Tempat Wisata

Belitung Pulau Lengkuas – Tempat Wisata, Aktivitas Liburan, Tempat & Biaya Perjalanan

Pemandangan, Aktivitas Liburan, Lokasi & BiayaPulau Lengkuas merupakan salah satu wisata bahari yang unik di Indonesia Belitung dengan ikon mercusuar bersejarahnya. Pulau kecil yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, pasir putih dan kesempatan berfoto yang keren.

Biaya Tur: Mulai dari Rp350.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kab Belitung, Kepulauan Bangka Belitung; map: Cek lokasi

Pulau Lengkuas terletak di sisi utara Pantai Tanjung Kalayang. Menjadi ikon utama rangkaian pulau-pulau kecil di gugusan Belitung. Keindahannya tak terbantahkan dan memikat wisatawan dari seluruh penjuru negeri.

Meski sering dikunjungi, tidak serta merta menghilangkan keramahan alamnya. Air laut yang jernih terlihat seperti batu awal dari sebuah aquamarine. Pantai berpasir putih sangat kontras dengan barisan pepohonan yang hijau.

Akses di sini sangat mudah. Meski harus melintasi jalur darat dan laut, Anda tidak akan kesulitan mencari kendaraan. Pulau Lengkuas tidak hanya berfungsi sebagai objek wisata tetapi juga mencerminkan sejarah bangsa.

Pemandangan Pulau Lengkuas

Pemandangan di Pulau LengkuasKredit foto: Google Maps Muhammad Iftor

1. Mercusuar Tua

Bangunan 15 lantai ini merupakan peninggalan Belanda. Menjulang seolah menantang pengunjung. Mercusuar ini masih berfungsi meski sudah berdiri selama 139 tahun. Sejak tahun 1882 beliau berperan baik dalam mengarahkan lalu lintas pelayaran ke dan/atau dari Belitung.

Anda harus menaiki ratusan anak tangga jika ingin mencapai puncak. Dibutuhkan tenaga ekstra untuk memanjat gedung setinggi 50 meter. Apalagi jika dilakukan secara manual. Pada saat yang sama, Anda harus tetap waspada, karena pada titik tertentu akan mulai rapuh. Bahannya terkikis seiring waktu.

Namun, begitu sampai di puncak, semua kelelahan terbayar dengan uang tunai. Panorama estetika khas pulau Lengkuas siap menyambut Anda sekilas. Anda sebenarnya bisa berhenti sejenak di tengah jalan dan melihat melalui jendela. Kata-kata indah tidak cukup untuk menggambarkan situasi di bawah sana.

2. Pemandangan datar yang menakjubkan

Rumpun pohon kelapa memenuhi lahan yang luasnya kurang dari 1 hektar. Itu tumbuh subur di atas sepotong pasir. Teksturnya sangat halus dan menyentuh sela-sela kaki. Sinar matahari yang dipantulkan di permukaan air membuat kilauan seperti permata.

Batuan granit tersebar hampir ke segala arah. Dari kecil hingga jumbo. Bentuknya yang agak halus dan bernuansa putih mengundang Anda untuk menyentuhnya. Tak pelak, hal tersebut kerap membuat turis di Indonesia berlomba-lomba untuk selfie Pekerjaan Ini. Dapat digunakan sebagai sarana untuk beristirahat atau sekedar untuk melihat-lihat.

Deru ombak terdengar tenang saat menyapa gendang telinga. Angin sepoi-sepoi membelai wajah. Bau air asin juga menyegarkan. Kondisi sempurna bagi mereka yang mencari kedamaian dan ketenangan.

3. Panorama matahari terbenam dan matahari terbit yang sempurna

Apakah Anda sering menonton video sunset di balik laut di media sosial? Di tempat ini pemandangan seperti itu adalah sebuah keniscayaan. Lokasi Pulau Lengkuas yang terbentang di laut lepas sangat menguntungkan bagi para pemburu matahari terbenam dan Tidak ada.

Saat matahari perlahan terbit di ufuk timur, saturasi berubah dari jingga tua menjadi kuning keemasan. Saat matahari terbenam, jingga kemerahan kontras dengan atmosfer sekitarnya. Menariknya, kedua momen tersebut seolah menyeruak dari balik lautan. Kilauan dibiaskan di permukaan air, membuatnya tampak seperti bayangan.

Alamat, Rute dan Perkiraan Biaya Ke Pulau Lengkuas

Perkiraan biaya untuk pulau LengkuasKredit foto: Google Maps Eko Priyatno

Terletak di distrik Sijuk, Anda bisa naik perahu nelayan untuk sampai ke sini. Ada beberapa alternatif rute yang bisa dipilih yaitu Tanjung Binga, Tanjung Kelayang dan Tanjung Tinggi Kepulauan Bangka Belitung.

Buka 24 jam sehari, membutuhkan waktu minimal 20 menit jika memilih jalur Tanjung Kelayang. Juga, dibutuhkan 30-40 menit dari Tanjung Tinggi atau Tanjung Binga.

Tidak ada biaya masuk ketika Anda mengunjungi pulau yang indah ini. Namun, Anda harus membayar Rp 5.000 jika ingin mendaki ke puncak mercusuar.

Selain itu, biaya sewa perahu Rp 350.000 dengan kapasitas maksimal 10 orang. Disarankan datang dengan rombongan agar orang tersayang lebih ringan.

Aktivitas seru di pulau Lengkuas

Kegiatan rekreasi di pulau LengkuasSumber Gambar: Google Maps Faisal Pak

1. Berburu kuliner sambil jalan-jalan

Belum lengkap rasanya jika belum mencicipi masakan khas daerah ini. Di toko-toko pinggiran kota Anda dapat menemukan berbagai menu dengan harga yang relatif terjangkau. Pastikan Anda membeli es krim untuk kepuasan maksimal.

Berbagai makanan lain juga menunggu untuk dicicipi. Mulai dari menu utama hingga menu tambahan. Es Teh Manis, Mie Rebus, Kelapa Muda, Variasi makanan laut, dan masih banyak lagi. Anda bisa berjalan-jalan di sepanjang pantai sambil ngemil.

Waktu terbaik untuk kegiatan ini adalah pagi atau sore hari. Saat air laut surut, cobalah mengunjungi bongkahan batu granit yang terendam kolam garam. Bagi Anda yang mungkin kreatif, tak ada salahnya mencari bekas kerang. Hindari berjalan-jalan saat matahari sedang terik. Pastikan Anda menggunakan tabir surya sebelumnya.

Eksplorasi Anda berpotensi menjadi lebih sempurna saat matahari terbenam. Distorsi oranye kemerahan akan menyebar ke seluruh permukaan laut. Menciptakan panorama luar biasa yang tak pernah bosan dipandang mata, meski sudah berulang kali terjadi.

2. Lihatlah eksotisme bawah laut

Tidak cukup dimanjakan dengan bentang alam dataran rendah, dunia bawah lautnya masih belum tereksplor. Ikan-ikan cantik berenang di antara terumbu karang. Berbagai biota laut juga akan menemani Anda. Bawa peralatan sendiri atau sewa snorkeling tampaknya menjadi suatu keharusan di pulau Lengkuas.

Ombak yang agak kecil akan memudahkan Anda. Nikmati setiap detail keindahan menyelam. Jika memungkinkan, siapkan kamera yang cocok untuk mengabadikan momen tersebut. Tak heran, pulau ini disebut sebagai surga tersembunyi.

3. Berkemah di area pulau

Wisatawan sering memilih Pulau Lengkuas sebagai tempat perkemahan. Ini karena propertinya miring dan fasilitasnya memadai. Namun, tidak ada persewaan peralatan camping di sini. Karena itu, Anda harus mempersiapkannya sendiri.

Berkemah lebih menyenangkan jika dilakukan bersama teman. Pastikan Anda dan rombongan sudah menyepakati terlebih dahulu agar tidak ada waktu yang terbuang percuma runtutan Program. Tampaknya membosankan ketika Anda harus memberikan gambaran terlebih dahulu, tetapi ini akan membuat proses eksplorasi menjadi jauh lebih mudah.

Pada tengah malam, aktivitas yang dianjurkan adalah malam Jurit. Kisah bersejarah dan suasana antik cukup menyenangkan untuk menimbulkan sensasi seru. Bernyanyi dan bermain gitar juga patut dicoba.

Jika Anda atau teman Anda memiliki teleskop, jangan lupa untuk membawanya. Biasanya, pulau bebas polusi menawarkan keindahan langit malam yang luar biasa. Berbaring di hamparan pasir dan bercerita, ditemani bintang di langit.

4. Bangun istana pasir

Kegiatan ini lebih direkomendasikan untuk tamasya keluarga. Anak-anak selalu suka bermain dan berlarian di pasir. Daripada pusing mendengar keseruannya, lebih baik ajak si kecil untuk membangun miniatur istana.

Tekstur pasirnya halus, area sekitarnya cukup bersih. Anda tidak perlu khawatir anak Anda terluka. Situasi di sini cukup aman untuk mendukung kemeriahan sejumlah besar pengunjung. Pastikan Anda tidak membangun istana mini tepat di pantai, jangan sampai hanyut oleh ombak.

Penginapan murah terdekat dari pulau Lengkuas

Penginapan murah terdekat dari pulau LengkuasSumber gambar: Google Maps int_JK

1. Resor Keyakinan Sheraton

Harga per malamnya mencapai nilai nominal Rp 1,5 juta. Fasilitas yang dilestarikan tentu tidak main-main. Tempat tidur king, TV layar datar, kamar mandi pribadi, dan berbagai peralatan untuk memenuhi setiap kebutuhan Anda. Ada SPA, pusat kebugaran dan bahkan kolam renang.

Tempatnya nyaman, bersih dan luas. Kamar tidurnya memiliki area balkon yang menghadap ke taman. Pepohonan yang ditumbuhi pohon, berbagai tanaman hias dan hamparan laut biru siap memanjakan Anda.

2. Swiss-Belresort Belitung

Perlengkapan kamar meliputi area yang sangat luas, kursi, meja, AC, kamar mandi dengan bak mandi dan Mandi. Ruang dipermanis dengan lukisan dan pot kecil bunga hias. Tempat tidur king size terlihat empuk. Ada taman yang indah di sekelilingnya resor. Tempat parkirnya sangat luas.

penerimaan siaga 24 jam, paket makan siang dan makan malam, bar, dan banyak lagi. Dapatkan skor 8,6 di Traveloka. Tarif per malam mulai dari Rp 450.000. Hotel ini terletak di Jalan Tanjung Kalayang, 6,5 km di belakang Pulau Lengkuas. Objek wisata lain yang paling dekat adalah Pulau Burung yang berjarak 3,51 km.

3. Desa Truntum

Bangunan sederhana yang memberikan suasana kekeluargaan. Dimulai dengan furniture, dinding dan diakhiri dengan plafon dengan bahan kayu. Didominasi dengan warna coklat mengkilat. Bisa dibilang penginapan ini tidak terlalu mewah. Namun, tetap bisa membuat Anda nyaman.

Kamar mandi dilengkapi dengan bidet, Mandi, Perlengkapan mandi, gantungan baju, dan wastafel. Di kamar tidur ada kursi, meja, TV, AC, tempat tidur besar Ratu. Tempat parkirnya cukup luas. halaman depan diberikan batu bulat.

Fasilitas Wisata di Pulau Lengkuas, Belitung

Fasilitas Pulau LengkuasSumber gambar: Google Maps Antonius Oktavian

Banyak toko bertebaran di area pantai. Ada juga toilet, persewaan peralatan Snorkel, serta mushola. Sayangnya, letak geografis pulau ini tidak memungkinkan Anda untuk memarkir kendaraan darat. Lokasinya yang berada di tengah laut memungkiri hal tersebut.

Dengan kata lain, Anda harus menggunakan tempat parkir Tanjung Kalayang atau sejenisnya untuk mengamankan kendaraan pribadi Anda. Tidak apa-apa karena aman. Tentu saja, semua pengunjung memutuskan untuk melanjutkan dengan cara yang sama.

Bagaikan belahan surga di gugusan Kepulauan Bangka Belitung yang menawarkan panorama yang begitu terjaga. Pulau Lengkuas terasa mampu melepas penat. Oleh karena itu, jadilah wisatawan yang baik dengan menjaga kealamian destinasi ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button