Tempat Wisata

Pantai Karang Bolong Pacitan – atraksi, aktivitas liburan, lokasi dan harga tiket

Pemandangan, aktivitas liburan, lokasi & harga tiket – Pantai Karang Bolong Pacitan, pantai eksotis yang menawarkan pesona karang bolong seperti Gerbang Laut Selatan. Wisata laut yang unik dengan view air terjun.

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Karang Bolong, Kendal, Sendang, Kec. Pacitan, Kab.Pacitan, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Bicara soal Pacitan, kota kelahiran Presiden SBY cukup terkenal di kalangan wisatawan. Karena kota di barat daya provinsi Jawa Timur ini memiliki banyak pantai karena letaknya yang langsung berada di Samudera Hindia. Salah satu pantai yang ada di Pacitan adalah Pantai Karang Bolong.

Pantai indah ini sendiri belum banyak dikenal sebelum ‘era keemasan’ media sosial beberapa tahun terakhir. Meski lokasinya dekat dengan Pantai Klayar, pantai ini baru terkenal karena banyak fotografer yang mengunggah keindahan pantai eksentrik ini ke media sosial mereka.

Pantai ini berbeda dengan pantai lainnya; karena di pantai ini anda tidak akan menemukan pasir pantai yang luas. Sebaliknya, daya tarik utama di Pantai Karang Bolong adalah bongkahan batu yang berlubang di tengahnya. Selain itu, pantai di Pacitan ini masih menawarkan banyak hal unik yang membuatnya wajib dikunjungi saat berwisata di Pacitan.

Atraksi Pantai Karang Bolong

Tempat Wisata di Pantai Karang BolongKredit foto: Google Maps Andrey Tikhomirov

Pantai yang menawan ini merupakan pantai yang letaknya tidak jauh dari Pantai Klajar. Dari Pantai Klayar Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar satu kilometer. Namun, Pantai Karang Bolong memiliki pesona yang membedakannya dari yang lain. Apa keistimewaan pantai ini?

1. Pantai Tanpa Pasir

Jika pantai umumnya memiliki area berpasir, jangan berharap menemukan pasir pantai saat Anda mengunjungi Karang Bolong. Karena pantai ini terletak di atas tebing dan tidak bersinggungan langsung dengan air laut.

Sebagai gantinya, Anda akan menemukan area rerumputan hijau yang cukup luas. Bisa dibilang area berumput di pantai ini menyerupai sabana. Anda bisa menggelar tikar, menikmati pemandangan pantai, dan bersantai bersama orang-orang terdekat.

2. Tebing karang “lubang”

Penamaan pantai ini ‘Karang Bolong’ sepertinya bukan tanpa alasan. Seperti yang sudah disebutkan, pantai ini berdiri di atas tebing berbatu yang besar. Nah di salah satu sisi pantai kamu bisa melihat ada blok tebing dengan lubang besar di tengahnya. Lubang inilah yang menjadi dasar nama pantai ini disebut ‘Karang Bolong’.

Tak hanya itu, bebatuan karang yang menentang ganasnya ombak Samudera Hindia juga menjadi daya tarik utama kunjungan wisatawan ke pantai ini. Anda dapat melihat terumbu karang dari atas, tetapi Anda harus berhati-hati karena belum ada fasilitas keamanan di pantai ini.

3. Panorama matahari terbenam dan matahari terbit

kamu pemburu matahari terbenam? Jangan sia-siakan kunjungan anda ke pantai ini tanpa melihat sunset di Pantai Karang Bolong. Menyaksikan langit berubah warna dari biru cerah menjadi kuning dan kemudian oranye adalah momen yang sayang untuk dilewatkan. Apalagi jika Anda bisa melakukannya sambil duduk di tebing dan ditemani suara deburan ombak. Wow!

Dalam cuaca cerah Anda bahkan dapat melihat matahari terbit dari tempat yang sama. Rasakan sensasi menyambut hari baru yang dikelilingi alam. Semilir angin sepoi-sepoi ditambah dengan mentari pagi yang membakar semangat menjadi harmoni yang baik untuk mengawali hari.

4. Keindahan air terjun

Pernahkah Anda menemukan pantai dengan air terjun? Jika Anda belum pernah menemukan pantai seperti itu, Anda bisa mencoba mengunjungi Pantai Karang Bolong. Karena di pantai ini terdapat air terjun di salah satu sisi tebing. Tentunya air terjun ini juga menjadi daya tarik wisata, terutama bagi yang suka berfoto.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Karang Bolong

Alamat Pantai Karang BolongSumber gambar: Google Maps Zora Revando

Surga laut ini terletak di Karang Bolong, Desa Sendang, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dilihat dari peta online, pantai ini berjarak sekitar 39 kilometer dari pusat kota Pacitan. Pantai ini memiliki pintu gerbang yang sama dengan Pantai Klayar, anda bisa bertanya langsung kepada warga sekitar bagaimana cara menuju Pantai Karang Bolong.

Bagi anda yang berasal dari kota Pacitan bisa langsung menuju kawasan Donorejo. Agar lebih mudah, Anda bisa mengikuti jalan untuk sampai ke Pantai Klayar. Akses menuju pantai tidak sulit dan jalannya relatif bagus. Namun, saat mendekati kawasan pantai, Anda harus berhati-hati karena kondisi jalan yang belum beraspal.

Anda dapat mengunjungi tempat pantai ini dengan kendaraan pribadi. Sementara itu, masih belum ada angkutan umum yang bisa mengantar Anda langsung ke lokasi. Lokasi pantai ini bisa kamu temukan di peta online, jadi kamu tidak perlu susah-susah mencari jalan menuju pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Pacitan Karang Bolong

Harga Tiket Masuk Pantai Pacitan Karang BolongKredit foto: Google Maps Rizqi Fajriansyah

Untuk masuk ke pantai ini pengunjung dikenakan biaya Rp 10.000 (dewasa) dan Rp 5.000 (anak-anak). Tiket masuk pantai ini masih satu dengan tiket masuk Pantai Klajar. Perhatikan bahwa harga ini dapat berubah sesuai kebijaksanaan pengelola lokasi wisata.

Dari loket tiket menuju Pantai Karang Bolong, biasanya ada beberapa orang yang menyediakan jasa ojek. Hal ini dikarenakan tidak semua kendaraan dapat melaju di jalan berbatu, yang cukup berbahaya bagi pengemudi yang tidak terbiasa dengan medan yang sulit. Bahkan menurut beberapa pengunjung, mobil tidak bisa masuk dan harus diparkir agak jauh.

Aktivitas menarik di pantai Karang Bolong

Aktivitas menarik di pantai Karang BolongSumber gambar: Google Maps Alfi Nurul

1. Menikmati matahari terbenam dan matahari terbit

Tidak semua pantai memiliki kesempatan untuk menampilkan matahari terbit dan terbenam. Jika Anda suka menonton matahari terbit dan matahari terbenam, Pantai ini bisa menawarkan Anda berdua. Hanya untuk matahari terbitAnda bisa berkemah agar tidak kesiangan dan melewatkan kesempatan untuk melihat indahnya mentari pagi.

matahari terbenam di pantai ini tidak boleh dianggap remeh. Jika cuaca cerah, Anda dapat dengan mudah mengamati matahari terbenam di tebing sambil berteman dengan angin pantai yang lembut. Suasana romantis matahari terbenam pantai ini bisa menghanyutkan siapa saja di dalamnya.

2. Bersantai

Bersantai di pantai tentu bukan hal yang “wow” jika dilakukan di hamparan pasir yang menutupi pantai. Namun, bagaimana dengan perasaan santai di tengah luasnya sabana yang dipadukan dengan suara deburan ombak, aroma laut dan semilir angin pantai yang sepoi-sepoi? Untuk mengetahuinya, Anda bisa mencobanya sendiri di Pantai Karang Bolong.

3. Nikmati panorama dan ambil foto

Begitu banyak objek panorama yang bisa Anda lihat di tempat ini. Mulai dari sabana yang terhampar, bongkahan bongkahan batu yang membanggakan namun indah dipandang, pemandangan laut lepas, bahkan jika datang sore hari pun bisa terlihat. matahari terbenam. Bisa dibilang pantai ini memiliki paket yang lengkap.

Tak ketinggalan, Anda juga bisa mengabadikan momen-momen kunjungan Anda ke pantai ini dengan mengabadikannya dengan kamera Anda. Baik itu foto panorama atau foto Anda bersama teman, keluarga, atau orang terkasih, jangan lupakan aktivitas ini. Apalagi saat matahari terbenam, kamu bisa mengambil siluet yang indah imut Juga.

4. Berkemah

Berkemah di pantai ini bisa dibilang cukup aman. Ada toilet di area pantai dan sumber air tidak sulit didapat. Anda hanya perlu membawa bekal yang cukup, karena tidak ada penjual makanan di pantai eksotis ini. Cukup jauh ke desa terdekat, jadi lebih baik mempersiapkan semuanya dengan baik.

Selain itu, jika Anda datang ke perkemahan bersama teman atau keluarga besar, Anda dapat mengadakan pesta memanggang ditemani angin malam dan suara deburan ombak. Bernyanyi bersama juga menyenangkan.

5. Perburuan Foto Bima Sakti

Tidak hanya foto panorama, kamu yang suka fotografi bisa leluasa mencari foto galaksi Bima Sakti. Hal ini tentunya akan lebih mudah dilakukan di daerah pesisir mengingat polusi cahaya sangat rendah dibandingkan dengan daerah perkotaan.

Akomodasi murah dekat Pantai Karang Bolong

Akomodasi murah dekat Pantai Karang BolongKredit foto: Google Maps Okky Waskito

Akomodasi di sekitar pantai ini kurang lebih sama dengan akomodasi di sekitar Pantai Klayar. Ada beberapa pilihan dengan jarak dan harga yang berbeda.

1. Homestay Nova

keluarga angkat Letaknya tidak jauh dari gerbang masuk Pantai Klayar dan Pantai Karang Bolong yang berjarak sekitar 700 meter. Harga per malamnya yang ramah kantong membuat tempat ini cocok untuk kamu yang traveling bareng anggaran minimal. Kamar yang disewakan cukup luas dan dilengkapi dengan kipas angin/AC.

2. Homestay Platar Ombo

lokasi keluarga angkat itu cukup dekat keluarga angkat sudah disebutkan, dan harganya tidak jauh berbeda. Hanya saja ada warung makan keluarga angkat Ini membuat makan lebih mudah bagi Anda. Fasilitas yang ditawarkan juga tidak jauh berbeda.

3. Vila Bukit Batu

jika anggaran tidak menjadi halangan, anda bisa mencoba menginap di Batu Hill Villa. Fasilitas yang disediakan cukup memadai sehingga Anda bisa menginap dengan nyaman di sana. Vila ini memiliki nuansa alami dan sebagian besar furniturnya terbuat dari kayu, bambu, atau batu.

4. Retret Desa Limasan

Karena harganya yang berada di tengah-tengah ketiga pilihan akomodasi di atas, maka resort ini bisa menjadi pilihan jika Anda menginginkan pengalaman berwisata yang nyaman namun tidak terlalu mahal. Tempat ini cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga kecil atau orang tersayang.

Namun, seperti halnya Batu Hill Villa, jarak pantai ke Desa Limasan Retreat cukup jauh. Sehingga anda perlu membawa kendaraan sendiri untuk mencapai lokasi pantai.

5. Pemandangan indah di Larasati Homestay

keluarga angkat Jaraknya sekitar 700 meter dari pantai, jadi sangat dekat dengan area pantai. Harga kamar per malam tidak jauh berbeda, tapi sesuai backpacker yang ingin berkunjung ke kawasan Pantai Karang Bolong. Anda dapat memilih kamar dengan atau tanpa AC dan harga untuk kedua kamar berbeda.

Fasilitas di Pantai Karang Bolong

Fasilitas Pantai Karang BolongSumber gambar: Google Maps Bayu Nurseto

Tidak banyak fasilitas di pantai ini. Mungkin ini karena kunjungan wisatawan masih belum sebanyak kunjungan ke pantai Klaya. Oleh karena itu, ketika Anda berkunjung ke pantai ini, jangan heran jika fasilitas wisata yang ada hanya sedikit, yaitu toilet, tempat perkemahandan tempat parkir.

Itulah beberapa informasi tentang Pantai Karang Bolong yang bisa menjadi destinasi wisata anda selanjutnya saat anda berkunjung ke Pacitan. Tentunya pantai ini akan membuat momen liburan Anda semakin seru dengan banyaknya hal yang ditawarkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button