Berita Wisata

Ingat, Gunung Rinjani akan menutup sebagian wisatanya hingga Maret 2023

Jakarta

Kondisi cuaca ekstrim sedang melanda kawasan Gunung Rinjani Lombok. Akibatnya, pengelola menutup beberapa destinasi wisata hingga akhir Maret 2023.

Dalam siaran resminya, dikutip Selasa (10/11/2022), penutupan sudah dimulai beberapa hari lalu. Destinasi yang ditutup dan dilarang aktivitasnya bukan pendakian, melainkan wisata alam lainnya, seperti air terjun.

Destinasi wisata alam yang ditutup merambah dari Kabupaten Lombok Timur hingga Lombok Utara. Jadi traveler tidak bisa main basah-basahan di destinasi ini yang kebanyakan wisata air terjun.

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

Berikut pengumuman penutupan wisata alam di Gunung Rinjani hingga akhir Maret 2023:

PENGUMUMAN PENUTUPAN DESTINASI WISATA ALAM DI TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI

Semeton Rinjani, memperhatikan informasi prakiraan cuaca dari stasiun iklim BMKG Kelas I Mataram tentang potensi cuaca buruk dan surat dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Lombok Timur Nomor: 360/240/BPBD/2022 tanggal 6 Oktober 2022 perihal himbauan untuk mewaspadai perubahan cuaca ekstrim yang terjadi dan potensi dampak banjir, tanah longsor dan puting beliung, pihak taman Taman Nasional Gunung Rinjani telah mengeluarkan surat pengumuman Nomor : PG.34/T.39/TU/KSA/10/2022 tentang Penutupan Destinasi Wisata Alam Tanpa Pendakian di Taman Nasional Gunung Rinjani.

Destinasi wisata alam non pendakian di Taman Nasional Gunung Rinjani yang ditutup mulai tanggal 8 Oktober 2022 hingga 31 Maret 2023 adalah sebagai berikut:

1. Air Terjun Jeruk Manis, Desa Jeruk Manis, Kec. Sikur, Kab. Lombok Timur,
2. Air Terjun Mayung Polak, Desa Timbanuh, Kec. Pringgasela, Kab. Lombok Timur, dan
3. Air Terjun Mangku Sakti via Desa Sajang, Kec. Sembalun, Kab. Lombok Timur dan Desa Sambik Elen, Kec. Bayan, Kab. Lombok Utara.

Tonton video “Pesona Air Terjun Madakaripura, Gajah Mada Dikatakan Berpenjara”
[Gambas:Video 20detik]
(misalnya /ddn)

Source: travel.detik.com

Related Articles

Back to top button