Tempat Wisata

12 oleh-oleh terbaik Grobogan untuk dibawa pulang!

oleh-oleh khas Grobogan – Setelah sebelumnya mengelilingi kota Jawa Barat dan sekitarnya, kini kita akan melanjutkan berburu kuliner di kota-kota Jawa Tengah, lebih tepatnya di Kabupaten Grobogan.

Meski kota ini tidak sebesar dan setenar kota-kota lain di sekitarnya seperti Solo, Semarang dan lain-lain, namun siapa sangka ternyata ada deretan destinasi wisata alam di kota ini yang menarik wisatawan.

Ada juga berbagai kuliner lezat yang cocok untuk oleh-oleh khas Grobogan. Sajian kulinernya tak hanya menawarkan cita rasa yang menggugah selera, namun juga dijual dengan harga yang ramah di kantong.

Oleh-oleh khas Grobogan untuk dibawa pulang

Penasaran dengan deretan oleh-oleh khas Grobogan untuk dibawa pulang untuk dibagikan dan dinikmati bersama keluarga tercinta, berikut ulasannya untuk Anda:

1. keripik jagung

Keripik jagung di Jawa TengahKeripik jagung di Jawa Tengah

Jika anda ingin mencoba jajanan legendaris dari kota Grobogan, anda bisa mencoba mencari kripik jagung di beberapa toko oleh-oleh khas Grobogan atau anda bisa melihat-lihat pusat perbelanjaan di seluruh penjuru kota.

Banyak produk budidaya jagung di daerah ini yang memunculkan ide-ide yang cukup cerdik, selain nasi jagung yang sudah kita bahas sebelumnya, ada juga keripik jagung yang rasanya enak dan gurih.

Selain itu, produksi jagung yang besar memungkinkan warga mendapatkan bahan baku dengan harga yang cukup terjangkau dan menghemat jagung yang ada.

Salah satu kelompok usaha yang berdiri sejak 2012 juga membuat keripik jagung untuk mendongkrak pendapatan.

Keripik jagung dijual dengan harga yang cukup terjangkau mulai dari 3500 hingga 9000 rupiah tergantung ukuran yang dipilih

2. kue bolu

kue bolukue bolu

Anda juga bisa dengan mudah menemukan kue semprong di kota Grobogan, Jawa Tengah. Salah satu kecamatan yang memproduksi kue semprong adalah Wirosari dengan brand yang cukup terkenal yaitu Genaca.

Namun untuk mendapatkan Kue Semprong tidak perlu jauh-jauh di daerah tersebut karena Kue Semprong kini mudah ditemukan di toko oleh-oleh khas Grobogan.

Disebut kue semprong karena bentuknya yang menyerupai semprong. Kesabaran dan kesabaran diperlukan untuk membuat kue ini karena kue perlu dicetak satu per satu. Setelah adonan siap, satu persatu langsung dicetak dan digulung.

3. Yangko

YangkoYangko

Yangko adalah kue yang terbuat dari tepung ketan dan bagian tengahnya diisi dengan gula dan kacang manis.

Kue ini merupakan sejenis jadah atau dodol, yang kemudian dipotong kecil-kecil dan dibungkus satu per satu. Biasanya sebuah kotak yamko berisi berbagai macam warna yang menarik, seperti kuning, hijau, pink, dan lain-lain.

Kue ini terutama dibuat di Desa Godong, Kabupaten Grobogan dan dijual dengan harga yang sangat murah.

4.Serabi Ayu

Serabi AyuSerabi Ayu

Serabi Ayu adalah masakan khas Grobogan yang banyak disajikan di Alun-Alun Purwodadi. Meski Kue Serabi Ayu dijual dengan gerobak, namun rasanya tak kalah enak dengan kue lainnya.

Hal ini juga tercermin dari banyaknya pembeli yang mengantri untuk menyiapkan pancake, karena nyatanya para pedagang yang menjual pancake memasak di tempat.

Setelah panekuk siap dicetak, kemudian diberi topping aneka rasa mulai dari rasa pisang, rasa jagung, keju, coklat dan lainnya tergantung selera pembeli.

5. Mie Tek – Tek

Mie Tek - TekMie Tek – Tek

Oleh-oleh khas Grobogan yang pertama adalah mie tek – tek atau tepatnya terletak di kecamatan Godong. Di bagian ini Anda dapat dengan mudah menemukan penjual mie tek – tek.

Dari kelas gerobak abang hingga warung kaki lima hingga restoran kelas atas, bahkan ada vendor yang sudah berbisnis selama lebih dari 40 tahun.

Saudagar bernama Pak Tamin ini selalu menjaga cara tradisional menggunakan kayu bakar dalam pembuatan Mie Tek-Tek sehingga menawarkan cita rasa yang istimewa.

Meski tergolong makanan kuno, kuliner ini tidak akan tergantikan oleh makanan modern yang terus bermunculan karena rasanya yang gurih dan nikmat.

Bumbu-bumbu khas yang digunakan selalu terjaga dari segi rasa, sehingga masih banyak diminati hingga saat ini. Untuk menikmati semangkuk mie Tek-Tek, Anda hanya perlu membayar 10.000 rupiah.

6. Nasi Jagung

nasi jagungnasi jagung

Sajian kuliner incaran selanjutnya dari kota Grobogan adalah nasi jagung. Bahkan nasi jagung menjadi salah satu makanan pokok bagi warga desa terpencil.

Nasi jagung merupakan pengganti nasi atau nasi yang kaya akan vitamin, juga lebih disarankan bagi penderita diabetes untuk makan nasi jagung karena rendah karbohidrat atau rendah gula.

Namun sayangnya, seiring berjalannya waktu, semakin sulit untuk menemukan beras dan semakin sulit untuk menemukan produksi beras jagung.

Selain itu, banyak anak muda yang tidak menyukai nasi jagung yang dianggap kurang mengenyangkan, dan membuat nasi jagung yang dianggap cukup sulit dan sedikit rumit.

Namun anda tidak perlu khawatir karena di kota Grobogan anda dapat dengan mudah menemukan nasi jagung dengan sajian yang lezat karena disajikan dengan sayur lodeh atau sayur lombong, kerupuk gereh dan urap atau botok mlanding. Sepiring nasi jagung hangat pasti sangat nikmat disantap bersama keluarga tercinta.

7. Geser

Geser via IG @swike_rembangGeser via IG @swike_rembang

Swike adalah salah satu oleh-oleh khas Grobogan yang wajib kamu bawa pulang. Makanan yang satu ini cukup ekstrim namun tetap banyak dicari karena rasanya yang unik dan enak.

Hidangan ini terbuat dari katak atau kodok, terutama kaki katak. Anda bisa langsung datang ke toko Swike untuk merasakan kelezatan olahan daging kodok, mulai dari sop kaki kodok hingga pepes goreng hingga kodok bakar.

Meski masakan ini dibuat dengan kodok dan cukup ekstrim, namun banyak pembeli yang terus mengantri, salah satunya warung milik Bu Harni yang sudah beroperasi sejak tahun 1919 dan masih eksis hingga saat ini, dan mengandalkan kodok sawah. sebagai bahan utama.

Untuk main course di Swike stand by Bu Harni, diawali dengan Swike goreng tepung dan Pepes Rica – Rica yang harganya mulai dari 20.000 rupiah. Toko ini buka jam 9 pagi dan tutup jam 11 malam.

*Catatan: Tidak halal

8. Nasi Pager

Nasi pager via IG @letathaleta18Nasi pager via IG @letathaleta18

Pengalaman kuliner unik lainnya yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Grobogan saat menghabiskan waktu di kota.

Salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini menyajikan masakan unik yang hampir menyerupai nasi urap. Sepiring rice pager diisi dengan nasi hangat, aneka sayuran, lalu ditaburi serundeng dan disiram sambal.

Salah satu sayuran yang digunakan adalah daun mlanding yang biasa ditanam di sepanjang pagar rumah milik warga. Karena itulah, masakan khas Grobogan ini disebut nasi pagar.

Salah satu warung nasi yang selalu ramai pengunjung adalah warung Bu Sri yang buka mulai pukul 07.00 WIB dan tutup pukul 12.00 WIB.

Karena rice pager ini biasanya dijadikan menu sarapan. Stan Bu Sri tidak pernah sepi pengunjung sejak dibuka 20 tahun lalu.

Menikmati sepiring nasi pagar semakin nikmat jika ditemani dengan aneka gorengan hangat dan segelas teh hangat. Harga sepiring nasi Pag hanya 5.000 rupiah.

9. Garang Asem

Garang AsemGarang Asem

Saat berada di kota Grobogan, jangan lupa untuk menikmati semangkuk asam jawa liar. Seperti namanya, masakan ini rasanya asam dan segar.

Untuk menyiapkan garang asem, kita perlu menyiapkan beberapa bumbu seperti cabai rawit, tomat hijau dan belimbing wuluh yang dibungkus daun pisang, setelah itu ayam garang asem siap untuk direbus.

Lezatnya kuah kaldu ayam yang dibungkus daun pisang menciptakan cita rasa yang mampu menggoda siapa saja yang mencicipinya.

Garang Asem sendiri tidak hanya populer di kalangan penduduk lokal saja, namun banyak juga wisatawan yang mencari kuliner khas Grobogan ini.

Salah satu kecamatan yang banyak menjual Garang Asem adalah di Purwodadi. Kawasan ini memiliki deretan kios yang menjual Garang Asem dengan harga terjangkau.

10. Sayuran Berlumpur

Sayur Becek via IG @kyriadgrandmasterpurwodadiSayur Becek via IG @kyriadgrandmasterpurwodadi

Kota Grobogan di Jawa Tengah tak hanya kaya dengan tempat wisata yang menawan, tetapi juga dengan keragaman kulinernya yang menarik wisatawan, termasuk sayur mayur.

Sayur becek atau soto lumpur ini cukup terkenal dan terbuat dari siput atau tutut. Jika Anda juga penasaran dengan kuliner khas yang satu ini, Anda bisa mencoba datang langsung ke kawasan Purwodadi yang banyak terdapat warung makan yang menjual sayur becek.

Untuk membuat kuah sayur cair, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, mulai dari bekicot atau tutu dan beberapa bumbu pilihan seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar dan cabai.

Haluskan semua bumbu kemudian tumis dan tambahkan saus atau air secukupnya kemudian tambahkan tutut atau bekicot dan tunggu hingga matang.

Untuk memudahkan Anda menemukan sayuran berlumpur, kami memiliki daftar toko atau warung makan yang dapat dikunjungi seperti:

  • Warung makan lumayan H Kadri a Yani Purwodadi, Ngelejok Purwodadi, Grobogan
  • Restoran Mbak Ping terletak di seberang toko suvenir Viva
  • Restoran khusus Ibu Yati Sukorejo, Kranganharjo Toroh
  • Restoran Putra 4 di Jalan S. Parman, Purwodadi, Grobogan

11. Koktail

Pencok ayam via IG @sotoayamcekersuroboyocakwidPencok ayam via IG @sotoayamcekersuroboyocakwid

Pengalaman bersantap unik yang cocok untuk oleh-oleh khas Grobogan adalah pencok ayam, atau biasa disebut ayam bleduk rotisserie.

Untuk menyajikan ayam bakar ini beserta sambal pencok yang terbuat dari kelapa parut yang ditaburi berbagai bumbu seperti cabai, terasi, bawang merah dan kencur.

Penggunaan kuah inilah yang membuat masakan ini bernama Ayam Pencok. Membuat ayam bakar tidak terlalu sulit, pertama ayam diberi beberapa bumbu pilihan, lalu anda siapkan bara api dan kemudian ayam siap di panggang hingga matang dan mengeluarkan aroma yang menggugah selera.

Untuk menikmati sajian ayam pencok atau ayam bakar bleduk, harganya cukup terjangkau, sehingga pas di kantong.

12. Mie Rebus Khas Grobogan

Ilustrasi pasta masak khas GroboganIlustrasi pasta masak khas Grobogan

Jika Anda berkunjung ke kota Grobogan, jangan lupa untuk mampir ke kawasan Purwodadi untuk mencoba mie rebus khas Purwodadi.

Penjual mie biasanya nongkrong di Alun-Alun Purwodadi dan berjualan dengan gerobak. Mie rebus yang dijual sangat istimewa dengan menambahkan beberapa bumbu khusus. Pasta yang dimasak enak dinikmati bersama teman dan keluarga di malam yang dingin.

***

Itulah sekilas tentang oleh-oleh khas Grobogan yang banyak diburu wisatawan. Anda dapat dengan mudah membeli berbagai suvenir di toko-toko suvenir di sekitar kota atau di beberapa pusat perbelanjaan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih banyak

Lihat juga: Oleh-oleh khas Demak

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button