Berita Wisata

Dorong Percepatan Pemulihan Ekonomi, PT BSI Hadirkan Warung Wisata – Beritalima.com

BANYUWANGI, beritalima.com – Dalam rangka mendorong percepatan pemulihan ekonomi pasca Covid 19, PT Bumi Suksesindo (PT BSI) terus berperan untuk masyarakat. Baru-baru ini, sebuah perusahaan tambang emas di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi memulai program Warung Wisata.

Program ini menyasar pedagang kecil di daerah tujuan wisata Pantai Cemara Pancer dan Pantai Mustika. Kedua tempat wisata tersebut terletak di Dusun Pancer, Desa Sumberagung.

Dengan diluncurkannya program Warung Wisata, bisnis lokal atau UMKM pun langsung terpromosi. Sebelumnya, mereka hanya berjualan di bawah tenda atau payung sederhana. Kini telah dibuat warung yang lebih layak dan memadai. Dan jauh dari perasaan kumuh.

“Program Warung Wisata menjadikan tempat wisata lebih bersih, indah, dan menyenangkan,” kata Pelaksana Program Warung Wisata PT BSI Sutopo, Rabu, 12/10/2022.

Sutopo adalah warga Dusun Pancer, Desa Sumberagung. Beliau juga merupakan Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) Sekar Arum, selaku Badan Pengelola Destinasi Wisata Pantai Cemara Pancer dan Pantai Mustika.

“Saat ini sudah 14 Warung Wisata yang sudah selesai dibangun,” jelasnya.

Program Warung Wisata PT BSI disebut-sebut tidak hanya membawa manfaat bagi pedagang kecil. Namun juga membawa berkah tersendiri bagi komunitas lain. Karena dalam proses pembangunan, masyarakat lokal dilibatkan. Pengangguran diundang untuk bergabung dengan pasar tenaga kerja.

Konsultan CSR PT BSI, H Caesar Muhni Rizal, melalui asisten lokal, Anang Supriyadi, mengatakan Warung Wisata merupakan salah satu program pemberdayaan ekonomi masyarakat. Sasarannya adalah pelaku komersial di kawasan wisata Pantai Cemara Pancer dan Pantai Mustika, Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

“Rencananya membangun kembali 2 Warung Wisata,” katanya.

Disebutkan, skema Warung Wisata sengaja digagas oleh operator tambang emas, anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk, sebagai bentuk kepedulian sekaligus upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat. Tujuannya untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19, melalui sektor pariwisata.

Seperti kita ketahui, sektor pariwisata merupakan salah satu sektor ekonomi yang strategis. Yang terbukti mampu terus tumbuh dan berkembang di tengah pandemi Covid-19. Sementara itu, Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi memiliki potensi wisata yang sangat besar.

Setidaknya ada 4 menara pantai dengan panorama keindahan alam yang menawan. Diantaranya Pantai Pulau Merah, Pantai Gumuk Kancil, Pantai Cemara Pancer dan Pantai Mustika.

“Untuk program Warung Wisata saat ini sedang berlangsung di Panrai Cemara Pancer dan Pantai Mustika,” jelas Anang.

“Di Pantai Pulau Merah, PT BSI juga berkontribusi dalam pengelolaan kebersihan. Dan di Pantai Gumuk Kancil, perusahaan sedang membangun Gazobo dan sarana dan prasarana pendukungnya,” imbuhnya.

Sugeng, salah satu penerima manfaat program Warung Wisata PT BSI, mengaku sangat senang dan berterima kasih kepada perusahaan. Menurutnya, kini tempat kerja lebih bersih dan indah. Alhasil, wisatawan merasa lebih nyaman saat berbelanja.

“Sebelumnya kami hanya menjual payung. Sekarang kami telah memiliki kios yang bagus. Semoga bisnis kami terus berkembang dan tujuan perusahaan bisa tercapai,” ujarnya.

Penerima program lainnya, Nike Dwi Safitri dan Hendra juga menyampaikan hal yang sama. Keduanya menilai apa yang dilakukan PT BSI sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam mengelola kemandirian ekonomi.

“Kami berharap program Warung Wisata dapat diikuti dengan program pengelolaan lingkungan dan penyediaan air minum. Ini penting untuk menambah kenyamanan wisatawan,” kata Hendra.

Adanya program Warung Wisata PT BSI tidak hanya membuat pelaku UMKM naik kelas. Namun juga membawa angin segar bagi pertumbuhan bisnis dan pengembangan merchant di destinasi wisata Pantai Cemara Pancer dan Pantai Mustika. Di sisi lain, semakin rapi dan teratur para pelaku usaha, semakin menarik kedua tempat wisata Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi tersebut.

Sebagai pelaku investasi di Banyuwangi, Jawa Timur, PT Bumi Suksesindo (PT BSI) memang telah memenuhi komitmennya kepada masyarakat. Program CSR terus dicanangkan dengan menyasar 4 sektor. Yakni bidang pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. (dua)

Source: beritalima.com

Related Articles

Back to top button