ini gratis. Hanya saja kendaraan yang diparkir mengenakan biaya lima ribu rupiah untuk sepeda motor. Dikenakan biaya sepuluh ribu rupiah untuk kendaraan roda empat dan sejenisnya.

Jam wisata air adalah dari jam 7 pagi saat matahari terbit hingga jam 5 pagi saat matahari terbenam. Pengunjung disarankan untuk tidak berada di dasar ngarai atau di dekat air terjun setelah gelap. Selain gelap, sangat berbahaya jika tidak melihat jalan yang mulus.

Aktivitas Seru di Air Terjun Sikulikap

Aktivitas seru di Air Terjun SikulikapKredit foto: Google Maps A Seng

1. Trekking ke air terjun

Jalan santai menuju tempat wisata air ini memakan waktu sekitar 15 menit. Jalur trekking dibuat mulus dan baik. Ada beberapa anak tangga yang harus dilewati. Setiap tangga memiliki pegangan besi untuk berpegangan.

Trekking ini dimulai dari tempat parkir. Perjalanan dapat memberikan Anda banyak pengalaman menarik. Jejak air terjun melewati hutan, sehingga akan terasa sangat seru. Deretan pepohonan hijau dan pemandangan alam yang akan Anda temukan di sepanjang jalan dapat memperkaya koleksi foto Anda.

Dalam perjalanan Anda akan disuguhkan dengan bunga anggrek hutan yang bermekaran dengan indahnya. Selain itu, beberapa kera yang bermain di sekitar pepohonan bisa menjadi penyemangat perjalanan Anda ke lokasi.

2. Bersantai di area air terjun

Aliran air yang mengalir di kawasan Air Terjun Sikulikap berasal langsung dari Pegunungan Karo. Ditambah dengan semilir angin segar dari hutan wisata di sekitarnya, menjadikan tempat ini sebagai tempat liburan yang nyaman.

Selain pemandangan yang menyejukkan, pemandangan di kawasan ini juga dibingkai oleh aroma pohon pinus yang mengelilingi air terjun. Tempat ini sangat bagus sebagai tempat untuk mengambil foto atau membuat video.

3. Mendaki

Lokasi air terjun ini sudah lama digunakan oleh wisatawan sebagai area pendakian. Ada permukaan batu di dekat air terjun yang sangat cocok untuk olahraga ekstrim ini.

Panjat tebing memiliki kemiringan sekitar 90 derajat. Medan yang seram dan menantang ini telah menjadi aktivitas populer bagi banyak wisatawan lokal, asing, dan luar kota.

Komunitas pendaki sering datang dan menggunakan tempat ini untuk berlatih. Bagi anda yang suka ketinggian dan ingin menguji keberanian anda bisa datang ke tempat air terjun tersebut. Bagi Anda yang ingin mencoba olahraga ini untuk pertama kalinya, jangan khawatir dan jangan takut karena Anda akan diberikan peralatan dan keselamatan serta pelatihan.

4. Berkemah

Kegiatan rekreasi di air terjun SikulikapKredit foto: Google Maps Sejahtera Pandia

Di dekat air terjun terdapat kawasan perkampungan. Anda bisa mendirikan tenda sambil menikmati keindahan alam di sekitar Anda. Mereka yang berkemah di tempat ini tidak perlu takut kekurangan air. Jika Anda mendekat, Anda bisa mengambil air di air terjun yang airnya berasal dari pegunungan ini.

Menikmati suasana hutan dan air terjun di sekitar wisata ini bermalam akan membuat Anda merasa rileks. Di malam hari, nyanyian jangkrik akan menemani tidur nyenyak Anda.

Di tempat ini kamu bisa mengadakan acara seru sambil camping. Misalnya membuat api unggun. Setelah membuat api, Anda bisa membakar jagung atau ayam di perapian. Kegiatan ini sering dilakukan oleh beberapa pengunjung yang datang ke perkemahan.

5. BBQ Keluarga

Di sekitar air terjun Anda dapat mengadakan barbekyu atau barbekyu bersama keluarga atau teman. Di mana lagi Anda bisa mengadakan BBQ outdoor di dekat air terjun jika bukan di Air Terjun Sikulikap.

Lokasinya yang sangat mendukung menjadikan lokasi ini sangat tepat dan pas. Liburan asik bisa kamu lakukan sambil makan di dekat air terjun ini. dikelilingi oleh pemandangan alam yang eksotis dan air terjun yang mempesona yang akan membuat momen liburan Anda semakin indah.

Fasilitas Air Terjun Sikulikap Karo

Air Terjun SikulikapSumber gambar: Google Maps Hanif Nasution

Fasilitas yang ditawarkan tempat wisata air ini cukup luas. Ada spot foto yang unik dan menarik, Ada tempat untuk duduk dan beristirahat. Ada gubuk kayu tradisional gaya Karo. Ada fasilitas umum dan tempat parkir.

Selain itu, terdapat fasilitas yang digunakan sebagai tempat olahraga dan fun games. Ada tempat panjat tebing atau rock climbing di dekat air terjun, ada perkampungan di tempat yang strategis.

Demikian informasi mengenai Air Terjun Sikulikap di Tanah Karo yang juga pernah terkenal. Kini air terjun tersebut kembali hadir dan menjadi populer kembali. Setelah tidur panjang. Menurut Tourist Board, tempat wisata air ini kini telah dikunjungi lebih dari 1000 pengunjung.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button