Berita Wisata

All New Vios Diluncurkan, Hadirkan 9 Fitur Keamanan Canggih, Harga Termurah Rp 314 Juta

All New Vios kini telah dilengkapi dengan teknologi keselamatan yaitu Toyota Safety Sense (TSS).

Mimpi – PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan All New Vios di pasar Indonesia. Sedan pabrikan asal Jepang itu kini tampil lebih elegan dan bertenaga dengan siluet fastback yang membuatnya semakin berkelas.

“Hari ini kami memperkenalkan all-new Vios dengan platform baru dan desain all-new di semua aspek eksterior dan interior, bersama dengan peningkatan fitur keselamatan dan tambahan kemajuan teknologi baru,” kata Vice President PT Toyota-Astra Motor ( TAM) Chief Executive Officer Henry Tanoto pada konferensi pers virtual, Rabu 12 Oktober 2022.

All New Vios ditawarkan dengan lima pilihan warna, yaitu Platinum White Pearl (Hero Color), Attitude Black, Metal Stream Metallic, Grey Metallic, dan Red Mica Metallic. Generasi keempat Vios ini sudah lebih dulu debut di Thailand sebagai All New Toyota Yaris Ativ.

semua vios baru© DocToyota

All New Vios dilengkapi dengan teknologi keselamatan yaitu Toyota Safety Sense (TSS). Sembilan 9 fitur canggih seperti “teman” yang bisa menjadi pengingat bagi pengendara di jalanan dengan berbagai kondisi.

1 dari 5 halaman

Vios pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2003. Kini Toyota telah meningkatkan elemen kenyamanan dengan mengubah dimensi Vios yang memiliki panjang 4410mm, lebar 1740mm dan tinggi 1.480 mm, dengan jarak sumbu roda hingga 2.620 mm. .

All New Vios mengadopsi mesin baru 4-silinder berkode 2NR-VE 1496cc, tangguh dan andal. Penggunaan teknologi Dual VVT-i yang efektif membuat mesin kompak ini mampu menghasilkan tenaga dan penghematan bahan bakar di berbagai kondisi jalan dan gaya berkendara.

semua vios baru© DocToyota

“Bersama dengan tim engineering, kami telah mengembangkan All New Vios berdasarkan tiga pilar: bangga, nyaman dan berharga, dengan tetap mempertahankan DNA sedan Vios yang menawarkan kualitas, daya tahan dan kehandalan tinggi,” kata Henry.

Sebagai catatan, mesin All New Vios menghasilkan 106 hp pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.200 rpm. Distribusi tenaga ke roda depan disalurkan melalui pilihan transmisi manual 5-percepatan atau CVT.

2 dari 5 halaman

9 Semua Fitur Keamanan Vios Baru

Pertama, Pre-Collision Warning and Brake Assist (PCWBA) adalah fitur pertama untuk mengurangi risiko menabrak kendaraan lain di depan. Fitur ini akan memberikan peringatan saat pengereman, bahkan berhenti darurat jika diperlukan.

Kedua, Pedal Misoperation Control (PMC) yang mengurangi risiko kecelakaan akibat penggunaan pedal akselerator yang salah dengan mengaktifkan alarm peringatan, menerapkan pengereman dan membatasi distribusi tenaga sehingga kecepatan mobil terbatas.

semua vios baru© DocToyota

Selanjutnya Lane Departure Warning (LDW) mampu membaca marka jalan untuk memberikan alarm peringatan jika terjadi penyimpangan atau pergerakan mobil dari posisi yang benar.

Selain itu, Lane Departure Prevention (LDP) bertanggung jawab untuk mencegah mobil berpindah jalur di jalan dengan membunyikan alarm saat mobil bergerak menyamping.

3 dari 5 halaman

Ada juga Rear Cross Traffic Alert (RCTA) yang mendeteksi kendaraan atau objek lain yang mendekat dari belakang menggunakan sensor radar, untuk lebih memperingatkan pengemudi dengan konfirmasi suara dan visual.

Blind Spot Monitoring (BSM) juga memberikan sinyal melalui grafik di kaca spion untuk memperingatkan saat mobil lain berada di area blind spot All New Vios.

semua vios baru© DocToyota

Berbeda dengan Forward Departure Alert (FDA) yang memberikan peringatan yang dapat didengar ketika mobil di depan tiba-tiba mundur sehingga pengemudi All New Vios dapat melakukan tindakan antisipasi seperti membunyikan klakson sebagai peringatan.

4 dari 5 halaman

Saat berkendara di malam hari, terdapat Automatic High Beam (AHB) yang bekerja dengan menyalakan high beam atau balok tinggi, untuk meningkatkan visibilitas pengemudi di malam hari dan kembali ke lampu utama (low beam).

semua vios baru© DocToyota

Terakhir, adaptif cruise control (ACC) dapat memantau keberadaan kendaraan lain di depan dan menjaga jarak aman, sehingga sangat efektif saat berkendara di jalan tol.

5 dari 5 halaman

Untuk pasar Indonesia, sedan entry level ini didatangkan sepenuhnya dari Thailand sebagai pusat produksi sedan Toyota di Asia Tenggara.

All New Vios dibanderol dengan harga Vios E Manual Rp314,9 juta, Vios G CVT Rp355,2 juta dan Vios G CVT TSS Rp368,4 juta.

Kehadiran All New Vios juga dimaksudkan untuk semakin memperkuat segmen Toyota, sekaligus mendongkrak pasar otomotif domestik yang masih menunjukkan pertumbuhan penjualan yang signifikan hingga saat ini.

Sepanjang 2022 hingga Agustus, total penjualan mobil nasional mencapai 658.000 unit, lebih tinggi dari penjualan 2021 yang mencapai 543.000 unit.

Tren penjualan positif juga mencakup peningkatan penjualan di pasar sedan yang akan meningkat menjadi 4.100 unit pada 2022 dibandingkan dengan 2021 yang akan menjadi 3.500 unit.

Source: www.dream.co.id

Related Articles

Back to top button