Tempat Wisata

Curup Gangsa, air terjun yang indah dengan pemandangan alam yang menakjubkan di jalur yang benar

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 08.00 – 18.00 WIB, Alamat: Wegstadt, Kec. Kasui, Kab.Way Kanan, Lampung; map: Cek lokasi

Curup Gangsa, salah satu objek wisata air terjun yang sangat indah di Kabupaten Way Kanan Lampung, namun masih banyak yang belum mengetahuinya. Bagi pengunjung, objek wisata ini merupakan surganya destinasi tersembunyi di Lampung. Sepanjang perjalanan Anda akan menemukan banyak pepohonan rimbun yang menyejukkan mata, seperti perkebunan kopi, lada dan lain-lain.

Air terjun ini merupakan tempat wisata yang populer di kalangan wisatawan di sekitar Lampung. Sumber airnya berasal dari sungai Way Tangkas yang sangat jernih dan bersih. Untuk menuju ke tempat air terjun anda harus menuruni anak tangga yang cukup melelahkan. Setidaknya ada 67 langkah yang harus Anda lalui.

Ketinggian Air Terjun Curup Gangsa sekitar 50 meter di atas permukaan tanah. Menariknya, di sekitar lokasi juga terdapat beberapa air terjun kecil yang bisa menambah keindahannya. Pemandangan air terjun ini juga lebih bagus mengingat dikelilingi oleh banyak pepohonan.

Atraksi Curup Gangsa

Atraksi Curup GangsaSumber gambar: Twitter Lampung Direktori

1. Pemandangan yang indah

Curup Gangsa memiliki pesona yang tidak bisa dilewatkan oleh pengunjung. Bayangkan banyak sekali pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan saat anda berlibur di tempat ini, terdapat banyak spot foto terutama air terjun yang dikelilingi oleh air terjun yang lebih kecil.

Ada juga pepohonan rimbun yang menambah keindahannya. Pemandangan menjadi lebih indah dan menakjubkan jika dilihat dari sungai. Bebatuan sungai yang terdampar di sekitar sungai membuat pemandangan semakin indah. Pemandangan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengabadikan momen saat liburan.

2. Banyak perkebunan kopi dan lada

Sepanjang jalan Anda akan menemukan banyak perkebunan kopi dan lada. Taman ini juga menjadi daya tarik tersendiri karena Anda akan melihat beberapa orang bertani atau memanen kopi atau lada. Anda juga bisa memetik langsung kopi yang sudah matang untuk diproses.

3. Perjalanan yang menyenangkan

Bagi pengunjung yang berjiwa petualang, wisata alam Curup Gangsa ini sangat cocok untuk Anda. Karena untuk sampai ke air terjunnya kamu harus melewati banyak rintangan. Anda juga harus menuruni 67 anak tangga untuk sampai ke Air Terjun Panjang dan panjangnya perjalanan membuat Anda bisa menikmati semua yang ditawarkan objek wisata ini.

Karena lokasinya yang berada di dalam hutan, masih terlihat alami. Meski perjalanannya sangat panjang dan panjang, rasa lelah selama perjalanan ini terbayarkan setelah keindahan yang disuguhkan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Curup GangsaSumber gambar: Google Maps Joko Wijaksono

Lebih tepatnya, Air Terjun Curup Gangsa terletak di Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung. Terletak di Kecamatan Kasui, Desa Kotaway. Dari kota Bandar Lampung, lokasi tempat wisata ini dapat ditempuh dalam waktu 4 sampai 5 jam melalui Jalan Lintas Sumatera Tengah. Setelah itu, berjalan melewati desa dan memasuki beberapa perkebunan selama sekitar satu jam.

Dalam perjalanan menuju air terjun Anda akan menemukan banyak pemandangan rumah-rumah yang seolah-olah berada di Bali. Karena setiap rumah di desa ini memiliki tempat tinggal mirip pura di pulau dewata. Menemukan desa ini akan membawa Anda ke Pasar Kasui. Dari lokasi ini Anda membutuhkan perjalanan sekitar 5 kilometer lagi.

Perjalanan yang akan Anda lalui tidaklah mulus. Karena jalan di sini kurang bagus, banyak lubang yang akan menyulitkan Anda untuk mencapai objek wisata ini. Setibanya di objek wisata ini, rasa lelah yang Anda rasakan selama perjalanan akan terbayar dengan keindahan dan pesona yang disuguhkan.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi jika ingin mengunjungi objek wisata ini. Jika Anda menggunakan roda empat, perjalanan akan berhenti di Pasar Kasui karena tidak memungkinkan untuk melewatinya. Ada pangkalan ojek di Pasar Kasui yang akan membawa Anda ke tujuan Anda. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua saat mengunjungi Curup Gangsa.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Gangsa CurupKredit foto: Google Maps M. Saipudin

Untuk menikmati keindahan air terjun ini Anda harus membayar tiket masuk. Setiap pengunjung akan dikenakan biaya Rp 10.000 per orang.

Karena banyaknya pengunjung dari dalam dan luar negeri, maka akan dikenakan biaya masuk sesuai ketentuan. Hal ini untuk pengelolaan yang lebih baik dan penyediaan fasilitas tambahan untuk memberikan kenyamanan lebih kepada pengunjung.

Untuk biaya parkir, Anda akan dikenakan biaya Rp 10.000 untuk kendaraan 4WD atau bus wisata dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua. Adapun biaya ojek di pasar Kasui akan dikenakan biaya sekitar Rp 30.000 per orang.

Curup Gangsa sendiri buka setiap hari mulai pukul 08:00 WIB dan tutup pada pukul 18:00 WIB. Sebaiknya Anda mengunjunginya pada siang hari, karena saat ini Anda bisa merasakan kesegaran air terjun yang berpadu dengan teriknya matahari.

Kegiatan menarik di Curup Gangsa

Aktivitas di Curup GangsaSumber gambar: Twitter Fajrin Herris Gembel

1. Berkemah

Setibanya di air terjun, pengunjung akan disambut oleh perkemahan yang biasanya digunakan untuk berkemah. Terkadang banyak pelajar dari institusi pendidikan mengadakan acara camping di area ini. Selain itu, banyak juga pengunjung dari luar yang datang ke perkemahan.

Jika Anda berkemah di sekitar Air Terjun Curup Gangsa, Anda diharapkan membawa barang-barang yang diperlukan. Seperti selimut, baju tebal, sepatu dan lain sebagainya. Karena pada malam hari udara di sekitar air terjun menjadi sangat dingin.

2. Mendaki

Anda tidak hanya bisa bermain air, tetapi Anda juga bisa mendaki ke puncak bukit yang terdapat pura suci. Pura ini digunakan oleh masyarakat sekitar untuk beribadah. Dan ada juga Kentongan yang disegani oleh penduduk setempat. Oleh karena itu, pengunjung dilarang merusak atau menabraknya.

Saat sampai di puncak Anda akan disuguhi panorama Bukit Munggur yang mempesona. Dari atas Anda bisa melihat lokasi di kawasan air terjun dengan sangat baik. Banyak pemandangan indah terlihat jelas dari atas.

3. Berburu spot foto

Ada banyak spot foto untuk kamu yang ingin mengabadikan momen liburan mereka. Seperti area yang langsung masuk ke air terjun, aliran sungai yang memiliki banyak bebatuan bertebaran di bawah air terjun, pemandangan hijau pepohonan di sekitar air terjun hingga jembatan kayu yang membelah sungai.

Selain itu, ada juga spot foto lainnya yang wajib kamu coba. Seperti gambar cinta merah, gazebo hingga tangga pohon unik untuk dijadikan background.

4. Berenang

Kegiatan Curup GangsaSumber gambar: Google Maps Ranabumi

Selain kejar-kejaran foto, kamu juga bisa berenang dan bermain air bersama di area sungai. Area ini dianggap lebih aman, sehingga bisa digunakan untuk bermain air. Namun Anda juga harus berhati-hati, sebagian besar bebatuan di sekitar sungai menjadi licin karena ulah air.

Hari demi hari banyak pengunjung yang datang hanya untuk sekedar berenang dengan pemandangan air terjun dan pepohonan yang rindang. Jadi sebelum sampai ke air terjun, bawalah perlengkapan keselamatan renang dan baju ganti.

5. Makan bersama

Aktivitas terakhir yang bisa kamu lakukan di Curup Gangsa adalah makan bersama. Setelah bermain air atau melakukan banyak hal, Anda bisa beristirahat dan makan bersama keluarga atau teman liburan. Ada banyak tempat istirahat seperti gazebo yang bisa Anda manfaatkan. Kebersihannya juga terjaga dengan baik sehingga menjadi nyaman untuk digunakan.

Anda bisa membeli bahan makanan di sekitar objek wisata atau membawanya dari rumah. Tapi harap berhati-hati untuk tidak membuang atau meninggalkan sampah apapun. Jaga kebersihan area agar tidak tercemar oleh sampah yang berserakan.

Fasilitas yang tersedia di Curup Gangsa Lampung

Atraksi yang dimiliki Curup GangsaKredit foto: Facebook Adis

Fasilitas di Curup Gangsa masih minim. Jadi jika anda ingin berlibur di tempat wisata ini, persiapkan terlebih dahulu perlengkapan dan kebutuhan anda sebelum sampai di tempat tersebut. Namun di tempat wisata ini sudah terdapat beberapa fasilitas bagi pengunjung seperti toilet, banyak terdapat kantin yang menyediakan berbagai macam makanan dan kebutuhan lainnya.

Di tempat wisata ini terdapat beberapa pendopo atau gubuk tempat anda bisa beristirahat setelah lelah bermain air dan mengejar foto. Ada juga flying fox yang bisa Anda sewa dan Anda bisa merasakan perasaan tegang. Fasilitas yang satu ini membutuhkan biaya tambahan jika ingin mencobanya.

Ada juga spot foto berupa gambar cinta berwarna merah dan jembatan ayun. Ada juga tempat parkir yang cukup luas untuk beberapa kendaraan pribadi roda dua, roda empat dan bahkan bus wisata.

Demikian sedikit informasi tentang Curup Gangsa. Bagi yang ingin menikmati akhir pekan yang menyenangkan, Anda bisa mengunjungi tempat wisata alam di Way Kanan ini. Saat berlibur di objek wisata ini, pengunjung diharapkan menjaga kebersihan lingkungan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button