Berita Wisata

Gubernur berharap peserta MTQN sempat berkunjung ke Wisata Kalsel

Banjarmasin (ANTARA) – Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor berharap peserta Musabaqah Tilawatil (MTQ) Nasional Al-Qur’an Tahun 2022 menyempatkan diri mengunjungi tempat-tempat wisata di provinsi tersebut.

“Karena di daerah kita banyak sekali objek wisata yang bisa dikunjungi,” ujarnya saat acara Malam Karavan MTQ Taaruf Nasional di Sungai Martapura yang deras di kota Banjarmasin, Selasa malam.

Gubernur mengatakan, peserta MTQ nasional dari berbagai provinsi di Indonesia dapat mengunjungi objek wisata religi di Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar tempat diadakannya lomba tersebut.

Baca Juga: Kalteng Juarai Parade Taaruf Nasional MTQ

Seperti di kota Banjarmasin, kata dia, terdapat masjid bersejarah Kesultanan Banjar serta makam Sultan Banjar pertama yaitu Sultan Suriansyah, Masjid Sabilal Muhtadin dan Masjid Jami Sungai Jingah. .

Untuk di Kabupaten Banjar, kata Sahbirin, objek wisata religi yang sudah mendunia dan dikunjungi jutaan orang adalah ziarah ke makam KH Zaini bin Abdul Gani atau Guru Sakumpul dan makan Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau Datu Kalampayan.

Tidak hanya menawarkan wisata religi, kata gubernur, Kalsel juga memiliki wisata alam yang indah, juga dekat dengan tempat lomba MTQ tingkat nasional, seperti wisata alam Tahura dan Bukit Batu di wilayah Kabupaten Banjar.

Baca juga: Karavan Nasional MTQ Digelar di Tepian Sungai Martapura

“Kalau ke objek wisata alam Tahura hanya 20 menit dari kota Banjarbaru, ada sirkuit olahraga paralayang dan keindahan hutan dan pegunungan,” jelasnya.

Gubernur Kalsel yang lebih akrab disapa Paman Birin ini juga mengatakan bahwa provinsinya seperti selendang yang jatuh dari langit, kaya akan wisata alam yang indah.

“Jadi sayang kalau di Kalsel dan tidak berkunjung ke wisata, ada juga objek wisata pasar terapung di Lokbaintan, Kabupaten Banjar,” ujarnya.

Baca juga: Ganjar Apresiasi Karavan Jawa Tengah di MTQ

Dalam acara malam Taaruf juga ditampilkan wisata sungai yaitu atraksi perahu hias dan jukung di Sungai Martapura di kota Banjarmasin.

Sungai Siring Martapura Kota Banjarmasin merupakan salah satu ikon pariwisata Kalsel yang diharapkan dapat dinikmati oleh peserta MTQ Nasional yang akan diselenggarakan pada 10-19 Oktober 2022.

Pembukaan MTQ Nasional ke-29 akan dilaksanakan pada 12 Oktober 2022 di Taman Kiram, Kabupaten Banjar, yang diperkirakan akan dihadiri oleh Presiden RI Ir H Joko Widodo.

Ke-12 venue pertandingan MTQ Nasional ke-29 yang dimulai 13-19 Oktober ini berlokasi di tiga zona, yakni Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, dan Kota Banjarmasin.

Wartawan: Sukarli
Penerbit: Heru Dwi Suryatmojo
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: www.antaranews.com

Related Articles

Back to top button