Tempat Wisata

Pantai Tanjung Kelayang Belitung – Atraksi, Aktivitas, Tempat dan Harga Tiket

Pemandangan, aktivitas liburan, lokasi & harga tiket – Pantai Tanjung naga salah satu tempat wisata pantai yang eksotis di petunjuk yang layak untuk dieksplorasi. Pantai berpasir putih yang menawarkan pemandangan alam yang indah, deretan batu granit besar dan tempat untuk menikmati matahari terbenam.

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Keciput, Kec. Sijuk, Kab Belitung, Kepulauan Bangka Belitung; map: Cek lokasi

Belitung memiliki banyak peluang wisata yang indah dan mempesona. Belitung menawarkan pesona alam dengan keberadaan pulau yang eksotis. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Kelayang. Pantai ini memiliki banyak layang-layang yang menghiasi pepohonan. Ada juga pulau-pulau kecil di dekat pantai, yang juga menjadi sorotan.

Namun, tempat wisata yang paling menarik adalah Tanjung Kelayang. Pantai merupakan salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan. Selain itu, pantai ini selalu ramai dikunjungi pengunjung lokal. Pantainya menghadap ke utara, sehingga pantai ini menawarkan keindahan laut yang menakjubkan.

Wisatawan tidak datang ke wisata pantai dan berkunjung hanya satu hari. Namun, ada beberapa yang tinggal dan menghabiskan waktu liburan mereka selama berminggu-minggu sekaligus. Hal ini dikarenakan keindahan pantai Tanjung Kelayang yang membuat pengunjung betah. Pesonanya memikat dan memikat hati para wisatawan.

Atraksi Pantai Tanjung Kelayang

Tempat Wisata di Pantai Tanjung KelayangSumber gambar: Google Maps Yudhit Pramuji Giriasto

1. Tempat wisata favorit

Pada tahun 2015, pantai indah di Belitung ini masuk dalam daftar destinasi wisata prioritas di Indonesia. Tanjung Kelayang adalah salah satu dari 10 pantai yang didukung pemerintah. Dimana dukungan diberikan dalam bentuk pengembangan dan pemeliharaan serta pengelolaan pantai.

Daftar sepuluh destinasi wisata tersebut adalah Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Pulau Morotai di Maluku Utara, Pantai Tanjung Kelayang di Belitung, Danau Toba, Sumatera Utara. Ada Borobudur di Jawa Timur, Kepulauan Seribu di Jakarta, Bromo di Jawa Timur dan Tanjung Lesing di Banten.

Apalagi keberadaan pantai eksotis ini berada di antara negara ASEAN dan Indonesia. Hal ini menjadikan destinasi ini sebagai tempat wisata unggulan.

2. Barisan batu granit besar

Di beberapa sudut lokasi pantai, bebatuan granit berukuran besar berjajar. Ada batu granit berbentuk kepala burung. Keberadaan batu ini menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang ke tempat wisata. Menurut beberapa peneliti, keberadaan batu-batu yang menghiasi lokasi pantai ini berusia sekitar 200 juta tahun.

Keberadaan batu-batu tersebut menjadi inspirasi nama pantai Tanjung Kelayang. Dimana Kelayang adalah nama lokal daerah tersebut, yang berarti burung dompet. Terdapat cukup banyak burung dompet di lokasi tepi pantai. Burung-burung menjadi hiasan yang indah di langit wisata pantai ini.

3. Sunset yang romantis di Tanjung Kelayang

Pembiasan sinar matahari yang siap pecah memberikan cahaya oranye yang sangat bagus. Saat matahari terbenam, inilah salah satu momen yang paling ditunggu oleh wisatawan di tempat tersebut.

Sunset di pantai di menit-menit terakhir berubah menjadi suasana yang sangat romantis dan menyedihkan. Dimana gradasi warna di langit malam berpadu dengan birunya air laut menciptakan backdrop yang mempesona dan indah.

Sehubungan dengan burung kelayang yang melintas di langit, langit menjadi lebih indah. Para nelayan yang pulang kampung juga menghiasi sore-sore romantis di sekitar pantai. Mengabadikan momen sore hari bersama pasangan saat itu akan menjadi kenang-kenangan yang akan Anda lewatkan.

4. Pantai Eksotis

Tempat Wisata Pantai Tanjung KelayangKredit foto: Google Maps andikha muharam

Beberapa pantai di Indonesia memiliki keindahan yang eksotik dimana pantai-pantai ini menjadi pilihan utama para wisatawan asing yang ingin berlibur. Pantai Tanjung Kelayang Belitung juga merupakan salah satu dari beberapa keindahan pantai yang eksotis.

Pasir pantainya yang putih dan lembut, selain airnya yang jernih dan kebiruan menjadi nilai tambah tersendiri bagi pesona pantai. Ombak di pantai ini cukup bersahabat dan sejuk bahkan sebagai tempat berenang dan mandi. Keindahan pantai yang eksotis ini tidak membuat wisatawan meninggalkan pantai.

5. Primadona Wisata Belitung

Kawasan pantai yang menjadi primadona di Belitung ini memiliki luas sekitar 324,4 hektar. Yang juga menjadikan pantai sebagai tempat wisata adalah garis pantai yang panjang. Dimana panjang pantainya mencapai 1,5 kilometer.

Selain asyik, lokasi pantai ini juga dijadikan tempat berlabuhnya perahu nelayan. Ada juga beberapa perahu yang berhenti dan mengambil penumpang.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Tanjung Kelayang

Alamat Pantai Tanjung KelayangKredit foto: Google Maps NY Rita

Pantai berpasir putih ini terletak di bagian utara Belitung, Bangka Belitung. Tepatnya di Sijuk, Belitung. Akses menuju pantai Kelayang cukup mudah. Jarak yang Anda tempuh sekitar 27 km dari kota. Sepanjang jalan Anda akan menemukan jalan yang mulus dan indah.

Dimana perjalanan hanya memakan waktu sekitar 30 menit. Anda dapat mengunjungi dengan sepeda motor atau mobil. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan angkutan umum untuk menuju tempat wisata dari Bandara Hanandjoeddin.

Setelah sampai di dermaga, Anda bisa menyewa perahu yang berjejer di tepi pantai. Perahu-perahu ini akan membawa Anda ke Pantai Tanjung Kelayang.

Jika Anda berencana untuk berlibur di pantai yang indah ini, Anda hanya perlu membayar biaya perahu dari dermaga Belitung menuju pantai. Anda dapat memesan biaya perahu untuk beberapa untuk membuatnya lebih efisien. Untuk penumpang sekitar 10 orang cukup membayar Rp 450.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mencapai tempat pantai ini.

Aktivitas Seru di Pantai Tanjung Kelayang

Aktivitas Seru di Pantai Tanjung KelayangKredit foto: Google Maps Krysna K. Manggala

1. Menjelajah pulau

Aktivitas menarik yang sering dilakukan di sekitar pantai adalah island hopping. Dimana aktivitasnya menjelajah pulau. Mulai dari dermaga kemudian lanjut ke seluruh pelosok pantai.

Selain itu, wisatawan juga mengelilingi beberapa pulau kecil di dekat Pantai Tanjung Kelayang. Mengunjungi pulau-pulau kecil ini bisa menggunakan perahu nelayan yang berjejer di tepi pantai. Anda hanya membayar jasa sekitar Rp 350.000.

Dengan tarif tersebut Anda diajak untuk berwisata keliling pulau-pulau kecil di dekat pantai. Pulau-pulau kecil tersebut adalah Pulau Pasir, Pulau Lengkuas, Pulau Babi dan beberapa pulau kecil lainnya.

2. Snorkeling dan Menyelam

Kekayaan alam bawah laut di sekitar Pantai Kelayang menawarkan spot snorkeling dan diving bagi wisatawan. Spot snorkeling dan diving di pantai ini adalah yang paling indah dari semua pantai lainnya.

Dengan air yang jernih dan bersih, Anda akan disambut oleh ikan-ikan kecil berwarna-warni. Dasar laut yang dangkal juga dapat memudahkan Anda dalam menyelam.

Akomodasi murah terdekat dari Pantai Tanjung Kelayang

Akomodasi Pantai Tanjung KelayangSumber gambar: Twitter Majalah Prestise

1. Capital O 399 Kelayang Beach Hotel

Penginapan ini merupakan hotel yang paling dekat dengan tempat wisata tepi pantai ini. Jarak yang harus ditempuh kurang dari satu kilometer. Selain karena dekat, Anda hanya perlu membayar Rp 349.000 untuk beristirahat dan merebahkan tubuh yang lelah di hotel.

Hotel ini menawarkan tempat yang unik dan menarik untuk klien. Upaya tersebut dilakukan agar pengunjung betah berada di hotel.

2. Resor Keyakinan Sheraton

Penginapan yang unik dan menarik ini hanya berjarak 1,94 km dari pusat wisata di pinggir pantai. Jarak tersebut bisa Anda atasi dengan jalan-jalan santai di pagi atau sore hari sambil menikmati suasana di sekitar pantai. Anda bisa mencapai lokasi pantai sambil jogging bersama pasangan.

Anda juga dapat menggunakan sepeda yang disediakan oleh hotel. Bersepeda di pantai dan menikmati keindahan pantai yang indah ini akan membuat momen romantis bersama pasangan.

Selain sepeda, fasilitas lain juga tersedia di hotel mewah ini. Fasilitas lainnya seperti shuttle, restoran, bar dan fasilitas umum lainnya. Dimana biaya menginap di penginapan sekitar Rp 1.573.000. Hotel

3. Hotel Loren Belitung

Keberadaan Santika Hotel sangat dekat dengan Pantai Tanjung Kelayang. Jarak perbatasan hanya sekitar 3,32 km. Sedangkan biaya untuk menginap hanya Rp 600.000

Hotel ini menawarkan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan yang dapat Anda nikmati dari area hotel. Suasana dan tempat yang romantis menawarkan kenyamanan bagi pelanggan. Dimana juga fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan sangat memuaskan.

Fasilitas di Pantai Tanjung Kelayang

Fasilitas di Pantai Tanjung KelayangKredit foto: Google Maps Dave Stevens

Fasilitas yang ada di pantai ini adalah akomodasi, persewaan perahu, persewaan alat snorkeling dan diving. Ada juga lembaga publik lainnya. Anda juga dapat membeli sesuatu untuk dimakan dan diminum dari warung-warung di sekitar pantai. Jadi tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal.

Jika Anda ingin berlama-lama di pantai tetapi tidak ingin menginap di hotel, Anda bisa mendirikan tenda di tepi pantai. Pasirnya yang lembut bisa dijadikan sebagai tempat perkemahan yang seru.

Demikian ulasan tentang keindahan Pantai Tanjung Kelayang di Belitung. Pantai merupakan salah satu destinasi primadona di Belitung. Pantai tidak hanya diakui oleh pemerintah tetapi juga mendukung perekonomian negara.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button