Tempat Wisata

Bukit Sekipan Tawangmangu, tempat wisata keluarga terbaik di Karangayar

Bukit Sekipan Tawangmangu di Karangayar memiliki berbagai wahana permainan seru dan spot foto selfie keren yang cocok untuk liburan keluarga. Tempat relaksasi dengan pemandangan gunung yang indah dan suasana yang sejuk.

harga tiket: Rp50.000, Waktu aktif: 08.00 – 19.00 WIB, Alamat: JL.Sekipan, Kramat, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kab Karanganyar, Jawa Tengah; map: Cek lokasi

Tawangmangu merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Daerah ini dikenal sebagai tujuan wisata populer di Jawa Tengah. Salah satu destinasi wisata yang paling populer di kawasan ini adalah Bukit Sekipan.

Udara di jalur pendakian gunung ini cukup dingin karena lokasinya yang berada di kaki Gunung Lawu. Tempat wisata ini dulunya adalah tempat perkemahan. Saat ini kawasan tersebut telah berubah menjadi kawasan yang penuh dengan wahana seru dan menyenangkan.

Tempat wisata ini cukup modern saat itu. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui apa saja yang bisa Anda capai di bukit modern ini saat Anda pergi berlibur. Berikut beberapa informasi tentang bukit yang harus Anda ketahui sebelum berlibur ke sana.

Atraksi Bukit Sekipan Tawangmangu

Objek Wisata Bukit Sekipan TawangmanguSumber gambar: Google Maps R

Tempat wisata ini memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya mendapat julukan sebagai destinasi wisata modern. Berikut beberapa atraksi yang dimilikinya.

1. Nikmati wahana seru yang berbeda

Banyak wisatawan yang beranggapan bahwa Bukit Sekipan merupakan destinasi wisata bukit pada umumnya. Hal ini tidak sepenuhnya benar karena ada berbagai wahana modern yang sangat menyenangkan.

Anda akan menemukan wahana seperti Water Bike, Kapal Titanic, Haunted Cave, Water Boom, 8 Dimension Movie Studio, Mini Zoo, Lantern Park, Halloween Village, Windmills, Kids Boat, Mini Train, Super Rally, Monorail, Bomb Car, Kora- Kora , Carossel dan banyak lagi. Tentunya anda akan sangat puas memainkan semua wahana tersebut.

2. Pemandangan yang sangat bagus

Anda akan merasakan hawa dingin khas dataran tinggi. Meskipun demikian, Anda merasa seperti berada di pusat kota karena desain tempat ini sangat kontemporer dan modern. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang suka berfoto di kawasan ini.

Alamat dan rute menuju tempat wisata Bukit Sekipan

Alamat Bukit SekipanSumber foto: Google Maps Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu

Tempat wisata ini terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Akses menuju lokasi objek wisata ini cukup mudah. Dibutuhkan sekitar 1,5 jam jika Anda berkendara dari pusat kota Solo untuk sampai ke bukit ini.

Anda bisa menggunakan transportasi umum yang biasanya banyak tersedia di Jawa Tengah, atau menggunakan kendaraan pribadi agar lebih nyaman. Cara yang terbilang mudah dan sering digunakan oleh wisatawan lainnya adalah Tol Solo – Tawangmangu. Akses cukup mudah dan kondisi jalan cukup aman dan tidak rusak.

Jika Anda menggunakan jalur utama ini, mulailah perjalanan di Pasar Tawangmangu. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Sarangan. 600 meter dari desa terdapat Kantor Desa Kalisoro.

Dari kantor, lanjutkan dengan berbelok ke kanan. 500 meter dari tikungan Anda akan menemukan Bukit Sekipan. Anda juga bisa menggunakan aplikasi Google Maps untuk mencari lokasi tempat wisata tersebut.

Tiket Masuk Bukit Sekipan Tawangmangu

Harga tiket Bukit SekipanKredit foto: Google Maps Eko Cahyono

Harga tiket masuk bukit ini berubah mulai Juni 2020. Saat ini, tiket masuk reguler ke bukit biaya sekitar 50.000 rupee.

Harga ini sudah termasuk beberapa wahana seperti sepeda air, kapal Titanic, gua berhantu, 90 spot selfie, gembok cinta, replika Presiden Indonesia, water boom, studio film 8 dimensi, kebun binatang mini, taman lampion, desa Halloween dan seni 3D. Anda pasti akan sangat puas jika menghabiskan seharian penuh mencoba semua game ini.

Anda juga bisa membeli pass jika masih belum puas dengan wahana yang termasuk dalam tiket reguler. Harga tiketnya sekitar Rp 100.000 dan sudah termasuk semua tiket wahana reguler, Pinwheels, Kid Boats, Mini Train, Super Rally, Monorail, Bomb Car, Kora-Kora dan Carossel.

Ada juga studio foto yang juga sangat populer di kalangan pengunjung. Ada beberapa paket harga yang berlaku di fasilitas Bukit Sekipan ini. Paket pertama yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 50.000,- sudah termasuk CD foto, dua file foto gratis dan maksimal rekaman di dua kabin berbeda.

Jika ingin berfoto untuk dua hingga tiga orang, Anda bisa memilih paket kedua. Paket kedua ini bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp100.000. Dengan pembelian paket ini Anda akan mendapatkan CD foto, maksimal tiga booth berbeda dan empat file foto gratis.

Jika Anda bepergian dengan empat hingga lima orang, Anda dapat memilih paket ketiga. Harga paketnya Rp 200.000. Anda akan menerima CD foto, maksimal empat kotak foto dan delapan file foto gratis.

Jika Anda bepergian dengan keluarga sekitar enam hingga delapan orang, Anda bisa memilih paket keempat. Anda akan menerima CD foto, maksimal pemotretan di semua stand dan sepuluh file foto gratis. Harga paket ini sekitar Rp 300.000,00.

Anda bisa memilih paket terakhir yaitu paket kelima, jika Anda membawa rombongan besar sekitar sembilan sampai sepuluh orang. Paket ini bisa kamu beli dengan harga Rp 500.000,00. Anda akan menerima CD foto, maksimal pemotretan di semua stand dan lima belas file foto gratis.

Jika ingin bermalam di bukit ini, Anda juga bisa menginap di penginapan yang ada. Ada dua pilihan, yaitu berkemah di bumi perkemahan atau menginap di penginapan yang nyaman.

Ada small guest house dengan harga Rp 335.000,00, pavilion room dengan harga Rp 600.000,00, connecting room dengan harga Rp 600.000,00, villa dengan harga Rp 1.40.000,00, Titanic room dengan harga Rp 550.000,00, Japanese cottage dengan harga Rp 750.000,00. Harga tersebut adalah per malam dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 19.00 WIB. Pada hari Sabtu buka sampai jam 10 malam karena itulah Malam Bukit Sekipan atau Taman Lentera.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Bukit Sekipan

Aktivitas di Bukit SekipanKredit foto: Google Maps Gigih Satya Jakti

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat wisata populer ini. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berlibur di sini.

1. Nikmati semua wahana permainan

Jika Anda memutuskan untuk berlibur ke objek wisata ini, bisa dipastikan Anda akan menghabiskan sebagian besar aktivitas Anda bermain semua wahana yang disediakan oleh pengelola. Jangan khawatir jika Anda bosan karena semua game dirancang untuk mengatasi hal ini.

Bagi Anda yang suka bermain air dan berenang di kawasan perbukitan, Anda bisa mencoba wahana water boom. Namun Anda juga harus mempersiapkan diri secara fisik terlebih dahulu, karena air di daerah perbukitan ini sangat dingin. Tapi begitu Anda melakukan pemanasan dan bermain selama beberapa menit, Anda akan terbiasa dengan hawa dingin.

Ada juga rumah Halloween jika Anda ingin merasakan serunya pertunjukan horor seperti menguji nyali Anda. Wahana ini menjadi favorit pengunjung dan selalu dicari saat berlibur di bukit ini. Meski kebanyakan hantu yang disediakan berupa patung, Anda tetap akan takut karena patung tersebut sangat menakutkan.

2. Tempat nongkrong bergaya piknik

Jika Anda hanya ingin nongkrong seperti piknik, Anda bisa mengunjungi taman tersebut. Pihak pengelola mendesain taman ini agar wisatawan merasa nyaman dengan suasana tersebut. Taman ini dipenuhi dengan bunga-bunga yang sangat indah.

Banyak wisatawan yang menjadikan tempat ini sebagai tempat foto keluarga. Selain itu, tempat ini juga berfungsi sebagai tempat persinggahan setelah bermain penat di berbagai wahana yang ada.

3. Berkemah

Ada tempat perkemahan yang sangat besar bagi banyak wisatawan. Anda bisa berkemah di tempat ini jika masih ingin menikmati keindahan Bukit Sekipan. Yang unik dari camp ini adalah pengelola telah menyediakan tenda yang didesain seperti rumah suku asli Amerika.

4. Ambil foto

Anda bisa berfoto di kawasan perbukitan ini karena tempatnya yang sangat indah. Ada juga studio foto dengan berbagai kabin keren. Anda dapat menggunakan studio untuk mendapatkan foto yang lebih baik daripada milik Anda sendiri. Tentu Anda membayar lagi untuk menikmati fasilitas tersebut.

5. Keluar

Jika kamu adalah tipe orang yang menyukai tantangan, maka kamu bisa mencoba berbagai permainan outbond di tempat wisata ini. Anda dapat mencoba permainan seperti jembatan ayun, flying fox, trampolin dan banyak lagi.

6. Nikmati suasana romantis di Lantern Garden

Anda tidak akan menemukan taman ini pada hari biasa. Anda hanya bisa melihat taman ini pada hari-hari tertentu, yaitu hari Sabtu atau pada saat acara tertentu. Taman ini sangat romantis karena terdapat banyak lampion yang akan menerangi malam hari di bukit ini. Oleh karena itu, banyak pasangan yang datang berlibur di hari Sabtu datang ke tempat ini.

7. Lempar Jumrah

Ada fasilitas yang menarik di tempat wisata ini yaitu Miniatur Haji. Miniatur ini sangat mirip bentuknya dengan Ka’bah. Anda bisa mencoba mengunjungi tempat ini sambil melempar jumrah seperti yang dilakukan umat Islam saat menunaikan ibadah haji.

Anda juga harus mengenakan pakaian Ikhram jika ingin mengunjungi fasilitas ini. Anda tidak perlu khawatir jika tidak membawanya, karena ada pakaian yang bisa disewa. Hal ini juga dilakukan oleh pemerintah untuk mengedukasi wisatawan tentang ziarah.

8. Wisata kuliner

Bermain dengan berbagai wahana yang tersedia sepanjang hari akan membuat Anda lapar. Anda tidak perlu khawatir karena ada area food court yang menawarkan berbagai makanan lezat dan murah untuk memuaskan rasa lapar para wisatawan.

Fasilitas yang tersedia di Bukit Sekipan

Fasilitas Bukit SekipanKredit foto: Google Maps Faza Fikar Sidik

Fasilitas di tempat wisata ini cukup lengkap. Di sini Anda akan menemukan semua fasilitas umum seperti toilet, ATM, mushola dan lain-lain. Selain itu, bagi yang datang dari luar atau ingin menginap di bukit ini bisa memesan kamar yang disediakan pengelola.

Beberapa informasi di atas dapat membantu Anda untuk mendapatkan informasi tentang Bukit Sekipan Tawangmangu. Lebih baik memilih liburan weekday di tempat ini, karena pengunjung yang datang tidak terlalu ramai dibandingkan dengan akhir pekan atau liburan panjang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button