Berita Wisata

Wisata di Sumatera Barat: 5 Warisan Geologi Menampilkan Pemandangan Alam Yang Indah

TRIBUNPADANG.COM – Berikut 5 rekomendasi wisata pusaka geologi atau geoheritage di Sumatera Barat (Sumatera Barat).

Berbagai pilihan tempat wisata bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Kerajaan Minang.

Sumatera Barat memiliki banyak lokasi wisata mulai dari wisata bahari, kuliner, hingga peninggalan geologis.

Warisan geologi atau warisan geografis adalah keanekaragaman geologi (keanekaragaman hayati) yang mempunyai nilai lebih sebagai pusaka karena merupakan catatan yang terjadi atau sedang terjadi di muka bumi karena nilai ilmiahnya yang tinggi, langka, unik dan indah, sehingga dapat digunakan untuk kepentingan penelitian dan pendidikan bumi.

Berikut 5 rekomendasi peninggalan geologi yang menawarkan pemandangan alam indah di Sumatera Barat.

Baca Juga: Rekomendasi 8 Tempat Wisata di Sumbar, Ada Lembah Harau, Danau Singkarak, Pulau Setan

1. Warisan Geologi Lembah Harau

Lembah HarauWarisan Geologi Lembah Harau di Kabupaten Limapuluh Kota

Warisan Geologi Lembah Harau terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota. Lembah ini tercipta sebagai hasil dari endapan sungai purba yang terangkat ke daratan dengan bekas-bekas pergeseran kerak bumi (rift) hingga membentuk lembah dengan tebing-tebing terjal.

Usia bebatuan di Lembah Harau diperkirakan sekitar 30 hingga 40 juta tahun. Nilai-nilai arkeologi berupa menhir yang ditemukan di sekitar lembah Harau, menandakan bahwa tempat ini menginspirasi terbentuknya budaya di sekitarnya.

Lanskap ngarai dan lembah dengan tebing curam (kemiringan 80-90 derajat) dan ketinggian rata-rata hingga 100 meter, banyak yang menyamakan keindahannya dengan Lembah Yosemite di Amerika. Di kawasan Lembah Harau kita bisa menikmati wisata alam dengan berbagai tebing bebatuan, air terjun dan kawasan hutan yang masih lestari.

Baca Juga: Tempat Wisata Kabupaten Limapuluh Kota – Ada Jembatan Kelok Sembilan, Lembah Harau, Padang Atas

2. Peninggalan Geologi Gunung Talamau

Gunung TalamauPeninggalan Geologi Gunung Talamau di Kabupaten Pasaman Barat

Kawasan geologi Gunung Talamau terletak di Kabupaten Pasaman Barat. Pesona gunung dengan ketinggian 2.982 mdpl ini sungguh menyuguhkan keindahan. Puncak tertingginya bernama Puncak Rajo Dewa. Wilayah Talamau menyajikan keragaman siklus geologi.

Proses alam yang terus menerus terjadi menghasilkan geosite yang sangat indah berupa danau di daerah pegunungan, gua karst, jeram dan air terjun yang tak terhitung jumlahnya, tersembunyi di hutan hujan Pasaman Barat.

Source: padang.tribunnews.com

Related Articles

Back to top button