Tempat Wisata

Eksotisme Pulau Sembilan di Kotabaru, Destinasi Snorkeling Populer

Biaya Tur: Mulai dari Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam Alamat: Pulau Sembilan, Kec. daerah. Kota Baru, Kalimantan Selatan; map: Cek lokasi

Ada 9 pulau di sekitar pulau Kalimantan dan pulau Jawa yang disebut Pulau Sembilan. Dari sembilan pulau tersebut terdapat 3 pulau yang berpenghuni yaitu Pulau Maradapan dengan 1 desa yaitu Desa Maradapan, Pulau Matasiri dengan 2 desa yaitu Desa Labuan Barat dan Desa Teluk Sungai dan yang terakhir adalah Pulau Maradapan dengan 2 desa yaitu Desa Tanjur Nyiur dan Desa Tengah. Desa.

Moda transportasi utama di Kabupaten Pulau Sembilan Provinsi Kalimantan Selatan adalah dengan menggunakan kapal. Karena letak desa tersebut berada di pulau lain. Di kepulauan ini Anda memiliki pemandangan yang sangat indah dengan laut biru dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Sangat cocok untuk wisatawan yang merasa lelah atau lelah dari kehidupan sehari-hari yang sangat sibuk dan padat.

Sangat cocok bagi para penyelam untuk melakukan aktivitas menyelam dan menikmati keindahan bawah laut pulau-pulau tersebut. Untuk menikmati keindahan alam bawah laut di pulau ini, wisatawan bisa menyewa perahu nelayan dan meminta diantar ke spot-spot snorkeling terbaik di nusantara ini. Tidak hanya keindahan bawah lautnya, tapi juga pemandangan dari atas kapal yang sangat indah.

Atraksi Pulau Sembilan

Objek wisata yang dimiliki oleh Pulau SembilanSumber gambar: Twitter Jamah Syari

Ada beberapa objek wisata di pulau cantik di provinsi Kalimantan Selatan ini, mulai dari bawah laut hingga pemandangan di atas laut. Berikut beberapa atraksi tersebut.

1. Pemandangan Sembilan Pulau

Yang pertama di alam nusantara yang begitu indah. Dari laut biru yang membentang hingga 9 pulau hijau yang saling berdekatan. Wisatawan yang datang ke sini bisa menikmati pemandangan yang luar biasa indah ini sambil menenangkan pikiran atau berfoto.

2. Keindahan bawah laut

Berikutnya adalah keindahan bawah laut. Bisa dikatakan pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang tidak kalah indah dengan pemandangan lautnya. Banyak wisatawan yang datang ke pulau-pulau ini hanya untuk menyelam dan menikmati keindahan alam bawah laut.

Tidak hanya diving saja yang bisa dinikmati oleh wisatawan, namun bagi yang hobi memancing, Anda bisa mencoba berlibur sambil memancing di perairan sekitar pulau. Banyak ikan dapat ditemukan di sekitar pulau karena daerah ini termasuk Laut Jawa, laut terbesar di Indonesia.

3. Matahari terbenam

Atraksi sembilan pulauSumber gambar: Twitter Maria Maria

Keindahan sunset yang dilihat dari atas perahu akan membangkitkan kenangan tersendiri. Saat matahari terbenam di antara pulau-pulau dan warna langit berubah kuning menjadi merah, sangat indah untuk dilihat. Jangan lupa untuk mengabadikan momen langkah ini.

4. Tangkapan Laut

Tak heran, hasil tangkapan laut menjadi salah satu daya tarik bagi daerah yang mayoritas penduduknya adalah nelayan. Begitu juga pulau-pulau yang berbatasan dengan Kotabaru. Karena mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan, hasil tangkapan di sini sangat enak untuk disantap saat liburan.

Alamat, rute lokasi dan biaya perjalanan ke Pulau Sembilan

Alamat Pulau SembilanSumber Gambar: Google Maps Sugeng Hidayat

Terletak di Provinsi Kalimantan Selatan, Pulau Sembilan terletak di antara Selat Makassar dan Laut Jawa. Jaraknya 190 kilometer dari ibu kota Kalimantan Selatan, yaitu Banjarmasin. Untuk perjalanan dari Kotabaru ke pulau-pulau tersebut, Anda bisa menggunakan Kapal Motor Sabuk Nusantara yang memakan waktu 8 sampai 10 jam tergantung cuaca dan arus laut.

Biaya untuk menuju kawasan pulau dari Kotabaru bervariasi. Jika menggunakan angkutan laut atau kapal perintis biayanya hanya Rp 10.000 untuk perjalanan yang bisa berlangsung hingga 10 jam, sedangkan jika menggunakan helikopter memakan waktu 1 hingga 2 jam dengan biaya 1 juta hingga 1,5 juta.

Jika sudah berada di kawasan pulau, wisatawan bisa menyewa perahu nelayan untuk mengekspor pulau dan lautnya. Harga sewa perahu Rp 300.000 hingga Rp 500.000 di hari biasa. Sedangkan untuk hari besar seperti Idul Fitri dikenakan biaya Rp 500.000 hingga Rp 700.000.

Aktivitas menarik di Pulau Sembilan

Aktivitas di Pulau SembilanSumber gambar: Twitter Rezim Katrok

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pulau ini dan sekitarnya. Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Sembilan.

1. Snorkeling

Aktivitas menarik pertama adalah snorkeling atau diving. Saat menyelam, wisatawan akan dibuat takjub dengan keindahan alam bawah lautnya. Dari terumbu karang, ikan bahkan penyu terdapat di perairan pulau ini. Untuk melakukan kegiatan ini sebaiknya mengikuti saran dari nelayan setempat untuk dibawa ke tempat dengan pemandangan bawah laut yang indah.

2. Memancing

Tidak hanya menyelam dan menikmati keindahan alam bawah laut, wisatawan juga bisa bersantai di atas perahu sambil memancing ikan di perairan tersebut.

3. Berkeliling dengan perahu

Selanjutnya adalah mengelilingi atau mengunjungi pulau-pulau terdekat. Ada 9 pulau yang bisa dikunjungi dengan berbagai sajian keindahan alamnya. Jadi tidak ada salahnya berwisata ke masing-masing pulau untuk lebih menghargai keindahan alam tempat itu.

4. Bersantai di pantai

Kegiatan sembilan pulauSumber Gambar: Google Maps Sugeng Hidayat

Tidak hanya laut yang menjadi daya tarik wisata. Namun pantai di pulau-pulau ini juga sangat indah. Di sini Anda bisa bersantai di tepi pantai sambil menikmati keindahan alam dan menghilangkan rasa bosan dan penat dengan menghirup hiruk pikuk dunia perkotaan.

5. Menikmati matahari terbenam

Matahari terbenam di antara pulau-pulau dapat dilihat di Pulau Sembilan di provinsi Kalimantan Selatan. Bersantai di pantai atau di atas perahu sambil menikmati matahari terbenam adalah sesuatu yang lain.

6. Penyu

Di pulau ini, wisatawan juga bisa melihat penyu. Hal ini karena penyu di sini masih banyak, termasuk penyu yang membudidayakan di pulau ini.

7. Ambil foto

Dan kegiatan menarik yang terakhir adalah fotografi ya, kegiatan wajib yang harus dilakukan jika anda datang ke pulau di provinsi kalimantan selatan ini. Dengan pemandangan laut dan pulau yang indah, foto-foto wisatawan akan terlihat lebih indah.

Akomodasi murah terdekat dari pulau

Akomodasi di dekat pulauKredit foto: Google Maps Traveloka

Untuk akomodasi, disarankan untuk mengambil paket yang disediakan oleh mitra wisata sehingga Anda dapat menginap di rumah penduduk di Pulau Sembilan. Karena tidak ada penginapan di pulau itu. Namun bagi wisatawan yang tidak ingin menginap di pulau, bisa menginap di Kotabaru. Berikut beberapa penginapan di Kotabaru yang bisa digunakan.

1. Hotel Grand Surya

Hotel yang terletak di Kotabaru ini menawarkan kamar dengan tarif per malam sekitar 600.000 rupiah per malam. Sedangkan untuk fasilitasnya tentu ada AC dan wifi, sehingga sangat nyaman untuk tinggal di dalamnya.

2. Hotel Pasifik

Dengan harga sekitar Rp 500.000 per malam, wisatawan sudah mendapatkan makanan gratis, AC, dan WiFi gratis. Hotel di Kotabaru ini bisa jadi rekomendasi menarik.

3. Hotel Kartika

Hotel selanjutnya dengan harga yang lebih murah yaitu sekitar Rp 200.000 per malam, hotel ini berada di tengah kota namun masih natural. Jadi cukup nyaman bagi pengunjung yang menginap disini.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Sembilan Kotabaru

Fasilitas di Pulau SembilanSumber Gambar: Google Maps Sugeng Hidayat

Karena fasilitasnya sendiri tidak sebanyak dan semegah tempat wisata lainnya. Karena pulau ini menawarkan wisata alam dengan pemandangan alam dan bawah laut yang mempesona. Juga dengan hasil-hasil para nelayan yang bisa ditemui di pulau ini. Berikut beberapa fasilitas yang ada di pulau ini.

1. Sewa Kapal

Di sini Anda dapat menemukan persewaan perahu nelayan yang memungkinkan Anda untuk menyelam menikmati keindahan alam bawah laut atau aktivitas lain seperti memancing di sekitar pulau lain. Dibanderol dengan harga sekitar 300.000 hingga 500.000 rupee, wisatawan memiliki perahu dan beberapa kru untuk menemani perjalanan liburan mereka.

2. Restoran

Ada beberapa warung makan di sekitar Pulau Sembilan dengan hidangan utama seafood. Tak hanya makanan, ada pedagang yang menjajakan jajanan, rokok, dan kopi untuk para wisatawan.

3. Pelabuhan

Terdapat pelabuhan perahu untuk penduduk lokal dan wisatawan yang ingin melakukan perjalanan melalui laut. Banyak kapal berlabuh di pelabuhan.

4. Toilet umum

Ada juga toilet umum yang bisa ditemukan di pulau ini. Jadi wisatawan yang sedang buang air kecil atau buang air besar tidak perlu khawatir.

5. Masjid

Bagi wisatawan yang ingin menunaikan salat dapat dilakukan di masjid yang ada di pulau tersebut.

Pulau Sembilan masih membutuhkan banyak fasilitas penunjang tambahan seperti akomodasi di pulau tersebut agar wisatawan tidak perlu bolak-balik ke Kotabaru untuk menginap. Namun dari segi pesona alam dan wisata bawah lautnya sangat bagus. Jadi bagi pecinta wisata bawah laut, silahkan mencoba mengunjungi pulau ini. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button