Tempat Wisata

Kebun Raya Cibodas, destinasi populer untuk liburan keluarga di Cianjur

harga tiket: Rp16.500, Waktu aktif: 08.00-16.00 WIB, Alamat: JL. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab.Cianjur, Jawa Barat; map: Cek lokasi

Suaka berbagai jenis flora sekaligus tempat wisata ini terletak di kawasan perbukitan Bogor, Jawa Barat. Sering disebut Kebun Raya Ciboda oleh masyarakat luas, tempat ini tidak hanya terkenal dengan lingkungan sejuk khas perbukitan tetapi juga sering dikunjungi oleh banyak wisatawan umum.

Situs yang dulunya merupakan perkebunan milik Belanda kini telah berubah menjadi tempat wisata yang menawarkan berbagai wahana di Cianjur. Anda dan keluarga juga akan disuguhi keseruan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata tersebut.

Jika Anda berencana menghabiskan waktu liburan di tempat wisata dengan suguhan outdoor, maka suaka flora Kebun Raya Cibodas bisa menjadi pilihan yang tepat. Di sini Anda akan menemukan berbagai informasi mengenai tempat-tempat wisata tersebut, mulai dari harga tiket, atraksi dan itinerary.

Daya Tarik Kebun Raya Cibodas

Atraksi Kebun Raya CibodasSumber gambar: Twitter jurnal kecantikan

1. Sebagai Tempat Pelestarian Flora

Tempat wisata ini awalnya didirikan terutama sebagai daerah penanaman buah kina pada masa penjajahan Belanda. Hal ini dibenarkan oleh tempat wisata itu sendiri melalui kilasan sejarah yang menceritakan awal mula berdirinya tempat wisata tersebut.

Namun, karena kina tidak cocok ditanam di ketinggian lebih dari 1200 mdpl, lokasi tersebut diubah menjadi lokasi penanaman tanaman endemik nusantara. Seiring waktu, koleksi flora endemik berkembang dan spesies baru berdatangan dari luar negeri.

Pada tahun 2003, pemerintah saat itu meresmikan kebun raya sebagai tempat konservasi berbagai jenis tumbuhan. Kemudian situs konservasi dibuka sebagai tempat wisata karena letaknya yang strategis dan dibuka sebagai tempat wisata baru.

2. Suasana sejuk dan asri

Tempat wisata ini terletak di daerah perbukitan dan memiliki suhu rata-rata 18-20°C. Sehingga suasana sejuk khas daerah perbukitan masih bisa dirasakan saat pertama kali memasuki tempat wisata tersebut.

Apalagi saat matahari belum terbit atau masih pagi, dinginnya terasa seperti udara di dalam lemari es yang terbuka. Oleh karena itu, bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan hawa dingin, kebutuhan akan baju hangat sangatlah penting.

Namun, bukan hanya hawa dingin yang menarik wisatawan ke tempat wisata ini, tetapi juga karena banyaknya pepohonan yang tampak tumbuh subur. Nuansa indah pepohonan rindang berpadu dengan hawa dingin khas perbukitan yang menyejukkan.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket Kebun Raya Cibodas

Alamat Kebun Raya CibodasKredit foto: Google Maps Go Van

Kebun raya ini terletak di Sindangjaya yang masih satu kawasan dengan Cipanas. Tempat-tempat wisata ini dapat dengan mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Trek yang Anda lewati juga dalam kondisi baik dan beraspal.

Jika Anda terbang dari ibu kota Jakarta, hanya akan memakan waktu sekitar 1,5 jam. Setelah meninggalkan kawasan ibu kota melalui jalan raya, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Puncak Bogor. Jika Anda pergi pada siang hari, kemungkinan besar Anda akan terjebak macet.

Namun, ada hal lain yang bisa Anda pilih untuk menghindari kemacetan, yaitu dengan berangkat pagi-pagi sekali. Meski perbukitan khas Jawa Barat terasa lebih dingin, hal ini tidak menjadi masalah karena untuk menghindari kemacetan lalu lintas yang padat.

Setelah sampai di pertigaan menuju Jalan Cibodas, kendaraan Anda akan berbelok ke kiri untuk menuju tempat wisata tersebut. Sekitar 4 km dari perempatan tersebut Anda akan melihat pintu masuk Kebun Raya Cibodas.

Keadaan jalan yang terlihat lebih lebar dan landai inilah yang akan Anda lewati saat memasuki kawasan Cimacan dari Jalan Cibodas. Namun, kondisi kendaraan yang Anda gunakan sendiri harus tetap prima karena daerah perbukitan yang terkenal dengan tanjakan dan tikungan yang tajam.

Bagi Anda yang lebih suka menggunakan angkutan umum, Anda bisa memilih jenis angkutan umum yang banyak terdapat di kawasan Bogor. Anda dapat mengambil rute yang sama ketika berangkat dari ibu kota atau daerah lain.

Jika ingin berkunjung ke kawasan wisata Kebun Raya Cibodas dengan keindahan alamnya yang mempesona, Anda bisa membayar tiket seharga Rp 16.500 per orang. Harga tersebut untuk wisatawan lokal maupun mancanegara, karena wisatawan asing sering berkunjung ke tempat wisata ini.

Aktivitas menarik di Kebun Raya Cibodas

Aktivitas di Kebun Raya CibodasSumber Gambar: Google Maps Aditya Nugraha

1. Ambil foto dengan lokasi berbeda

Wisatawan yang ingin mengabadikan setiap momen di satu tempat wisata tersebut wajib mencoba beberapa spot foto yang disediakan. Selain pemandangan perbukitan yang hijau, ada beberapa tempat lain yang menyuguhkan keindahan berbeda.

Sebut saja kebun sakura yang berada di dekat pintu masuk, kamu bisa menjadikan lokasi taman bunga lebih menarik sebagai latar belakang. Jika Anda berkesempatan melihat pohon sakura ini bermekaran, warna pink kelopaknya akan berjatuhan memenuhi setiap jalan.

Selain itu, berbagai jenis kupu-kupu beterbangan di sekitar pohon sakura yang sedang mekar. Tentu saja, ketika Anda berfoto ditemani oleh pohon sakura yang sedang mekar, seolah-olah Anda sedang dalam perjalanan ke luar negeri.

2. Berkemah

Kebun raya ini juga menawarkan area camping dengan luas hingga lebih dari 2 hektar. Wisatawan yang ingin menginap di tenda-tenda di bumi perkemahan bisa merasakan menginap di luar ruangan dengan meminta izin terlebih dahulu kepada pengelola.

Nuansa malam di tempat wisata akan sangat berbeda, dimana udara dingin khas perbukitan akan terasa saat malam tiba. Perlengkapan berkemah, seperti selimut atau jaket tebal, jangan sampai ketinggalan di tas jika tidak ingin terkena hipotermia.

Demi menjaga kebersihan lingkungan di tempat wisata alam yang menarik ini, wisatawan yang sudah selesai berkemah bisa membawa pulang sampah yang tersisa. Jika hal ini terus berlanjut, ke depan kebersihan lokasi wisata akan tetap terjaga.

3. Bersepeda

Selain kemungkinan menggunakan mobil untuk berkeliling kawasan wisata, ada juga layanan penyewaan sepeda untuk menghindari para wisatawan. Bagi Anda yang terlalu lelah untuk berjalan ratusan meter, Anda bisa memanfaatkan kehadiran sepeda ini.

Tentu saja Kebun Raya Ciboda yang memiliki luas 80 hektar akan melelahkan jika hanya berjalan kaki mengunjungi setiap sudut tempat tersebut. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan menyewa sepeda wisata, Anda bisa berkeliling sepuasnya dengan kendaraan roda dua ramah lingkungan ini.

Selain itu, jumlah sepeda yang disediakan cukup banyak, sehingga Anda tidak perlu mengantri lama untuk menggunakan transportasi tersebut. Anda bisa mencoba aktivitas menarik ini terutama harga sewanya yang masih relatif ramah kantong.

4. Rekreasi keluarga

Aktivitas di Kebun Raya CibodasKredit foto: Google Maps Yansen Dino

Jika anda sedang berwisata bersama keluarga tercinta maka kegiatan rekreasi bisa menjadi pilihan yang tepat selama menginap di tempat wisata ini. Di dalam resor wisata terdapat area padang rumput yang luas, yang bisa menjadi tempat istirahat Anda bersama keluarga.

Dengan menggelar tikar kecil atau duduk langsung di halaman, Anda bisa menikmati keindahan alam sekitar sambil bercanda dengan kerabat. Anak-anak bisa bebas berlarian kesana kemari karena padang rumputnya hampir sebesar lapangan sepak bola.

Selain keindahan alam berupa padang rumput, Kebun Raya Cibodas memiliki dua buah air terjun yang airnya mengalir di sungai alami. Anda dan keluarga bisa merasakan kesegaran airnya dengan mencelupkan kaki sejenak ke arus sungai.

5. Cobalah menunggang kuda

Di tempat wisata ini terdapat wahana edukasi berupa menunggang kuda yang bisa dicoba oleh setiap wisatawan. Ditemani pemandu profesional, Anda tak perlu takut menunggangi kuda setinggi lebih dari satu meter.

Setelah duduk di atas kuda dan siap memulai perjalanan, Anda akan diajak mengunjungi beberapa tempat di kawasan wisata. Dilengkapi dengan beberapa pengaman seperti helm dan sepatu khusus untuk membuat Anda terlihat lebih gagah saat berada di atas binatang yang satu itu.

Fasilitas yang tersedia di Kebun Raya Cibodas Cianjur

Fasilitas Kebun Raya CibodasSumber gambar: Google Maps Salem Aldhawi

Di kawasan Botanical Garden, Anda akan menemukan berbagai fasilitas yang telah disediakan untuk para wisatawan yang berkunjung. Bagi Anda yang datang ke tempat wisata ini bersama keluarga, terdapat gazebo yang bisa dijadikan sebagai tempat menginap.

Ukuran gazebo cukup luas, sehingga bisa digunakan hingga 20 orang sekaligus. Selain itu, selama perjalanan, Anda dapat membeli berbagai jenis makanan dan minuman untuk makan siang di toko dekat area paviliun.

Namun jika Anda ingin duduk dan beristirahat di tempat yang lebih bergaya, ada kafe unik dengan gaya modern minimalis yang bisa dipilih. Anda bisa memesan menu seperti kopi, milkshake dan snack modern, yang bisa Anda nikmati sambil memandangi pemandangan alam yang menakjubkan.

Tema outdoor yang dipilih oleh kafe ini menampilkan beberapa kursi dan meja yang sengaja ditempatkan di luar ruangan dengan satu payung sebagai atapnya. Pada saat yang sama, saat menyantap hidangan yang dipesan, Anda bisa melihat suasana alam dengan perbukitan hijau sebagai pemandangannya.

Selain itu, di toko-toko yang disediakan, wisatawan dapat membeli oleh-oleh berupa boneka, jajanan atau hiasan menarik lainnya. Tentu saja, mengunjungi tempat wisata tanpa membeli oleh-oleh sebagai kenang-kenangan atau memberikannya kepada kerabat di kampung halaman belumlah lengkap.

Itu saja informasi tentang wisata Kebun Raya Cibodas yang namanya sudah terkenal di seluruh nusantara. Dengan keindahan alam dan berbagai aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan, menghabiskan waktu liburan Anda di tempat wisata ini pasti akan meninggalkan kesan tersendiri.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button