Tempat Wisata

Pantai Sundak Gunung Kidul – atraksi, aktivitas liburan, lokasi dan harga tiket

Pemandangan, aktivitas liburan, lokasi & harga tiket – Pantai Sundak salah satu tempat wisata populer dan eksotik di gunung kidul jogja yang menarik untuk di jelajahi. Pantai berpasir putih yang indah, ombak yang kuat, menikmati olahan seafood, cocok untuk liburan keluarga.

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Yogyakarta adalah tempat yang dikenal tidak hanya sebagai provinsi yang penuh dengan adat dan budaya. Kota pelajar ini juga memiliki berbagai tempat menarik yang direkomendasikan untuk berlibur. Jogja tidak hanya dikenal dengan pegunungan dan taman hiburannya, tetapi juga dengan berbagai destinasi wisata pantainya. Salah satu pantai dengan pasir putih yang khas adalah Pantai Sundak.

Pantai indah ini terletak di Gunung Kidul yang juga dekat dengan pantai lain seperti Pantai Indrayanti. Dengan panorama alam yang indah, destinasi wisata ini berhasil menarik pengunjung. Padahal, tempat ini tak hanya cantik, tapi juga terkenal dengan riuh ombaknya.

Dengan berbagai keindahannya, Pantai Sundak memang menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Keindahan dan keunikannya mampu memukau siapa saja yang datang. Tak heran ketika hari libur tiba pantai ini dipadati oleh rombongan orang-orang yang ingin bersantai dengan berlibur. Bahkan angin laut tampak candu.

Daya Tarik Pantai Sundak

Atraksi Pantai SundakKredit foto: Google Maps dita pramudianti

1. Simpan cerita menarik

Pantai Sundak tidak hanya terkenal dengan keindahannya, tetapi juga memiliki sejarah yang menarik. Awalnya pantai ini bernama Wedimbedah. Nama tersebut diambil karena fenomena alam yang terjadi di tempat ini.

Saat air mulai naik, sebagian besar air laut mengalir ke daratan, menyebabkan terbentuknya cekungan di pantai timur. Saat air surut, kolam itu terlihat seperti sungai kecil. Oleh karena itu nama Wedimbedah dipilih oleh masyarakat. Dimana kata tersebut mengandung arti celah pasir. Namun pada tahun 1976 namanya mulai berubah menjadi Sundak.

Siapa sangka, nama Sundak merupakan gabungan kata dari Asu (anjing) dan landak. Namun, pertarungan antara anjing dan landak cukup sengit.

Semuanya dimulai ketika anjing itu berlari untuk bersenang-senang di pantai. Kemudian dia mencapai sebuah gua di atas batu. Bawa anjing itu masuk. Di sana anjing itu bertemu dengan seekor landak.

Saking laparnya, anjing itu mencoba memakan landak laut. Tidak berhenti di situ, landak juga tidak mau menyerahkan nyawanya. Jadi dia berusaha sekuat tenaga untuk menangkis serangan anjing itu.

Namun sayangnya landak tetap tersesat dan akhirnya menjadi makanan anjing yang lapar. Sejak saat itu, pantai Wedimbedah berubah nama menjadi Sundak, yang semakin populer di kalangan wisatawan saat ini.

2. Suasana pantai yang bagus

Anda pasti tahu bahwa pantai ini memiliki garis pantai bergelombang yang indah. Ada juga berbagai jenis pohon di sekitarnya yang membuat suasana begitu asri.

Lengkap juga dengan deretan pegunungan hijau yang menyejukkan mata. Banyak pengunjung yang berkeliaran di pantai hanya untuk menikmati angin sepoi-sepoi.

Deburan ombak laut juga tampak serasi. Benar-benar menampilkan pesona alam pantai yang tenang. Ada juga beberapa paviliun untuk istirahat.

3. Pantai dengan ombak yang cukup besar

Sebagai salah satu pantai di pesisir selatan Pulau Jawa, Pantai Sundak memiliki suara ombak yang riuh. Sehingga Anda bisa mendengar gemericik air dengan begitu jelas dari bibir pantai.

Namun, kehadiran ombak di pantai ini juga sering diharapkan. Dimana memberikan sensasi memompa adrenalin. Ombak pantai tampak melambai kencang pada pengunjung.

Warna air laut juga memberikan kesan tersendiri. Bebatuan karang dan biota laut dapat terlihat dari permukaan air karena airnya yang begitu jernih. Semua spell yang diberikan sepertinya bisa menghilangkan segala kepenatan setelah menempuh perjalanan yang jauh.

Pasalnya, setelah sampai di tempat parkir, pengunjung masih harus berjalan kaki hingga 50 meter untuk bisa melihat hamparan pasir putih yang memukau.

Alamat dan rute menuju lokasi Pantai Sundak

Alamat Pantai SundakSumber gambar: Google Maps Adrianto Octavian

Bagi Anda yang mencari destinasi liburan, Anda bisa langsung menuju Pantai Sundak. Pantai ini terletak di daerah Yogyakarta.

Tepatnya di Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini berjarak sekitar 57 km dari kota Jogja. Dengan jrtak ini, para pengunjung harus menempuh perjalanan dengan durasi sekitar satu setengah jam.

Untuk sampai ke tempat yang tepat, Anda harus melalui beberapa rute terlebih dahulu. Tentu saja, rute ini akan membawa Anda ke tujuan Anda. Cara termudah untuk menuju tempat wisata ini adalah dengan mengikuti jalur menuju Wonosari.

Alasannya adalah karena saat Anda mengikuti jalan setapak ada tanda-tanda untuk memudahkan Anda sampai ke pantai. Selain itu, jalur ini juga menjadi jalur utama yang banyak dilalui wisatawan untuk menuju pantai. Karena kondisi jalan agak ramai, Anda harus berhati-hati saat berkendara.

Pantai Sundak dengan segala keindahan alamnya sebenarnya telah berhasil menarik para penikmat wisata alam. Tak heran, saat musim liburan tiba, banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

Tiket Masuk Pantai Sundak

Tiket Masuk Pantai SundakSumber gambar: Google Maps Philippe Legin

Seperti tempat wisata pada umumnya, pengunjung harus membayar tiket masuk untuk mengakses semua keindahan alam yang ditawarkan Gunung Kidul. Namun, biaya masuknya sangat terjangkau dibandingkan dengan keindahan alam yang masih terjaga.

Pengelola pantai mematok harga Rp 5000 bagi Anda yang ingin memasuki kawasan tersebut. Kendaraan pengangkut baik mobil maupun motor dikenakan biaya mulai dari Rp 3000 – Rp 5000.

Sesaat setelah sampai di tempat parkir, pengunjung harus berjalan kaki menuju titik utama. Tenang saja, dekat sekali dari tempat parkir ke pantai. Jam operasional objek wisata ini pun seolah tak terbatas. Bagaimana tidak, pantai ini buka 24 jam dari hari Senin hingga Minggu.

Untuk bisa menikmati keindahan pantai dengan kepuasan dan kebebasan, Anda bisa datang di pagi hari. Itu antara pukul 07.00-10.00, jadi tidak terlalu panas.

Aktivitas Seru di Pantai Sundak

Aktivitas seru di Pantai SundakKredit foto: Google Maps Danang Wahyu Setiawan

1. Nikmati keindahan matahari terbenam

Yang sepertinya tidak pernah lepas dari keindahan South Beach adalah sunsetnya. Begitu juga Pantai Sundak yang daya tariknya juga tak lepas dari keindahan sunsetnya.

Jika Anda ingin melihat fenomena alam yang indah ini, Anda bisa datang saat senja. Ya, karena kemudian pengunjung lain berkumpul di pantai untuk mengalami momen langka ini.

Nikmati detik demi detik saat matahari terbenam menuju kompetisi. Berganti dengan malam yang berarti hari akan segera berakhir dan esok akan segera berlalu. Biasanya, cahaya jingga di laut juga memberi warna tersendiri pada saat ini.

2. Bermain pasir

Pantai Sundak terkenal dengan pasir putihnya yang indah. Oleh karena itu, bermain pasir pantai merupakan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pantai ini. Ya, kegiatan ini pasti disukai oleh semua kalangan, terutama anak-anak.

Anda dapat membuat berbagai miniatur pasir yang unik. Bermain pasir ini bisa menjadi pengganti aktivitas berenang yang tidak terlalu direkomendasikan di pantai. Pasalnya, di lokasi ini banyak terdapat karang yang justru berbahaya bagi pengunjung.

3. Snorkeling

Aktivitas seru di Pantai SundakKredit foto: Google Maps Ermantyo Bruri

Pantai Sundak tidak hanya indah tetapi juga dihuni oleh berbagai jenis terumbu karang serta berbagai biota laut. Oleh karena itu, tak sedikit dari para pengunjung yang ingin melihat penampakan alam bawah laut sambil snorkeling.

Jika Anda tertarik, Anda dapat segera mengganti dan memakai peralatan yang diperlukan. Anda bisa berenang sedikit di tengah untuk melihat deretan terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang menghiasi perairan laut dalam. Segera rasakan kesegaran air pantai yang sepertinya bisa menghilangkan segala penat.

4. Berburu foto keren

Salah satu aktivitas yang tidak boleh dilupakan di tempat yang menarik dan epik adalah mengabadikan momen melalui fotografi. Jadi Anda dapat mengingat waktu yang pasti tidak akan pernah Anda lupakan di sana.

Karena disinilah letak segala keindahan alam. Mulai dari jajaran perbukitan, pepohonan, hingga pasir putih yang begitu mempesona. Kapan lagi bisa menikmati keindahan pantai dengan merogoh kocek kurang dari Rp 10.000.

Deburan ombak yang begitu indah dan semilir angin yang menerpa tubuh seakan menawarkan kenyamanan tersendiri bagi pengunjung. Anda pun pasti akan betah berlama-lama di tempat ini. Memotret dengan latar belakang matahari terbenam juga bisa menjadi andalan.

5. Nikmati wisata kulinernya

Anda harus tahu bahwa pantai yang indah ini memiliki beberapa warung makan di sepanjang pantainya. Saat lapar melanda, pengunjung bisa menjelajahi semua makanan yang ada di luar sana. Ada beragam menu seafood yang pasti bikin lidah goyang. Oleh karena itu, tidak perlu takut kelaparan saat berkunjung ke sini.

Akomodasi hemat terdekat ke Pantai Sundak

Akomodasi hemat terdekat ke Pantai SundakKredit foto: Google Maps Omah Sundak

1. Akomodasi Pemandangan Menjahit Sundak Indraprastha

Penginapan ini berada di area yang sama dengan Pantai Sundak. Yakni di Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang menjadikan tempat ini sebagai tempat penginapan.

Selain itu, jarak dari hotel ke pantai hanya 2 menit. Dari segi fasilitas, Sew Sundak Indraprastha Inn dilengkapi dengan parkir gratis, kolam renang, dan layanan kamar.

2. Nenek Sundak

Masih di desa Sidoharjo terdapat penginapan terdekat yaitu Omah Sundak, memudahkan anda menemukan keindahan destinasi wisata tepi pantai ini. Bahkan tempat ini juga melayani penjemputan di bandara. Ada tempat parkir yang luas di sini. Bahkan, dari luar kamar Anda bisa langsung melihat luasnya lautan.

Omah Sundak juga memiliki kamar yang cukup luas. Jadi Anda bisa tinggal di sini berbondong-bondong. Pastinya liburan Anda akan lebih menyenangkan.

3. Akomodasi untuk dua anak laki-laki

Penginapan lebih mirip rumah bertingkat. Desain bangunannya minimalis dengan berbagai fasilitas yang ada. Pemandangan di luar penginapan juga bagus.

Fasilitas Wisata di Pantai Sundak Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Sundak Gunung KidulKredit foto: Google Maps Danang Wahyu Setiawan

Sebagai salah satu wisata terpopuler di Yogyakarta, pantai cantik ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Mulai dari mushola, tempat parkir, toilet, juga stand makanan.

Dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang ada, pengunjung diharapkan dapat melestarikan keindahan pantai secara maksimal. Ada juga beberapa paviliun sebagai tempat peristirahatan sementara.

Nah, itulah beberapa hal yang berbeda tentang Pantai Sundak di Gunung Kidul, Yogyakarta. Tempat yang tepat untuk dijadikan tujuan wisata saat liburan tiba. Rasakan sensasi berlibur di pantai yang sangat indah ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button