Tempat Wisata

Pantai Klayar Pacitan – atraksi, aktivitas liburan, lokasi dan harga tiket

Pemandangan, aktivitas liburan, lokasi & harga tiketPantai Klajar adalah tujuan wisata Pelayaran Unggulan di Pacitan itu Menarik mengeksplorasi. Pantai berpasir putih yang menawarkan panorama alam yang mempesona.

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Desa Sendang, Kec. Donorojo, Kab.Pacitan, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Liburan ke pantai merupakan kegiatan yang menarik. Selain bisa menyegarkan jiwa, ombak yang menari di tengah lautan juga sangat indah memanjakan mata setiap orang yang melihatnya. Di Indonesia sendiri, pantai-pantai yang mempesona sangat beragam dan terletak di berbagai daerah.

Salah satunya adalah Pacitan yang mana nama destinasi wisata alam ini adalah Pantai Klayar. Jika Anda kebetulan berada di kawasan ini, jangan lupa untuk mampir ke tempat yang sedang ramai diperbincangkan oleh masyarakat lokal maupun mancanegara. Pesonanya terletak pada keindahan alamnya yang konon sangat mempesona mata para pengunjungnya.

Selain itu, fasilitas lengkap yang memadai juga mendukung infrastruktur, membuat pengunjung merasa nyaman dan enggan untuk meninggalkan tempat ini. Setelah membaca beberapa ulasan tentang Pantai Klayar, Pacitan, tidak lengkap rasanya jika melewatkan pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Daya Tarik Pantai Klayar

Atraksi Pantai KlajarSumber gambar: Google Maps Agus Widodo

1. Dikelilingi oleh deretan tebing karang yang sangat tinggi

Pantai yang mempesona ini memiliki beragam atraksi yang membuat mustahil bagi siapa pun untuk berpaling darinya. Dikelilingi oleh deretan tebing karang yang menjulang tinggi, kondisi di situs ini sangat unik dan berbeda dari yang lain.

Yang lebih menarik lagi, di tengah garis tebing tersebut terdapat satu di tengah dan disebut Watu Lumbung oleh masyarakat sekitar. Jika diperhatikan lebih dekat, bentuk patung Sphinx di Mesir sangat mirip.

Tentu saja Anda akan memiliki perasaan yang berbeda saat berada di dekatnya. Tentu saja, terutama ketika Anda menggunakan foto sebagai latar belakang untuk foto Anda, hasilnya menjadi lebih menarik dan menyatu dengan alam.

2. Keindahan Pantai yang Menakjubkan

Tidak dapat dipungkiri bahwa Pantai Klayar Pacitan menawarkan panorama keindahan alam yang mempesona. Lokasinya yang bersih dengan pepohonan dan tanaman khas pantai memberikan perasaan sejuk dan menenangkan.

Bahkan, Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan ini dari dekat. Namun terdapat sebuah bukit yang menghadap langsung ke laut, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat untuk melihat pemandangan alam dari pantai ini. Bahkan, Anda bisa melihat semua keindahannya dari atas tebing.

3. Banyak makhluk laut di batu

Saat bermain di pantai ini, cobalah untuk melihat lebih dekat bebatuan di sekitarnya. Banyak hewan laut seperti keong, ganggang dan kerang hidup di tepi bebatuan. Anda bisa memegangnya, tetapi Anda harus berhati-hati agar kehidupan laut tidak mati.

Yang terpenting, Anda juga harus memperhatikan makhluk laut atau tumbuhan yang mengandung racun. Karena bila terkena tangan manusia biasanya menyebabkan iritasi, gatal-gatal dan sebagainya. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda hanya menontonnya saja agar tidak terjadi hal-hal yang tidak Anda inginkan.

4. Suara air dan suara seruling laut

Pemandangan di Pantai KlayarKredit foto: Google Maps Walnut House

Ada fenomena alam yang sangat keren dan unik di Pantai Klayar, Pacitan. Deburan air dan suara seruling laut adalah keindahan alam yang bisa Anda lihat secara langsung. Letaknya di belakang Watu Lumbung.

Biasanya saat air pasang atau ombak datang, lubang-lubang kecil di antara bebatuan menyemburkan aliran air yang terdengar seperti seruling. Namun, jangan pernah mendekat karena sangat berbahaya mengingat tempat ini sering dihantam ombak besar.

5. Masih indah dan belum terjamah oleh tangan manusia

Atraksi paling langka yang bisa Anda temui adalah kawasan di sekitar Pantai Klayar, Pacitan yang masih asri dan belum terjamah tangan manusia. Dengan cara ini, lingkungan sangat unik di alam.

Namun, pengelolaan pantai ini sangat baik. Jadi sesampainya di sana, hal pertama yang akan Anda rasakan adalah tingkat kenyamanan yang tidak akan Anda temukan di wisata lainnya.

Alamat, Lokasi Rute & Harga Tiket Pantai Klajar

Alamat Pantai KlajarKredit foto: Google Maps Walnut House

Pantai ini terletak di desa Kalak, Donorojo, Jawa Timur. Jaraknya hanya sekitar 45 km dari pusat kota, sehingga tidak sulit untuk menemukan lokasi yang tepat. Akses jalan yang dapat Anda gunakan sangat mudah mengingat dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi roda dua atau empat.

Untuk jalur ini, ada landmark yang bisa digunakan pengunjung untuk menuju lokasi, yaitu pertigaan Masjid Raya Punung. Jika masih di kawasan Pacitan, belok kiri di pertigaan. Namun jika Anda datang dari Solo atau Yogyakarta, silakan belok kanan.

Setelah itu tidak perlu berbelok ke arah lain, ikuti saja jalan utama dan di setiap titik pasti ada rambu yang harus diikuti. Tidak butuh waktu lama bila kondisi hari biasa untuk sampai ke Pantai Klajar, mungkin hanya sekitar 30 menit saja. Namun tentu hal ini akan berbeda jika Anda datang saat musim liburan tiba.

Sebagai salah satu tempat wisata yang sangat populer di berbagai kalangan, pantai indah di Pacitan ini telah ditunjang dengan berbagai macam fasilitas. Namun, untuk masuk, Anda harus menyiapkan sejumlah uang untuk membayar tiket masuk. Dimana ada departemen tersendiri untuk setiap pengunjung.

Untuk dewasa, tiket masuknya Rp 10.000, untuk anak-anak Rp 5.000. Biaya parkir sepeda motor Rp 2.000, mobil Rp 5.000, dan bus atau minibus Rp 10.000. Namun harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan keputusan pengelola.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Klayar

Aktivitas Menarik Pantai KlayarKredit foto: Google Maps Agung Cs27

Bagi Anda yang berkunjung ke tempat ini, ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan, seperti berikut ini:

1. Bermain pasir

Pasir putih di Pantai Klayar Pacitan seringkali menjadi aset yang sayang untuk dilewatkan. Anda bisa bermain di area berpasir yang luas dan lembut ini. Bahkan jika Anda seperti anak kecil, Anda tidak akan pernah melupakan perasaan gembira.

2. Jalan-jalan di pantai

Kondisi lingkungan pantai yang masih asri dan alami tentunya patut untuk dieksplor. Cukup berjalan kaki untuk melihat pemandangan sekitar dan merasakan kesegaran udara pantai. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat bagaimana warga sekitar mengambil buah kelapa langsung dari pohonnya.

3. Matahari dan relaksasi

Berjemur adalah aktivitas menarik berikutnya yang bisa Anda coba. Ini memungkinkan Anda untuk bersantai bahkan di tengah pasir dan di bawah terik matahari. Selain itu, Anda bisa bersantai dengan jajan di tempat yang disediakan pengelola.

4. Memotret

Anda sudah sampai di pantai yang indah bersih dengan pemandangan yang luar biasa, pasti ada yang kurang jika tidak mengabadikannya. Untuk itu, siapkan smartphone atau kamera DSLR untuk mengambil gambar sebanyak mungkin di setiap sudut pantai sebagai background foto.

5. Sewa ATV

Ada juga tempat persewaan ATV di pantai Klayar. Jadi jika Anda tidak ingin lelah berjalan-jalan di sekitar pantai, Anda bisa menyewanya hanya untuk menikmati nuansa di sekitarnya.

Akomodasi murah di sekitar Pantai Klayar

Akomodasi murah di sekitar Pantai KlayarKredit foto: Google Maps Cak Soelis

1. Homestay Kinasih

Apakah Anda mencari akomodasi di dekat pantai dengan harga terjangkau? Homestay Kinasih adalah solusi yang tepat untuk Anda. Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 180.000 hingga Rp 250.000 saja sudah bisa tidur nyenyak berkat perlengkapan yang lengkap. Adapun fasilitas seperti kamar mandi pribadi, tempat tidur besar dan sebagainya.

2. Akomodasi Platar Ombo

Platar Ombo Inn juga menjadi salah satu akomodasi yang direkomendasikan untuk Anda. Selain sangat dekat dengan pantai, harganya juga pas di kantong. Anda hanya perlu membayar Rp 100,00 hingga Rp 200.000 per malam dan ini sudah termasuk semua fasilitas.

3. Homestay Putri Kembar

Padahal, di sekitar Pantai Klayar, Pacitan sudah tersedia beragam pilihan akomodasi, termasuk Princess Twin Homestay. Dengan budget Rp 200.000 per malam, Anda sudah bisa menikmati fasilitas berupa AC, kamar mandi pribadi dan lainnya.

4. Homestay Mayangkara

Homestay Mayangkara tidak kalah menarik dari yang lain. Untuk satu malam harganya Rp 200.000-Rp 500.000 yang tentunya fasilitas lengkap dan nyaman. Ini termasuk televisi, kamar mandi pribadi, AC dan sebagainya.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Klayar Pacitan

Fasilitas Pantai Pacitan KlayarKredit foto: Google Maps Ita ul Chasanah

1. Warung makan

Warung makan berlimpah di sekitar Pantai Klayar, Pacitan. Saking banyaknya sehingga tidak perlu antri jika ingin membeli makanan atau minuman. Soal harga, Anda tidak perlu khawatir karena tidak ada yang mahal di sini.

2. Tempat parkir yang luas

Tempat parkir yang luas merupakan fasilitas yang sangat dibutuhkan oleh para pengunjung. Pasalnya, saat liburan tiba, ribuan orang bisa datang. Namun tentunya dengan fasilitas ini kendaraan tetap bisa diparkir di dekat lokasi dan tidak perlu berjalan jauh.

3. Berbagai alat permainan

Di Pantai Klaya, Pacitan juga ada permainan yang pastinya bisa kamu coba. Mengendarai ATV untuk bersenang-senang adalah permainan yang paling sering dimainkan oleh pengunjung. Sudah ada perangkat yang disediakan oleh admin, Anda hanya perlu membayar dan langsung mencobanya.

4. Ruang bilas dan toilet umum

Biasanya, kamar wastafel ini sering digunakan oleh anak-anak yang kebasahan karena bermain terlalu dekat dengan pantai. Tapi kalaupun tertarik, silakan coba sensasi dihantam ombak yang menyentuh kulit.

Anda tidak perlu khawatir basah karena sudah ada ruangan yang bisa Anda ganti dan bersihkan. Toiletnya memadai dengan kebersihan yang rapi, yang juga tersedia. Sehingga saat ingin buang air pun pengunjung tetap merasa nyaman meski dipakai bergantian dengan orang lain.

Demikian sekilas mengenai atraksi, rute, tiket masuk dan lain-lain di Pantai Klaya Pacitan. Jika Anda memiliki waktu luang, Anda bisa mengajak orang-orang terdekat untuk berlibur di tempat ini. Dengan begitu banyak keuntungan, Anda merasa betah di sana untuk waktu yang lama dan bahkan ingin kembali lagi lain waktu.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button