Tempat Wisata

Wisata Desa Bunihayu yang semakin populer di Subang

Liburan merupakan hari yang ditunggu-tunggu dan ditunggu-tunggu oleh hampir semua orang. Mulai dari anak sekolah hingga orang tua yang sibuk dengan pekerjaan kantoran. Semua orang ingin segera menikmati liburan.

Apa yang kamu lakukan saat liburan tiba?

Setiap orang akan memiliki jawaban yang berbeda-beda. Ada yang memilih arena rekreasi dengan banyak wahana, ada yang memilih mengunjungi tempat wisata alam yang unik, ada juga yang lebih menyukai aktivitas ekstrim yang memacu adrenalin.

Namun perlu diingat bahwa traveling bukan hanya tentang kesenangan, aktivitas yang memacu adrenalin, juga bukan hanya atraksi keajaiban alam yang memukau mata. Ada berbagai atraksi yang memiliki sensasi berbeda dari yang lain dan Anda harus mencobanya. Datang ke Desa wisata Sari Bunihayu.

Wisata Desa Bunihayu

Jauh dari kebisingan dan hiruk pikuk kota Bandung, Desa Wisata Sari Bunihayu menawarkan apa yang tidak bisa Anda dapatkan di kota besar atau objek wisata lainnya, yaitu keramahan dan ketenangan pedesaan yang damai.

Lokasi Desa Wisata Sari Bunihayu

Desa Wisata Sari Bunihayu terletak 15 kilometer arah selatan kota Subang, tepat di Jalan Patinggi No. 1 Desa Bunihayu, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang, Jawa barat. Dibangun di atas lahan seluas 3 hektar dan ketinggian sekitar 500 – 1700 meter di atas permukaan laut, Anda mendapatkan objek wisata unik dengan dua nuansa sekaligus, yaitu pegunungan dan pedesaan.

Peta Desa Sri Bunihayu, Subang

Lokasinya yang dekat dengan pemandian air panas Sari Ater dan Tangkuban Parahu menjadi daya tarik tersendiri. Desa wisata Sari Bunihayu juga memiliki lokasi yang strategis sehingga mudah dijangkau dan ditemukan karena masih berada di kawasan jalan raya yang menghubungkan Subang, Bandung dan Jakarta.

Untuk menuju ke sini tidak sulit, akses jalannya mulus dan beraspal rapi. Dengan kendaraan pribadi, baik mobil atau sepeda motor, atau bus wisata, hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam dari kota Bandung. Atau jika Anda datang dari Jakarta, hanya membutuhkan waktu 3 jam untuk sampai ke desa wisata Sari Bunihayu.

Harga tiket masuk Desa Wisata Sari Bunihayu

Untuk memasuki daerah Desa wisata Sari Bunihayu tidak membutuhkan biaya yang mahal. Harga tiket hanya digabungkan Rp 9000 hanya per orang. Bahkan tanpa jam buka dan tutup, yaitu buka 7 hari seminggu dan 24 jam sehari.

Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini kapan saja dan kapan saja. Tidak masalah jika Anda datang sendiri di hari kerja yang sibuk atau bersama rombongan di hari Minggu, masyarakat Desa Wisata Sari Bunihayu akan menyambut Anda dengan keramahan dan kehangatan yang khas.

Tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin melepaskan diri sejenak dari hiruk pikuk kehidupan kota yang ramai, bising dan sibuk. Suasana disini masih asri banget, ada hamparan perkebunan sayur mayur yang hijau, persawahan yang asri.

Pemandangan sungai Cileuleuy yang membelah desa menjadi daya tarik yang selalu dicari pengunjung. Selain itu, fasilitas homestay disediakan bagi Anda yang ingin bermalam dan merasakan suasana kehidupan pedesaan.

Baca juga: Darajat Pass Garut

Desa Wisata Sari Bunihayu dengan suasana pedesaan yang alami

Kepadatan suasana pedesaan tidak hanya tercermin dari aktivitas warganya. Dekorasi dan arsitektur bangunan di tempat wisata ini juga masih mempertahankan gaya tradisional yang alami.

Bangunan kayu dan bambu, bal dan gubuk di pinggir persawahan, serta panggung dan pendopo tempat pentas seni juga memberikan kesan suasana pedesaan yang alami dan otentik. Ada berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini bersama keluarga.

Semua ini merupakan kegiatan tradisional yang dapat menyenangkan dan mendidik bagi pengunjung. Kegiatan edukasi ini menjadi daya tarik tersendiri Desa Sari Bunihayu. Di sini Anda tidak hanya akan merasakan kealamian dan keindahan suasana desa. Anda juga bisa melihat, merasakan, merasakan dan berpartisipasi langsung dalam kehidupan warga Desa Sari Bunihayu.

Desa Wisata Bunihayu, Subang, Jawa Barat

Tentu saja, Anda tidak akan sering menemukan pengalaman unik ini di tempat lain. Kesempatan indah ini tentunya akan menjadi kenangan yang tak terlupakan dan tak terlupakan. Bagi Anda yang suka berwisata sambil belajar, tempat ini menawarkan berbagai kegiatan belajar yang cocok untuk Anda dan anak-anak Anda.

Aktivitas yang sangat direkomendasikan Desa Wisata Sari Bunihayu adalah bertani. Anak-anak diajak langsung turun ke sawah berlumpur untuk bercocok tanam. Mulai dari membajak sawah hingga menanam padi hingga memanen hasil sawah. Oleh warga sekitar, kegiatan ini biasa disebut sebagai “Sawahku”.

Anda tidak perlu takut kotor saat belajar karena di sini telah disediakan pemandian air bersih khusus untuk Anda membersihkan diri setelah beraktivitas di sawah. Ini akan memudahkan Anda membersihkannya setelah turun ke sawah.

Baca juga: Desa Penglipuran Bali

Desa penghasil buah

Berbagai jenis tumbuhan dan pohon buah-buahan langka juga tersebar di sini. Anda akan diajak berkeliling perkebunan sambil belajar berbagai macam buah-buahan seperti buah Matoa dari Papua, Gandaria dan lain-lain. Buah-buahan langka seperti samolo dan kawista juga tersedia di tempat wisata ini.

Menurut pengelola, Desa Sari Bunihayu sebenarnya diberkahi dengan tanah yang subur dan keindahan alam. Hampir semua tanaman asli Jawa Barat dan tanaman dari daerah lain bisa tumbuh subur di sini.

Desa Bunihayu sebagai penghasil durian

Saat berbuah, pengunjung juga bisa mencicipinya secara langsung dan menikmati kesegaran buah yang dipetik langsung dari pohonnya. Tidak hanya buah-buahan langka, buah-buahan super populer seperti durian juga berlimpah di sini. Bahkan Desa Wisata Sari Bunihayu juga dikenal sebagai Desa Durian karena banyaknya pohon durian yang berbuah disana. Mulai dari 35.000 rupiah, pengunjung sudah bisa menikmati manisnya buah durian asli yang tumbuh di sana.

Selain kegiatan pertanian dan perkebunan, Desa Wisata Sari Bunihayu juga menjadi tempat pelestarian budaya dan seni tradisional asli Subang dan daerah Jawa Barat lainnya. Ada panggung amfiteater di sini yang secara teratur menjadi tuan rumah pertunjukan seni dan budaya dari pemerintahan Subang asli, seperti Sisingaan. Anda juga diperbolehkan untuk berpartisipasi dalam pertunjukan seni.

Penduduk setempat akan dengan senang hati mengundang Anda dan mengajari Anda membuat seni atau memainkan alat musik tradisional. Untuk melengkapi desa ini juga terdapat fasilitas lain yang dapat menunjang segala aktivitas pengunjung seperti kolam pemancingan bagi anda yang hobi memancing, ruang pertemuan untuk pekerjaan kantor, arena outbond, restoran, toko souvenir dan masih banyak lainnya.

Desa Sari Bunihayu merupakan salah satu desa wisata yang terkenal di Subang. Untuk tur lainnya lihat Tempat wisata di Subang.

Demikian ulasan tentang Desa Wisata Sari Bunihayu yang menawarkan berbagai macam keindahan alam. Anda dapat melarikan diri sejenak dari kehidupan sehari-hari yang sibuk dan penuh tekanan. Udara sejuk dan suasana alam yang asri memastikan kenyamanan tiada tara.

Kehangatan dan keramahan penduduk setempat akan memberi Anda kedamaian dan ketenangan hati dan pikiran. Dan aktivitas santai yang menyenangkan memungkinkan Anda membenamkan diri dalam arus kehidupan pedesaan yang mudah. Desa Wisata Sari Bunihayu benar-benar merupakan objek wisata dengan kearifan lokal yang kental. Unik dan layak dilestarikan. Kamu harus mencoba!

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button