Berita Wisata

Informasi lokasi, petunjuk arah, dan tip

Dibuka sebagai tempat wisata sejak tahun 2021, Baki Sukomakmur awalnya hanya berupa lahan pertanian di Kabupaten Magelang. Berkat pengelolaan lahan pertanian yang baik, para petani dan warga setempat akhirnya sepakat menjadikan Dataran Tinggi Sukomakmur sebagai wisata alam dan pertanian.

Dari berbagai sudut, Baki Sukomakmur menawarkan panorama yang sangat indah. Meski terbilang baru, Baki Sukomakmur sangat populer di kalangan wisatawan lokal, terutama di awal musim liburan atau bahkan di akhir pekan.

Sebelum ke sana, Anda harus membaca dulu informasi wisata Baki Sukomakmur sebagai bekal liburan Anda di bawah ini. Cek lokasi dan rute selengkapnya, ya!

1. Lokasi, jam buka dan harga tiket

Dataran Tinggi Sukomakmur Magelang: informasi lokasi, rute dan tipsilustrasi dataran tinggi sukomakmur di kabupaten magelang (instagram.com/luviwww)

Terletak di lereng Gunung Sumbing, Nampan Sukomakmur terletak di Dusun Nampan, yaitu di Desa Sukomakmur. Sejak dulu desa ini terkenal dengan lahan pertaniannya yang berundak-undak yang tertata rapi.

Sejauh mata memandang, pemandangan lahan pertanian yang ditanami padi dan berbagai sayuran yang subur akan tersaji untuk Anda. Lahan pertanian ini berada tepat di depan Gunung Sumbing. Oleh karena itu, tempat wisata ini disebut Baki Sukomakmur atau Negeri Sayur Sukomakmur.

Lokasi: Dusun Baki, Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari dari pukul 05:30 hingga 17:30 WIB

Harga: Rp 5.000

2. Rute yang harus ditempuh ke dataran tinggi Sukomakmur

Dataran Tinggi Sukomakmur Magelang: informasi lokasi, rute dan tipsilustrasi desa sukomakmur kabupaten magelang (instagram.com/tsura975)

Dengan suasana yang sejuk dan asri, Baki Sukomakmur bisa dijadikan tempat untuk sembuh. Dari kota Magelang, hanya membutuhkan waktu satu jam untuk sampai ke Baki Sukomakmur.

Dengan menempuh jarak sekitar 25 kilometer, Anda bisa mencapai Kalianggrik yang terkenal dengan destinasi wisata Nepal Van Java. Dari Magelang, Anda harus mengambil jalan menuju Terminal Bendongan.

Dari Terminal Bendongan, lurus saja, lalu belok kiri ke Pasar Beseran. Setelah melewati Pasar Beseran, Anda memasuki Kaliangkrik. Anda hanya perlu menyeberangi jalan utama Kaliangkrik sampai masuk ke kawasan dusun Gatukan, lalu belok kanan dan lurus terus.

Lanjutkan membaca artikel di bawah ini

Pilihan Editor

3. Aktivitas Seru di Baki Sukomakmur

Dataran Tinggi Sukomakmur Magelang: informasi lokasi, rute dan tipsilustrasi spot foto di nampan sukomakmur (instagram.com/riskiirdh)

Selama menginap di Baki Sukomakmur, Anda bisa menghabiskan waktu bersantai sambil menikmati udara segar dalam suasana yang nyaman. Di sini Anda juga dapat dengan mudah menemukan tempat-tempat menarik untuk bersantai, berfoto dan melakukan berbagai aktivitas seru lainnya.

Dengan akses jalan yang dikelola dengan baik, Anda dapat bersepeda, joging, berkemah, dan mengunjungi berbagai spot foto dan bersantai di Baki Sukomakmur. Jika tertarik berkemah di tempat ini anda harus membayar biaya sewa tenda sebesar Rp 50.000.

Baca juga: 10 Kegiatan Seru di Desa Wisata Candirejo Magelang, Bikin Liburanmu Dirumah Sendiri

4. Fasilitas di dataran tinggi Sukomakmur

Dataran Tinggi Sukomakmur Magelang: informasi lokasi, rute dan tipsilustrasi kopi di nampan sukomakmur (instagram.com/anggitoktantri)

Pemandangannya yang memukau menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke Baki Sukomakmur, meski hanya untuk menghabiskan waktu bersantai. Meski tergolong baru, Anda akan menemukan fasilitas yang cukup lengkap di sini.

Tersedia beberapa fasilitas yaitu resto, toilet umum, spot foto dan spot foto berkemah. Ada beberapa spot foto yang masih menjadi spot favorit wisatawan, di antaranya jembatan yang terbuat dari potongan kayu dan bambu.

Spot foto ini berada tepat di tengah-tengah lahan pertanian bertingkat, sehingga Anda akan merasa seperti berada di ketinggian. Di spot foto ini, Anda bisa mengabadikan momen dengan Gunung Sumbing dan hamparan pertanian bertingkat yang luas di latar belakang.

5. Tips Liburan Baki Sukomakmur

Dataran Tinggi Sukomakmur Magelang: informasi lokasi, rute dan tipsilustrasi dataran tinggi sukomakmur di kabupaten magelang (instagram.com/mdzfahmi)

Tempat wisata yang sudah buka lebih dari setahun ini semakin ramai dikunjungi wisatawan yang merindukan suasana alam yang segar dan menyejukkan. Jika Anda ingin mengunjungi Baki Sukomakmur, berikut beberapa tips penting yang akan membuat pengalaman liburan Anda semakin menyenangkan.

  1. Sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua karena akses jalan menuju Baki Sukomakmur menanjak dan melalui jalan yang sempit.
  2. Untuk bisa menikmati pemandangan dengan jelas, Anda harus datang lebih awal.
  3. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah saat musim kemarau dan awal musim hujan.
  4. Menggunakan pakaian dan sepatu yang nyaman.
  5. Hindari membuang sampah sembarangan, merusak tanaman atau fasilitas yang tersedia.

Menghabiskan liburan di Baki Sukomakmur sepertinya sangat menyenangkan. Selain itu ditunjang dengan suasana yang jauh dari hiruk pikuk kota membuat anda sangat sehat sembuh untuk sesaat. Anda tertarik berkunjung ke sini?

Baca Juga: 10 Pesona Desa Van Java Nepal, Dijamin Bikin Mata Kabur!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Back to top button