Tempat Wisata

Pantai Rancabuaya, pantai unik berpadu dengan indahnya air terjun di Garut

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: J L. Buaya Ranca, Purbayani, Kec. Caringin, Kab.Garut, Jawa Barat; map: Cek lokasi

Pantai Rancabuaya merupakan salah satu objek wisata pantai di Garut. Pantai ini menyuguhkan pasir putih bersih yang kontras dengan pemandangan alam. Karena warna pasir putih dan teksturnya yang halus selaras dengan panorama yang disajikan, pantai ini menjadi favorit para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pemandangan laut yang luas dari tempat ini seolah memukau para pengunjung yang datang. Selain itu, perpaduan warna biru dan hijau dari air laut turut menghadirkan pemandangan alam yang eksotis. Anda juga bisa merasakan deburan ombak di tepi pantai dan angin sepoi-sepoi yang dibawa oleh ombak di pantai ini. Sangat direkomendasikan sebagai tujuan liburan.

Pengunjung Pantai Rancabuaya dapat merasakan kelengkapan fasilitas yang disediakan oleh pengelola pantai. Fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap, mulai dari tempat parkir mobil yang luas, toilet hingga banyak hotel untuk bermalam. Serta beberapa paviliun khusus bagi pengunjung yang ingin bersantai di pantai eksotis ini. Fasilitas yang tersedia dapat menunjang kebutuhan liburan para wisatawan

Daya Tarik Pantai Rancabuaya

Atraksi Pantai RancabuayaKredit Foto: Google Maps Ryanto Amandita

Pantai indah ini merupakan salah satu destinasi Palancong yang paling populer di antara sekian banyak pantai di Garut. Banyak wisatawan yang datang ke Pantai Rancabuaya karena tertarik dengan daya pikat yang dimilikinya.

1. Panorama eksotis yang disajikan

Berdasarkan nama depannya, Rancabuaya mengandung dua kata yaitu ranca yang berarti rawa dan kata lainnya adalah buaya. Meski namanya tampak menyeramkan, wisatawan tak perlu khawatir. Padahal, nama pantai ini berbanding terbalik dengan kenyataan. Pemandangan eksotis yang disuguhkan sangat memukau dan tentunya tidak kalah menakutkan.

Pantai Rancabuaya memiliki bentang alam yang tak terbantahkan keindahannya. Warna putih bersih dari ombak yang menggulung birunya lautan membawa semilir angin yang sejuk. Sehingga udara di sekitar pantai masih terasa sejuk menjelang siang hari. Tidak hanya ombaknya yang indah, perpaduan biru laut dan pasir putih yang lembut juga menambah keindahan pantai ini.

Wisatawan bisa merasakan keindahan pantai ini bahkan saat matahari terbenam. Matahari terbenam sangat ditunggu-tunggu oleh para penikmat senja. Nah, ketika waktu menjelang sore hari, tepat sebelum matahari terbenam. Pantai ini menunjukkan keindahannya yang maksimal. Pemandangan eksotis tak luput dari pantai berpasir putih ini. Dijamin pengunjung akan puas berada di sini.

2. Ada air terjun yang ikonik

Objek wisata ini menarik banyak pengunjung terutama pada saat-saat seperti liburan Tahun Baru. Wisatawan mulai berdatangan karena pantai ini memiliki pemandangan yang eksotis, seperti pantai-pantai di Bahama. Tidak hanya pemandangan alam yang menjadi daya tarik utama, namun air terjun yang mengalir di dekat pantai menjadi daya tarik lainnya.

Ini adalah hal yang mengejutkan ketika ada air terjun di pantai. Lokasi air terjun, yang umumnya berada di ketinggian, cukup mengejutkan karena terletak berdampingan dengan pantai di daerah dataran rendah. Namun, hal ini berbeda dengan Pantai Rancabuaya yang eksotis. Di pantai ini tidak hanya pemandangan yang tak tertandingi, tetapi juga air terjun.

Air terjun di tempat wisata ini memiliki air yang jernih dan jauh dari kotoran. Tidak hanya air terjun yang menjadi ikon, tetapi juga pemandangan hijau yang indah di sekitar air terjun yang sangat populer di kalangan pengunjung. Pemandangan jernihnya air yang mengalir dan hijaunya lumut di sekitar air terjun merupakan kombinasi indah yang hanya dimiliki oleh pantai eksotis ini.

3. Keanekaragaman biota laut yang indah

Daya tarik lain dari pantai yang eksotis ini adalah berbagai keindahan alam bawah lautnya. Objek wisata ini tidak hanya menampilkan keindahan pantai, tetapi juga menampilkan berbagai biota laut yang indah. Pantai Rancabuaya memiliki banyak spesies biota laut yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantainya. Wisatawan yang berkesempatan melihat keindahan biota laut ini dijamin akan berdecak kagum.

Wisatawan tidak perlu repot menyelam ke kedalaman hanya untuk melihat keindahan biota laut. Tunggu saja air surut di pantai ini pada sore hari, Anda akan melihat berbagai biota laut yang eksotis. Banyak nelayan juga memanfaatkan kesempatan ini untuk berburu ikan di dekat terumbu karang.

Dengan keragaman biota laut di pantai ini, pantai ini menjadi pantai yang populer di kalangan wisatawan. Tidak hanya cantik secara tampilan, namun keindahan biota laut di pantai ini tidak bisa dipungkiri. Sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang ingin datang bersama keluarga, menjamin pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai RancabuayaKredit foto: Google Maps Iyan Azh

Pantai Rancabuaya adalah salah satu pantai eksotis di Garut, Jawa Barat. Tempat wisata eksotis ini berjarak sekitar 135 km dari pusat Kota Garut. Meski lokasinya jauh dari hiruk pikuk Kota Garut, akses menuju pantai dinilai memadai dan beraspal. Hal ini tentunya menjadi keunggulan lain dari pantai yang eksotis ini.

Waktu tempuh untuk mengunjungi pantai ini adalah 4 jam dari Kota Garut. Waktu tempuh ini juga tergantung dari banyaknya wisatawan yang datang, biasanya pada saat libur tahun baru dan libur kerja yang akan datang, jalan menuju ke tempat tersebut akan sedikit ramai mengingat keindahan yang ditawarkan pantai ini membuat orang-orang pergi kesana, untuk datang. di sini.

Pengunjung dapat menggunakan transportasi umum atau pribadi seperti mobil dan sepeda motor untuk mengunjungi pantai. Wisatawan yang datang dapat memarkir kendaraannya di tempat parkir yang cukup luas di pantai Rancabuaya, sehingga pengunjung yang ingin berkunjung ke pantai ini tidak perlu khawatir dengan lahan parkir yang sempit karena pengelola pantai telah menyiapkan tempat parkir yang memadai.

Wisatawan yang berada di Garut dapat mengambil jalan raya Garut – Cikajang kemudian menuju Jalan Margawati. Setelah itu melanjutkan perjalanan menuju Bratayudha dan Jalan Pasundan. Kemudian ke Jalan Papandayan dan kemudian ke Jalan Cimanuk. Setelah sampai di Jalan Cimanuk, dilanjutkan melalui jalan raya Cisarupan – Cikajang menuju Jalan Cidatar hingga Jalan Amblas dan Cipang Ramatan.

Setelah sampai di Cipang Ramatan, lanjutkan ke Jalan Ciparay lalu menuju ke selatan hingga bertemu dengan jalan raya Cihurip dan Cisompet. Setelah sampai di Tol Cidogeg, pergilah ke barat di pertigaan menuju Jalan Cilauteureun. Setelah sampai di sini, lanjutkan perjalanan hingga menemukan Jalan Rancabuaya. Kemudian terus berjalan sampai Anda menemukan objek wisata tujuan.

Biaya masuk objek wisata

Biaya masuk objek wisataKredit foto: Facebook Discover Indonesia

Pantai Rancabuaya cukup jauh dari pusat Kota Garut yang berjarak 135 km. Meski lokasinya terpencil, pengunjung yang berkunjung ke pantai ini tidak pernah sekalipun merasa malu dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk berkunjung. Karena wisatawan puas melihat keindahan yang disuguhkan disini, mulai dari pasir putihnya, air terjunnya, warna lautnya yang biru dan diakhiri dengan sejuknya udara disini.

Wisatawan yang ingin mengunjungi pantai ini bisa naik bus dari Garut-Pamengpeuk. Pengunjung yang naik bus akan dikenakan tarif Rp 35.000. Kemudian anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Shayangheulang dengan menggunakan mobil pick up dengan harga Rp 15.000. Setelah itu, wisatawan bisa menyewa sepeda motor untuk sampai ke tempat tujuan.

Hal menarik yang bisa dilakukan di pantai Rancabuaya

Aktivitas Pantai RancabuayaKredit foto: Google Maps Ceng Chiang

1. Menikmati sunset ditemani pemandangan yang eksotis

Tidak perlu diragukan lagi keindahan yang disuguhkan pantai Rancabuaya ini, apalagi saat momen sunset mendekat. Wisatawan yang mengunjunginya bisa bersantai ditemani pemandangan eksotis sambil menyaksikan detik-detik matahari terbenam. Kehangatan cahaya sore dengan cahaya jingga yang redup melengkapi keindahan sunset di sini juga.

2. Manjakan mata Anda dengan pemandangan air terjun

Air terjun yang mengelilingi pantai tidak kalah indahnya dengan objek wisata utama. Dengan sejuknya udara pepohonan yang hijau dan suara gemericik air yang menyejukkan jiwa, sangat cocok bagi wisatawan yang ingin bersantai dan memanjakan mata dengan keindahannya. Wisatawan yang berkunjung ke sini perlu menjaga kebersihan, sehingga kawasan di sini sangat bersih dari sampah.

3. Lihat berbagai biota laut yang mempesona

Tidak hanya pemandangan Pantai Rancabuaya saja yang patut diacungi jempol, namun keindahan bawah laut pantai yang indah ini patut diacungi jempol. Wisatawan dapat melihat berbagai biota laut yang hidup di bebatuan. Tidak harus ke tengah pantai, wisatawan bisa menunggu saat sore hari tiba. Air di pantai ini akan surut dan menampakkan keindahan bawah lautnya sendiri.

Penginapan murah di sekitar pantai

Menginap di Pantai RancabuayaKredit Foto: Google Maps Villa Jaya Sakti

1. Akomodasi Rancabuaya

Penginapan yang satu ini merupakan penginapan terdekat yang berjarak 30 m dari bibir pantai. Dengan menginap di penginapan ini, pengunjung bisa langsung menikmati pemandangan pantai tanpa harus keluar dari area penginapan. Mengenakan tema tradisional dengan ornamen kayu membuat pengalaman liburan semakin berkesan.

2. Villa Jaya Shakti

Penginapan ini memiliki 3 lokasi berbeda yaitu Villa Jaya Sakti 1, 2 dan 3. Villa Jaya Sakti 1 menawarkan pemandangan langsung Pantai Rancabuaya. Fasilitas villa ini sangat lengkap, mulai dari AC, TV, kipas angin, kamar mandi pribadi dan masih banyak lagi. Dekorasi yang ditata oleh penginapan ini tampil minimalis, namun tetap tidak gagal menghadirkan kesan mewah.

3. Vila Pantai Nagla

Lokasi villa ini hanya berjarak 500m dari objek wisata pantai. Dengan tema Bali dan kolam renang di area villa, villa ini menjadi favorit. Tidak hanya itu, penginapan ini juga difasilitasi oleh 5 kamar yang cukup besar dengan tambahan bungalow. Sangat direkomendasikan untuk traveler yang lelah setelah bermain di pantai.

Fasilitas di Pantai Rancabuaya Garut

Fasilitas pantai RancabuayaKredit foto: Google Maps Naha Asneverwas

Fasilitas yang disediakan pengelola wisata pantai ini cukup lengkap dan memadai. Pengunjung bisa menikmati panorama pantai sambil ditunjang dengan fasilitas yang ditawarkan. Juga, pengunjung dapat piknik kecil di paviliun dengan makanan di warung makan. Selain itu, fasilitas umum seperti tempat parkir mobil yang luas juga tersedia.

Itulah beberapa informasi menarik tentang pantai Rancabuaya yang terletak di Garut. Pantai ini masih tergolong asri dan jauh dari kata sampah. Air terjun di pantai ini masih sangat jernih dan belum tercemar. Tugas kita selanjutnya adalah menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya demi kelestarian lingkungan yang asri.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button