Berita Wisata

Karavan Nasional MTQ Kalimantan Selatan mencicipi kelezatan Banjara sambil menyaksikan jukung hias di Sungai Martapura

Banjarmasin, kalselpos.com– Peserta Karavan Nasional MTQ XXIX tahun 2022 menikmati aneka kelezatan banjar sambil menyaksikan jukung hias di Sungai Martapura saat taaruf dan makan malam di Siring Sungai Martapura, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan pada Selasa malam (11/10/2022).

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengatakan pemerintah dan masyarakat Kalsel berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh peserta MTQ nasional karena wilayah ini menjadi tuan rumah acara ini untuk kedua kalinya setelah 52 tahun. .

Gubernur menginginkan MTQ Nasional menjadi ajang silaturahmi untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

Dalam kesempatan ini, Paman Birin, sapaan akrab H Sahbirin Noor, berharap para peserta MTQ tingkat nasional juga menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di provinsi tersebut.

“Karena di daerah kita banyak sekali objek wisata yang bisa dikunjungi,” ujarnya saat acara Malam Karavan MTQ Taaruf Nasional di Sungai Martapura yang deras di kota Banjarmasin, Selasa malam.

Gubernur mengatakan, peserta MTQ nasional dari berbagai provinsi di Indonesia dapat mengunjungi objek wisata religi di Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar tempat diadakannya lomba tersebut.

Seperti di kota Banjarmasin, kata dia, terdapat masjid bersejarah Kesultanan Banjar serta makam Sultan Banjar pertama yaitu Sultan Suriansyah, Masjid Sabilal Muhtadin dan Masjid Jami Sungai Jingah. .

Karena di Kabupaten Banjar, lanjutnya, ada objek wisata religi yang sudah mendunia dan dikunjungi jutaan orang, yaitu ziarah ke makam KH Zaini bin Abdul Gani atau Guru Sakumpul dan makan Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau Datu Kalampayan.

Tidak hanya menawarkan wisata religi, kata gubernur, Kalsel juga memiliki wisata alam yang indah, juga dekat dengan tempat lomba MTQ tingkat nasional, seperti wisata alam Tahura dan Bukit Batu di wilayah Kabupaten Banjar.

“Kalau ke objek wisata alam Tahura hanya 20 menit dari kota Banjarbaru, ada wisata olahraga paralayang dan keindahan hutan dan pegunungan,” kata Paman Birin. .

Gubernur juga mengatakan bahwa provinsinya seperti selendang dari surga, kaya akan wisata alam yang indah.

“Jadi sayang kalau di Kalsel dan tidak berkunjung ke wisata, ada juga objek wisata pasar terapung di Lokbaintan, Kabupaten Banjar,” ujarnya.

Sementara itu, acara pembukaan MTQ Nasional XXIX akan dilaksanakan pada 12 Oktober 2022 di Taman Kiram, Kabupaten Banjar, yang diperkirakan akan dihadiri oleh Presiden RI Ir H Joko Widodo.

Ke-12 venue pertandingan MTQ Nasional ke-29 yang dimulai 13-19 Oktober ini berlokasi di tiga zona, yakni Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, dan Kota Banjarmasin.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal aplikasi Kalselpos.com

Tampilan baru 26

Source: kalselpos.com

Related Articles

Back to top button